Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam

Dakwah Muslimah - Belajar merupakan sebuah perbuatan yang mulia, namun perbuatan yang mulia tidak akan membuahkan hasil hanya dengan berdoa saja, harus ada kerja keras agar bisa memahami pelajaran yang diberikan di sekolah.
Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam

Sabda Rasulullah SAW tentang Belajar Ilmu pendidikan Agama
عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ :  قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اَدِّبُوْا اَوْلَادَكُمْ عَلَى ثَلَاثِ خِصَالٍ : حُبِّ نَبِيِّكُمْ وَحُبِّ اَهْلِ بَيْتِهِ وَ قِرَأَةُ الْقُرْأَنِ فَإِنَّ حَمْلَةَ الْقُرْأَنُ فِيْ ظِلِّ اللهِ يَوْمَ لَا ظِلٌّ ظِلَّهُ مَعَ اَنْبِيَائِهِ وَاَصْفِيَائِهِ (رَوَاهُ الدَّيْلَمِ )
Artinya : "Dari Ali R.A. ia berkata : Rasulullah bersabda : “Didikkanlah anak-anak kalian dengan 3 (tiga) macam perkara yaitu mencintai Nabi kalian dan juga keluarganya serta membaca Al-Qur’an, karena sesungguhnya orang yang menjunjung tinggi Al-Qur’an, akan berada di bawah lindungan Allah SWT, diwaktu tidak ada lindungan selain lindungan-Nya bersama para Nabi dan kekasihnya” (HR Ad-Dailami)
Ada beberapa Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam yang bisa memudahkan Anda dalam belajar, tips ini yaitu:

1. Belajarlah di tempat yang nyaman
Agar belajar lebih efektif dan cepat diterima oleh otak, sebaiknya kegiatan belajar dilakukan di tempat yang nyaman. Tempat yang nyaman tidak harus luas tapi tempat yang nyaman adalah tempat yang bersih dan rapi. Setiap orang mempunyai konsep tempat nyaman menurut versinya, jadi sesuaikan dengan diri Anda sendiri.

2. Pilih waktu yang tepat untuk belajar
Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam selanjutnya adalah Waktu yang tepat untuk belajar adalah ketika tubuh dalam keadaan yang sehat atau bugar. Anda bisa memilih waktu belajar setelah bangun tidur di pagi hari ataupun sore hari setelah tidur siang. Jam-jam pagi dan sore hari memang sangat cocok untuk belajar karena suasananya yang sangat tenang sehingga membuat Anda cepat dalam memahami.

3. Gunakan metode belajar yang sesuai
Setiap orang mempunyai metode belajar yang berbeda, terapkan metode belajar yang paling cocok dengan diri Anda agar pelajaran yang akan dipelajari bisa cepat dipahami. Metode belajar yang digunakan tidak harus monoton, Anda bisa mengubah metode belajar agar tidak bosan dengan satu metode saja.

4. Belajar dengan periode waktu yang teratur
Belajar yang paling efektif adalah belajar secara teratur dengan periode waktu yang teratur pula. Jangan biasakan belajar ketika akan ada ulangan saja, tapi biasakan minimal satu jam setiap harinya untuk belajar. Belajar tidak harus dengan mengerjakan PR, karena Anda bisa membaca ulang pelajaran yang sudah disampaikan atau membaca pelajaran yang akan disampaikan esok hari.

5. Buat catatan khusus
Untuk mempermudah Anda dalam urusan belajar, sebaiknya buatlah catatan-catatan khusus yang berisi inti dari pelajaran yang disampaikan. Rangkumlah istilah-istilah penting dalam catatan khusus yang mudah untuk dibawa. Membuat rangkuman secara tertulis bisa membantu mengingat pelajaran yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Catatan ini juga bisa dijadikan sebagai bahan belajar di hari-hari berikutnya.

6. Perbanyak minum air putih ketika sedang belajar

Ketika belajar, otak akan terus bekerja dan membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak. Jika otak kekurangan oksigen bisa menyebabkan kantuk dan pusing, hendaknya sediakan air putih yang cukup selama belajar agar menjadi sumber asupan oksigen bagi otak Anda. Selain itu, memperbanyak minum air putih juga bisa menambah konsentrasi selama belajar.
Tips atau Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam di atas bisa diterapkan untuk memahami semua jenis pelajaran. Jika memang Anda merasa lemah dalam pelajaran tertentu, sebaiknya belajar secara rutin dan lakukan berulang-ulang agar pelajaran tidak mudah terlupakan. Tidak cukup hanya dengan membaca doa belajar saja tapi harus dibarengi dengan usaha yang gigih dalam belajar dan menerapkan cara belajar yang paling efektif.
Back To Top