Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dalam Islam Menurut Ahli

Manfaat Wudhu - Berbicara tentang wudhu, Allah menganjurkan untuk melakukan wudhu tentu saja ada kebaikan yang dapat dipetik bagi pelakunya. Bagaimana tidak? Wudhu ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi pelakunya, baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan. Dari segi agama, wudhu ternyata dapat menghapus serta mengeluarkan dosa-dosa manusia melalui anggota tubuh yang terkena air wudhu. Wudhu ternyata juga dapat menghilangkan amarah yang berkobar-kobar. Selain itu, wudhu adalah sebagian dari iman yang akan mengangkat derajat manusia.

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Selanjutnya adalah Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dalam Islam Menurut Ahli. Wudhu merupakan salah satu aktivitas yang dapat mencegah seseorang terserang penyakit Hepatitis A. Penyakit ini menyerang manusia melalui tangan dan kemudian masuk ke dalam tubuh. Jika seseorang berwudhu, ia harus mencuci atau membasuh kedua telapak tangannya. Hal ini sejalan dengan pencegahan penyakit Hepatitis A tersebut. Manfaat wudhu selanjutnya adalah mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh serta mengeluarkannya melalui air wudhu. Wudhu juga dapat mengurangi depresi pada diri seseorang. Maka dari itu Rasulullah SAW menganjurkan agar umat Muslim berwudhu jika sedang dilanda gelisah dan amarah.

Dari Abdullah bin Umar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya : “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan badannya suci, maka para malaikat akan bersamanya didalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sehingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si pulan karena tidur dalam keadaan suci.'” (HR. Ibn Hibban 3/329, Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

Manfaat Wudhu Dalam Islam Menurut Ahli selanjutnya adalah membuat pikiran menjadi lebih bersih dan jernih. Hal ini karena saat berwudhu, seseorang harus mengusapkan air ke kulit kepala. Hal ini akan membuat pikiran lebih dingin, segar, dan jernih. Wudhu juga dapat menstimulasi irama tubuh secara alami. Proses wudhu harus membasuh beberapa anggota wudhu. Anggota wudhu tersebut merupakan titik yang sangat tepat agar metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Sehingga seseorang akan terhindar dari masuknya penyakit ke dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof Leopard Werner von Ehrenfels. Ia berasal dari Austria dan berprofesi sebagai psikiater dan ahli neurology. Ia mencoba untuk meneliti lebih jauh tentang wudhu dan tahapan-tahapan dalam wudhu. Ternyata hasilnya sangat mengejutkan. Pada dasarnya tubuh memiliki beberapa bagian yang sangat berkaitan dengan pusat syaraf, antara lain kaki, tangan, dan dahi. Jika bagian-bagian tersebut terbasuh air, maka akan tercipta kesegaran yang mencapai pusat syaraf. Jika seseorang melakukan wudhu, Anda pasti akan membasuh ketiga bagian tubuh tersebut. Dengan demikian, umat Muslim selalu menjaga kesegaran tubuh hingga syaraf pusat secara berkala setiap hari. Hal ini akan menyebabkan terjaganya kesehatan dan kebugaran tubuh. Penelitian ini membuat Prof Werner memeluk Islam. Setelah itu ia mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.

Fakta lain tentang wudhu diungkapkan oleh Mokhtar Salem. Ia menuliskan di dalam bukunya yang berjudul Prayers a Sport for the Body and Soul bahwa wudhu dapat mencegah seseorang terserang penyakit kanker kulit. Jenis kanker ini disebabkan oleh debu-debu maupun bahan kimia yang menempel pada permukaan kulit dan kemudian terserap ke dalam kulit. Wudhu adalah sebuah aktivitas membasuh beberapa bagian kulit tubuh secara berkala setiap hari. Hal ini akan bermanfaat untuk membersihkan debu dan bahan kimia yang telah menempel pada kulit manusia. Untuk itu, wudhu dapat mencegah masuknya bahan kimia ke dalam kulit yang pada akhirnya akan menyebabkan kanker kulit.
Wudhu merupakan aktivitas yang harus dilakukan seseorang yang akan melakukan ibadah shalat. Namun demikian, umat Muslim dapat melakukan wudhu ini sewaktu-waktu sesuai kebutuhan mereka. Mereka tetap harus mengikuti rukun wudhu dan doa wudhu. Anda sebaiknya melakukan wudhu saat akan tidur, jika Anda dilanda kegelisahan dan amarah, saat mengantuk, saat akan membaca Al Qur’an, dan lain sebagainya. Menjaga wudhu adalah keutamaan bagi umat Muslim. Hal ini karena jika seseorang meninggal dunia dalam keadaan berwudhu, maka ia meninggal dalam keadaan suci. 

Demikian Dakwah Muslimah menjelaskan Sekilas tentang Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dalam Islam Menurut Ahli. Tolong Dishare...
Back To Top