Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Dakwah Muslimah - Doa tidur dan dzikir yang menyertainya sebagaimana telah dicontohkan Rasulullah SAW sudah sepatutnya untuk kita contoh. Selain itu, adab-adab tidur juga dianjurkan untuk dilakukan.

Doa tidur merupakan suatu hal yang sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Tetapi, terkadang diantara kita masih ada juga yang malas untuk melaksanakannya. Itu merupakan salah satu ciri dari gangguan jin. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi saat kita tertidur lelap. Bisa saja setelah terjaga dari tidur kita mendapatkan rahmat atau mukjizat yang tidak pernah bisa dibayangkan, ataupun sebaliknya, sewaktu kita tidur terlelap dan kita tidak akan bisa bangun kembali, Wallahu a'lam. Oleh sebab itu, mulai sekarang dekatkanlah diri kita kepada-Nya dan bertaubat mumpung kita masih diberi kesempatan sebelum terlambat.

Dzikir dan Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Berdoa dan berzikir merupakan salah satu tata cara dalam mengingat dan menjalin hubungan atau berkomunikasi antara manusia dengan Sang Khaliq. Dimana manusia itu sendiri dalam segala situasi dan kondisi, seperti susah, senang, berdiri, duduk, berjalan, beristirahat, bekerja, bangun maupun akan tidur. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mengamalkan doa tidur kepada setiap umat Muslim jika akan tidur. Tak hanya itu, selepas tidur pun juga harus memanjatkan doa. Sebelum membahas tentang urutan doanya, terlebih dahulu kami akan membahas mengenai adab-adab tidur sesuai dengan sunnah Nabi. 

Dzikir dan Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa tidur dan dzikir berikut ini yang telah disunnahkan oleh Baginda Rasulullah SAW dan sangat dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur, Karena kita tidak akan bisa menduga apa yang akan terjadi nanti saat kita sedang tidur. Semua doa dan dzikir dibawah ini adalah shahih karena dikutip dan diambil dari sumber hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Dalam sebuah hadits dijelaskan:

يَجْمَعُ كَفَّيْهِ ثُمَّ يَنْفُثُ فِيهِمَا فَيَقْرَأُ فِيهِمَا: (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ) (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ) ثُمَّ يَـمْسَحُ بِـهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِـهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ (٣×)ء

Menyatukan kedua telapak tangan. Kemudian ditiup dan membaca Qul Huwallaahu Ahad (surah al-Ikhlash), Qul A’udzu bi Rabbil Falaq (surah al-Falaq) dan Qul A’uudzu bi Rabbin Naas (surah an-Naas). Lalu menggunakan kedua telapak tangan mengusap kepala, wajah, serta tubuh pada bagian depan yang dapat dijangkau (usapan dilakukan sebanyak tiga kali) (Hadits riwayat Bukhari Muslim).

Selanjutnya bacalah ayat Kursi sebanyak satu atau tiga kali. Jika Anda mampu membaca lebih banyak lebih baik. Kemudian setelah Anda mengamalkan ayat Kursi tersebut diteruskan dengan membaca dua ayat paling akhir dari surah Al Baqarah. Setelah Anda menyelesaikan bacaan-bacaan diatas, lalu bisa meneruskan dengan membaca dzikir di bawah ini.

سُبْحَانَ اللهِ (٣٣×) الْـحَمْدُ اللهِ (٣٣×) اللهُ اَكْبَرُ (٣٤×)

Mahasuci Allah (sebanyak 33 kali). Segala puji bagi Allah (sebanyak 33 kali). Allah Maha Besar (sebanyak 33 kali). Dalam hadits riwayat Bukhari-Muslim dijelaskan bahwa dzikir ini dikutip dari Hisnul Muslim ciptaan Syaikh Sa'id bin Ali al-Qahthani. Dzikir ini merupakan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah kepada Fatimah radhiyallahu 'anha serta Ali radhiyallahu 'anhu.
Untuk selanjutnya Anda bisa membaca doa berikut ini.

بِاسْـمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا 

Artinya adalah “Dengan nama-Mu, ya Allah, aku akan mati dan aku hidup.” Demikianlah ulasan mengenai doa tidur dan dzikir yang menyertainya beserta adab tidur yang dicontohkan Rasulullah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Dzikir dan Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
Back To Top