Tata Cara Shalat Istikharah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Shalat istikharah merupakan shalat sunah yang dilakukan untuk meminta petunjuk pada Allah SWT. Tata cara shalat istikharah ini sama dengan shalat sunah pada umumnya yaitu dilaksanakan minimal dua rakaat. Melaksanakan shalat istikharah ini sangat dianjurkan ketika Anda merasa bimbang atau bingung dalam menentukan suatu pilihan. Biasanya banyak orang Muslim yang melaksanakan shalat istikharah ketika akan memilih pasangan hidup atau jodoh yang tepat. Apakah shalat istikharah ini hanya bisa dilakukan jika ingin memilih pasangan hidup saja? Jawabannya adalah tidak.

Shalat istikharah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW dilakukan ketika seseorang merasa bimbang atau ragu untuk memutuskan suatu hal. Tidak hanya ketika akan memilih jodoh saja tapi juga permasalahan lainnya yang sangat menentukan dan berpengaruh dalam hidup Anda. Tata cara shalat istikharah ini tidak harus menunggu bingung memilih dua pilihan saja. Ketika Anda merasa bimbang dengan keputusan yang akan diambil, sebaiknya segeralah melakukan shalat istikharah untuk meminta petunjuk dari Allah. Inti utama dari shalat sunah istikharah ini adalah meminta petunjuk pada Allah jalan mana yang tepat atau hal apa yang tepat untuk hidup Anda. Melaksanakan shalat istikharah ini juga bisa dilakukan untuk memantapkan hati ketika sedang bimbang.

Permasalahan di dunia ini tentu saja tidak ada habisnya sampai kita semua mati dan kematian pasti akan datang. Selama hidup, tentu kita harus memutuskan suatu hal yang penting, entah itu sering atau jarang dilakukan. Pada hakikatnya kehidupan yang dijalani ini merupakan sebuah pilihan yang diambil oleh setiap manusia. Seperti apa kehidupan kita merupakan pilihan kita, jadi secara tidak langsung setiap harinya kita harus memutuskan hal untuk kelangsungan hidup Anda. Seperti memutuskan untuk makan, minum dan lain sebagainya. Shalat istikharah ini merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan oleh umat Muslim untuk meminta keyakinan dalam mengambil keputusan.

Dijelaskan dalam dalil mengenai tata cara shalat istikharah dan alasan melaksanakan shalat istikharah bahwa berserah dirilah kepada Allah dan memintalah petunjuk kepada Allah ketika sedang dalam keadaan bimbang karena hanya Allah yang bisa membolak-balikkan hati seseorang. Dalil ini sudah sangatlah jelas bahwa seorang Muslim jika mengalami kebimbangan atau bahasa gaulnya galau jangan meminta petunjuk kepada selain Allah, berserah dirilah kepada Allah dan biarkan Allah yang akan menunjukkan keputusan apa yang tepat untuk diambil. Shalat istikharah juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah yang sudah memberikan banyak kenikmatan kepada manusia selama hidup di dunia ini.

Dari Jabir bin ‘Abdillah RA, beliau berkata,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ
Rasulullah SAW, mengajarkan kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau pada setiap urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Qur'an. Nabi Muhammad SAW berkata, “Jika salah satu di antara kalian berniat dalam sebuah urusan, maka lakukanlah shalat 2 raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (H.R. Al-Bukhari)
Tata Cara Shalat Istikharah

Tata Cara Sholat Istikharah yang Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Cara shalat istikharah sebenarnya sama dengan melaksanakan sholat sunah pada umumnya, hanya saja niat utamanya atau tujuan utamanya yaitu untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Niat untuk melaksanakan sholat istikharah ini juga berbeda dengan melaksanakan sholat sunah lainnya. Melaksanakan shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan tata cara yang sama. Adapun tata cara untuk melaksanakan shalat istikharah yaitu:

1. Berwudhu
Sebelum melaksanakan shalat istikharah harus mengambil wudhu terlebih dahulu, hal ini merupakan syarat wajib bagi Muslim yang ingin melaksanakan ibadah sholat. Gunakanlah air yang bersih dan suci agar wudhunya sah dan bisa menyucikan diri.

2. Lakukan shalat sunah 2 rakaat
Laksanakanlah sholat sunah 2 rakaat dengan Niat Sholat Istikharah dan meminta petunjuk pada Allah agar diberikan petunjuk yang tepat. Niat tidak hanya dilafalkan saja tapi juga harus diyakinkan dalam hati.

3. Berdoa untuk meminta petunjuk Allah
Setelah selesai sholat jangan segera beranjak melainkan berdoalah terlebih dahulu untuk meminta petunjuk dari Allah dan diberikan pilihan yang tepat. Sebelum berdoa sebaiknya membaca istighfar terlebih dahulu dan memohon ampunan kepada Allah.

Walaupun shalat istikharah bisa dilaksanakan kapan saja tapi waktu yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan shalat istikharah adalah setelah sholat isya dan sebelum tidur. Sholat istikharah tidak bisa dilakukan sekali saja untuk mendapatkan jawaban atau keyakinan atas kebimbangan yang dialami, seseorang harus melakukan shalat istikharah berulang kali jika memang belum mendapatkan keyakinan dalam hatinya atas persoalan yang sedang melanda.
Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha dan Rukun Wudhu 
Allah SWT akan memberikan jawaban pada orang tersebut melalui beberapa cara salah satunya yaitu melalui mimpi. Jangan pernah berputus asa melakukan tata cara sholat istikharah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW yang benar jika belum mendapatkan keyakinan atas hal yang dibimbangkan, lakukanlah sholat istikharah sampai Anda mendapatkan jawabannya.
Back To Top