Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya

Dakwah Muslimah - Doa setelah sholat Dhuha sebenarnya tidak dibatasi, doa apa saja dapat dipanjatkan. Namun ada doa khusus yang sebaiknya dibaca sebelum membaca doa-doa lainnya.

Sholat Dhuha ternyata memiliki keistimewaan tersendiri di mana sholat ini disebut juga sebagai sedekah. Jadi bagi Anda yang rajin melaksanakan sholat Dhuha maka Anda sudah bersedekah. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa sholat Dhuha merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan umat Muslim untuk membayar nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Karena merupakan sholat sunah yang istimewa, banyak orang yang mencari doa setelah sholat Dhuha. Pada dasarnya doa setelah melakukan sholat Dhuha tidak dibatasi, Anda dapat membaca doa apa saja yang Anda inginkan.
Doa Setelah Sholat Dhuha

Walaupun Anda dapat membaca doa apa saja setelah melakukan sholat Dhuha, ada doa khusus yang sebaiknya Anda baca sebelum membaca doa-doa lainnya. Doa setelah sholat Dhuha dan artinya tersebut yaitu:
“ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-UKA, WA JAMAALA JAMAALUKA, WALQUWWATA QUWWATUKA, WALQUDROTA QUDROTUKA, WAL-ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMMA INKAANA RIZQO FIISSAMAA-I FA-ANZILHU WAINKAANA FIIL-ARDHI FA-AKHRIJHU, WA-INKAANA MU’ASSAROON FAYASIRHU WAINKAANA HAROOMAAN FATHOHIRHU, WA-INKAANA BA’IDAN FAQORIBHU BIHAQQI DUHAA-IKA WABAHAAIKA, WAJAMAALIKA WAQUWWATIKA WAQUD’ROTIKA AATINII MAA-ATAITA ‘IBAADAKASSOLIHIINA”.
Artinya :
“Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah Keagungan-Mu, keindahan adalah Keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu. Ya Allah, jikalau rezekiku masih berada di atas langit maka turunkanlah, dan jikalau berada di dalam bumi maka keluarkanlah, dan jikalau ada di tempat yang jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, limpahkanlah padaku apa yang Engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang shaleh.”
Itulah lafadz Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya yang sebaiknya Anda baca setelah sholat Dhuha dan sebelum membaca doa-doa lainnya. Pastikan Anda tidak melupakan waktu Dhuha karena keutamaan sholat ini adalah pada pelaksanaannya yaitu pada waktu Dhuha. Cara Sholat Dhuha hanya dapat dilakukan setelah matahari terbit hingga menjelang waktu sholat Dzuhur. Meskipun sholat Dhuha disunnahkan untuk dilakukan ketika matahari agak tinggi dan terasa agak terik, namun ketika matahari mulai naik maka sudah memasuki waktu Dhuha. Bagi Anda yang ingin melancarkan rezeki maka lakukan sholat Dhuha setiap harinya.

Seperti yang sudah disebutkan, sholat Dhuha merupakan salah satu cara bagi Anda untuk bersedekah. Seperti yang diriwayatkan oleh Muslim Abu Daud dan juga Ahmad dari Abu Dzat, Rasulullah SAW telah bersabda:
“Hendaklah kamu masing-masing bersedekah untuk ruas-ruas tulang badanmu di setiap pagi. Sebab setiap kamu membaca tasbih maka adalah sedekah, setiap membaca tahmid maka sedekah, setiap membaca takbir maka sedekah, setiap membaca tahlil maka sedekah, menyuruh orang lain untuk melakukan kebaikan maka sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan maka sedekah. Dan untuk mengganti semua hal tersebut maka cukup diganti dengan 2 rakaat sholat Dhuha”.
Sholat Dhuha memang memiliki keutamaan untuk mencukupkan sedekah. Dimana dengan melakukan sholat Dhuha maka cukuplah sedekah Anda sesuai dengan 360 persendian. Dilihat dari salah satu keutamaan sholat Dhuha ini, tidak heran jika ada doa setelah sholat Dhuha secara khusus. Doa tersebut sangat disarankan untuk dibaca setelah selesai melakukan sholat Dhuha dan sebelum membaca doa-doa lainnya. Selain itu, mendirikan sholat Dhuha tentu dapat memperbanyak amal baik. Sholat Dhuha memang merupakan sholat sunah (tidak wajib), namun ada baiknya jika dapat dilakukan setiap hari demi melancarkan rezeki Anda.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Hadits Shahih

Keutamaan sholat Dhuha lainnya yaitu sesuai dengan hadis berikut maka Allah SWT akan menjaganya (orang yang mendirikan sholat Dhuha). Hadis tersebut berbunyi:
“Wahai Bani Adam, sholatlah untuk-Ku di awal siang hari 4 rakaat maka Aku menjagamu di sisa hari tersebut”.
Selain itu, sholat Dhuha juga disebut sebagai sholat Al-Awwabin atau sholat yang didirikan untuk bertaubat kepada Allah SWT. Sebagaimana telah disampaikan Rasulullah Muhammad SAW:
“Tidak ada orang yang menjaga sholat Dhuha kecuali orang yang banyak bertaubat kepada Allah”.
Dilihat dari banyaknya keutamaan-keutamaan sholat Dhuha, tentu sangat wajar jika ada doa setelah sholat Dhuha tersebut. Doa tersebut merupakan doa yang berisi panjatan atau harapan agar rezeki dapat dilancarkan dan didekatkan. Oleh sebab itu, sholat Dhuha juga dikenal sebagai sholat sunah pelancar rezeki. Banyak orang yang melaksanakan sholat Dhuha demi memiliki rezeki yang lebih lancar. Bagi Anda yang merasa rezeki Anda seret maka lakukanlah sholat Dhuha secara rutin mulai sekarang.
Tag : Doa
Back To Top