Rukun Wudhu Yang Wajib dan Dalilnya

Dakwah Muslimah - Rukun atau fardhu dalam wudhu' itu ada 6 macam, wudhu memiliki banyak keutamaan dan manfaatnya, salah satunya adalah membersihkan diri dari hadas kecil. 

Sebagai umat Muslim, Anda pasti Anda telah mengenal wudhu. Wudhu merupakan sebuah rutinitas yang harus dilakukan umat Muslim sebelum melakukan ibadah. Secara bahasa, wudhu berarti bersih serta indah. Sedangkan menurut istilah, wudhu berarti memanfaatkan air untuk membasuh bagian tubuh tertentu dengan cara yang sudah ditentukan, memulainya dengan niat, yaitu untuk menghilangkan semua hadas kecil. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa wudhu adalah suatu aktivitas yang memanfaatkan adanya air, yang dilakukan sebelum melakukan ibadah untuk menghilangkan semua hadast kecil. Pada dasarnya niat tersebut telah timbul dan tertanam di dalam hati. Namun, ada pula tuntunan untuk mengucapkan niat secara lisan, yaitu dengan membaca doa wudhu.

Rukun Wudhu Yang Wajib

Rukun Wudhu Yang Wajib dan Dalilnya Yang Harus Anda Ketahui

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Maidah ayat 6, berbunyi :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٦
Artinya : "Hai orang-orang yang beriman!! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhkanlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus/Wc) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, bertayammumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kam dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur." 
Dari Ibnu Umar RA, Beliau berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda,

لاَ تُقْبَلُ صَلاَةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ وَلاَ صَدَقَةٌ مِنْ غُلُولٍ
Artinya : “Tidak ada shalat kecuali dengan thaharah. Tidak ada sedekah dari hasil pengkhianatan.” (H.R. Muslim no. 224.)
Hadits Lain, Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

لاَ تُقْبَلُ صَلاَةُ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ
Artinya :“Sholat salah seorang diantara kalian tidak akan diterima, ketika masih berhadats, sampai dia berwudhu. (H.R. Bukhari no. 6954 dan Muslim no. 225)
Wudhu merupakan perintah Allah yang memberikan banyak manfaat kepada kehidupan manusia baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan. Wudhu mampu meredam amarah yang bergejolak, wudhu mampu menyegarkan syaraf-syaraf yang lelah karena aktivitas yang telah dilakukan, dan masih banyak lagi. Untuk itu, wudhu merupakan kebutuhan manusia setiap saat. Akan lebih baik jika manusia selalu menjaga wudhu dan mengamalkan doa wudhu.

Pada paragraph pertama diatas telah disebutkan bahwa secara istilah wudhu dilakukan dengan cara yang sudah ditentukan. Cara tersebut dapat disebut sebagai rukun wudhu. Lalu, bagaimana rukun wudhu yang benar menurut ajaran Islam? Berikut ini adalah Rukun Wudhu Yang Wajib harus dilakukan seseorang yang akan berwudhu. 
  1. Niat, Pertama Anda harus berniat dengan sungguh-sungguh untuk melakukan wudhu. Setelah itu Anda juga harus membaca doa wudhu, yaitu (نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى) Bismillahirrahmanirrahiim nawaitul wudhuu’a liraf’il hadastsil ashghari fardhan lillaahi ta’aalaa.
  2. Membasuh Muka, Membasuh seluruh muka sebanyak tiga kali. Batas muka adalah hingga perbatasan antara muka dan rambut di kepala hingga dagu. Jika Anda orang yang berjenggot sebaiknya Anda membersihkan celah-celah rambut jenggot dengan jari tangan Anda.
  3. Membasuh Kedua Tangan, Membasuh tangan sampai siku sebanyak tiga kali. Anda harus memulainya dari tangan kanan terlebih dahulu.
  4. Membasuh Sebagian Kepala. Caranya adalah dengan membasahi kedua telapak tangan dengan air, lalu mengusapkannya ke kepala mulai dari depan ke belakang.
  5. Membasuh Kedua Kaki, Membasuh kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali. Anda harus membersihkan celah-celah jari-jari kaki. Hal ini karena kotoran dan kuman sering terdapat pada celah-celah tersebut.
  6. Tertib, Yaitu tidak mendahulukan bagian yang satu dengan bagian yang lainnya atau sesuai urutan fardhu wudhu diatas.
Itulah 6 Rukun Wudhu Yang Wajib dan Dalilnya dilakukan orang Oleh Orang Islam saat hendak melaksanakan ibadah shalat. Perlu Anda ketahui bahwa urut-urutan tata cara wudhu tidak dapat dibolak-balik sesuka hati. Urutan tersebut harus diikuti dengan baik.
Baca Juga : Hadits Nabi Muhammad SAW Tentang Sholat Dhuha
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top