Tata Cara dan Niat Sholat Taubat yang Benar

Tata Cara dan Niat Sholat Taubat yang Benar berbeda dengan sholat sunah lainnya karena sholat ini mempunyai tujuan yang berbeda dengan sholat sunah pada umumnya. Melaksanakan sholat taubat merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Menjalankan sholat sunah taubat ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja yang terpenting harus ada niat dan mengikuti tata cara melaksanakan sholat taubat yang benar. Sholat taubat ini dilaksanakan untuk meminta pengampunan Allah setelah melaksanakan dosa-dosa besar. Dosa besar yang sangat di benci oleh Allah ada 10 buah dan sebagai umat Muslim kesepuluh dosa besar ini tidak boleh melaksanakannya.

Tata Cara dan Niat Sholat Taubat yang Benar

Adapun kesepuluh dosa besar dalam Islam yaitu:
  1. Menyekutukan Allah atau syirik
  2. Meninggalkan sholat
  3. Durhaka terhadap orang tua
  4. Mendekati zina dan berzina
  5. Memakan harta haram yang sudah jelas keharamannya
  6. Minum Khamar atau minuman keras
  7. Memutuskan silaturrahmi
  8. Bersaksi palsu atau berbohong
  9. Pelit atau kikir
  10. Menggunjing atau Ghibah
Sudah yakinkah Anda bahwa setiap harinya Anda sudah terbebas atau tidak melaksanakan salah satu dari perbuatan dosa besar di atas? Tentu saja manusia tidak ada yang sempurna dan terlepas dari perbuatan dosa. Walaupun masih sekedar niat saja berarti kita sudah mempunyai pemikiran untuk melaksanakan dosa besar tersebut. Dalam Islam orang yang belum melaksanakan dosa walaupun sudah ada niat tidak dicatat dalam buku amalan buruknya tapi tetap saja sewaktu-waktu mungkin saja dosa tersebut bisa dilakukan walaupun tanpa disadari. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melaksanakan sholat taubat dengan niat sholat taubat yang benar.

Dosa-dosa besar yang sudah dilakukan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja harus dimintakan ampun pada Allah SWT. Salah satu cara untuk meminta ampun adalah beristighfar kepada Allah. Namun begitu, beristighfar saja tidak cukup, Anda harus benar-benar bertaubat kepada Allah dengan cara melaksanakan sholat taubat. Sholat taubat ini merupakan sholat sunah dua rakaat untuk meminta pengampunan dari Allah atas semua dosa yang sudah pernah dilakukan selama ini. 
Untuk mendapatkan pengampunan dari Allah tidak cukup dengan beristighfar dan sholat taubat saja tapi juga harus menjaga diri agar tidak mengulangi perbuatan dosanya kembali. Taubat yang seperti inilah yang dinamakan dengan taubatan nasuha atau taubat yang sebenar-benarnya dan tidak mengulangi dosanya lagi.

Niat Sholat Taubat dan Tata Caranya Yang Benar

Niat sholat taubat harus diawali dengan niat yang sungguh-sungguh dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Taubat juga harus dilakukan dengan rasa penyesalan yang mendalam karena sudah berbuat dosa dan bersungguh-sungguh untuk berada di jalan yang benar dan tidak akan melakukan dosa yang sama atau yang lainnya kembali. Untuk Anda yang ingin melaksanakan sholat taubat, berikut ini tata cara sholat taubat yang benar:

1. Mengambil air wudhu

Tata cara pertama untuk melakukan sholat taubat adalah berwudhu. Ambillah ari wudhu dengan sempurna sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah dan menggunakan air yang bersih. Jika perlu, lakukan mandi wajib terlebih dahulu agar badan bersih dan suci dari semua najis dan kotoran.

2. Membaca niat

Sama halnya dengan Niat Sholat IstikharahNiat sholat taubat harus dilafalkan dengan suara yang lembut dan diyakini dalam hati untuk melakukan sholat taubat dan meminta pengampunan dari Allah. Adapun lafal dari niat melaksanakan sholat taubat adalah Usholli sunnatataubati rok’ataini lillahitaala. Arti dari niat ini adalah aku berniat sholat taubat sebanyak dua rakaat dikarenakan Allah.

3. Laksanakan sholat dua rakaat

Setelah berniat lakukan sholat 2 rakaat seperti biasanya. Pada rakaat pertama disarankan untuk membaca surat Al Kafirun dan pada rakaat yang kedua disarankan untuk membaca surat Al Ikhlas.

4. Membaca doa sholat taubat

Setelah selesai sholat, perbanyaklah membaca istighfar dan memohon ampunan kepada Allah. Anda juga harus berdoa untuk meminta pengampunan dari Allah dan menyesali semua dosa yang sudah pernah dilakukan.
Baca Juga : Doa Pengasih dan Nama Anak Syaitan
Melaksanakan sholat taubat bisa dilakukan kapan saja, sangat dianjurkan jika sholat taubat dilaksanakan sesegera mungkin. Waktu yang baik untuk melaksanakan sholat taubat yaitu sebelum Maghrib dan setelah proses terbenamnya sinar matahari karena ketika proses terbenam matahari adalah waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat. Namun jika Anda ingin melaksanakan sholat di waktu sepertiga malam ataupun di pagi dan siang hari sangat dianjurkan dan tidak ada larangannya. Yang terpenting dalam melaksanakan sholat taubat adalah niat dan jangan mengambil waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat taubat. Jangan lupa niat sholat taubat dengan benar tidak hanya dilafalkan saja tapi juga harus diniatkan dari dalam hati.
Back To Top