Doa dan Niat Sholat Istikharah

Doa dan Niat Sholat IstikharahPernahkah Anda merasa bimbang dan tidak yakin ketika akan mengambil sebuah keputusan atau memilih sesuatu? Apa yang Anda lakukan jika mengalami kebimbangan dalam hidup Anda? Cara yang tepat untuk menghilangkan kebimbangan dalam hati adalah dengan cara sholat istikharah. Niat sholat istikharah yang benar adalah meminta petunjuk kepada Allah atas pilihan yang nantinya akan diambil. Melaksanakan sholat istikharah tidak hanya dilakukan ketika sedang bimbang memilih jodoh atau pasangan hidup saja tapi juga dilakukan ketika Anda merasakan kebimbangan dalam hati.

Doa dan Niat Sholat Istikharah Yang Benar

Melaksanakan sholat sunah istikharah tidak dibatasi permasalahannya, maksudnya yaitu permasalahan apa saja yang membuat hati menjadi bimbang dan ragu bisa dimintakan petunjuk dari Allah dengan cara sholat istikharah. Lalu, bagaimana cara dan niat sholat istikharah yang benar serta doa yang harus dipanjatkan. Berikut ini akan diberikan niat dari sholat istikharah dan doa sholat istikharah yang diajarkan oleh Rasulullah:

1. Niat melaksanakan sholat istikharah

Melaksanakan sholat istikharah harus diawali dengan niat yang benar. Adapun lafal niat melaksanakan sholat istikharah yaitu: 
أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال
Usholli sunnatan istikharati ra’ataini lillahita'ala.

Arti dari niat ini adalah aku berniat menunaikan sholat istikharah dua rakaat karena Allah Ta’la. Setelah berniat lalu lakukan sholat dua rakaat seperti melakukan sholat seperti biasanya. Surat yang dibaca pada saat melaksanakan sholat istikharah tidak ditentukan dan tidak ada anjuran yang pasti. Jadi, bacalah surat yang kiranya Anda hafal dengan baik.

2. Doa melaksanakan sholat istikharah

Doa setelah sholat istikharah ada intinya yaitu meminta petunjuk kepada Allah. Adapun doa istikharah menurut blog Dakwah Muslimah yaitu: 
اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ
Allahumma inni astaghiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka, wa asaluka min fadhlikal ‘adhiim fainnaka taqiru wala aqdiru, wa na’lamu wa la a’lamu, wa anta ‘alamul ‘udzub, allahumma ingkungta ta’lamu annahadhal amra (sebutkan sesuatu yang membimbangkan hati) wayusamma khajatahu (ucapkan apa yang menjadi keinginan dalam melaksanakan sholat istikharah) fauqdurhu liwayasirhu tsuma barik lifih, wa ingkunta ta’lam ana hadzal amri syarun li fi dini wama ‘asyi wa akibati amri faisrifhu ‘ani wa ishrifni nahu wa uqdurli alkhaira haitsu kanna tsuma ardhini bih. 

Arti dari doa ini yaitu: 

Ya Tuhan hamba memohon pada Engkau pilihkanlah mana yang baik bagi hamba menurut Engkau, hamba mohon kepada Engkau berikanlah kepastian dengan ketentuan Allah dan hamba mohon kemurahan dari Allah yang besar dan agung karena hanya Allah yang berkuasa sedangkan hamba tidak tahu menahu, hanya Allah yang mengetahui semua yang tersembunyi. Ya Tuhan, jika Allah tahu mengenai persoalan (sebutkan persoalan yang sedang dialami) baik untuk hamba dan baik juga akibat yang ditimbulkannya maka berikanlah perkara ini pada hamba dan mudahkanlah semuanya untuk hamba, berikanlah keberkahan pada hamba, penghidupan hamba. Jika hal ini tidak baik untuk hamba maka jauhkanlah dari hamba, jauhkanlah hamba dari semua hal yang berhubungan dengannya dan berilah hamba kerelaan atas anugerah yang diberikan-Mu. 

Doa sholat istikharah ini bisa disesuaikan dengan hajat atau keinginan yang Anda inginkan. Dalam hal ini Anda meminta untuk dimantapkan pilihan yang akan diambil. Berdoalah dengan khusyuk dan khidmat agar doanya didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Apakah doa dan niat sholat istikharah ini harus dilafalkan dengan menggunakan bahasa Arab dengan artinya atau salah satunya saja? Melafalkan doa sholat istikharah bisa dilakukan dengan bahasa Arabnya saja ataupun dengan kata-kata sendiri, pada intinya setelah melaksanakan sholat istikharah berdoalah meminta petunjuk pada Allah agar hati merasa mantap untuk mengambil keputusan. Sebelum berdoa meminta petunjuk dan dimantapkan hatinya sebaiknya Anda beristighfar dan meminta ampun dari segala dosa yang pernah diperbuat.
Baca Juga : Nama Anak Syaitan dan Doa Setelah Sholat Dhuha
Niat dan doa sholat istikharah yang benar pasti di ijabah oleh Allah SWT dengan berbagai cara. Banyak ulama yang berpendapat bahwa jawaban sholat istikharah akan diberikan oleh Allah melalui mimpi, oleh sebab itu sangat disarankan untuk melaksanakan sholat istikharah setelah melaksanakan sholat isya dan sebelum tidur. Namun jawaban dari sholat istikharah ini tidak hanya diberikan oleh Allah melalui mimpi saja bisa saja melalui hal lainnya yang bisa memantapkan keyakinan Anda untuk mengambil keputusan tersebut. Jika jawaban dari sholat istikharah belum kunjung datang lakukanlah sholat istikharah lagi dengan niat sholat istikharah yang sama.
Back To Top