Waktu Sholat Taubat Nasuha

Sholat taubat merupakan salah satu sholat sunah untuk meminta ampunan kepada Allah setelah melakukan dosa. Waktu Sholat Taubat Nasuha Yang Baik ini sebenarnya tidak ditentukan secara jelas kapan waktunya. Dalam hadits dan dalil Al Quran dijelaskan bahwa sebagai Muslim setiap harinya kita tentu tidak terlepas dari perbuatan dosa. Sholat taubat ini diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin meminta ampunan kepada Allah karena sudah melakukan dosa besar. Tata cara sholat taubat tidak jauh berbeda dengan Tata cara sholat dhuha atau sholat sunah lainnya hanya saja niat dan doa yang dipanjatkan berbeda dengan sholat sunah pada umumnya.

Waktu Sholat Taubat Nasuha Yang Baik

Dalam pembahasan ini akan diberikan kapan saja waktu sholat taubat yang dilarang karena dalam Islam ada beberapa waktu tertentu yang diharamkan untuk melaksanakan ibadah sholat sunah maupun sholat wajib. 

Berikut ini 5 waktu yang diharamkan untuk melakukan sholat manapun:

1. Pada saat matahari sedang terbit

Ketika matahari sedang terbit umat Islam dilarang untuk melaksanakan sholat. Hal ini dikarenakan pada saat matahari terbit setan berada diantara matahari sehingga siapa saja yang melaksanakan sholat ketika matahari terbit sama halnya dengan menyembah iblis.

2. Pada saat matahari tepat berada di tengah-tengah

Pada saat matahari tepat di tengah-tengah atau pada saat tepat tengah hari umat Muslim juga dilarang untuk melaksanakan sholat karena pada saat itulah neraka sedang dibakar. Sebaiknya jika akan melaksanakan sholat menunggu matahari tergelincir ke arah barat. Tanda matahari tepat berada di tengah-tengah adalah tidak ada bayangan di semua benda yang diletakkan di bawah sinar matahari.

3. Pada saat matahari tenggelam

Hukum melaksanakan sholat pada saat matahari sedang dalam proses tenggelam sama dengan hukum melaksanakan sholat pada saat matahari terbit. Pada saat matahari tenggelam tanduk setan atau iblis berada di antara matahari sehingga umat Muslim yang melaksanakan sholat pada saat itu sama seperti menyembah iblis.

4. Setelah salat subuh

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa setelah sholat subuh tidak boleh melaksanakan sholat apapun sampai terbitnya matahari.

5. Setelah salat asar

Setelah salat asar juga sangat dilarang untuk melaksanakan salat sunah, hal ini diterangkan dalam sebuah hadits sahih yang menjelaskan mengenai waktu sholat.

Kelima waktu yang dilarang untuk sholat ini tidak hanya untuk melaksanakan sholat taubat saja melainkan untuk semua jenis sholat baik sholat wajib maupun sholat sunah. Namun dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat ini berlaku di semua tempat kecuali di Mekkah. Rasulullah bersabda biarkanlah orang-orang melaksanakan thawaf dan sholat di Masjidil Haram. Hadits ini menunjukkan bahwa setiap Muslim boleh melaksanakan thawaf dan sholat sunah di sekitar Ka’bah atau Masjidil Haram tanpa menghiraukan waktunya.

Waktu Sholat Taubat yang Tepat

Jika ada waktu sholat taubat yang dilarang tentu saja ada waktu dimana sholat taubat sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Waktu untuk melaksanakan sholat taubat ini sebenarnya tidak dibatasi kapan saja, Anda bisa melaksanakannya di pagi hari, sore hari, malam hari, bahkan dini hari selain waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat. Para ulama berpendapat waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat taubat adalah sebelum Maghrib dan sebelum matahari dalam proses terbenam. Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat taubat ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap umat Muslim.

Sholat Taubat Nasuha sendiri merupakan sebuah kebutuhan manusia kepada Tuhannya untuk mendapatkan pengampunan setelah melakukan perbuatan dosa. Melaksanakan sholat taubat tidak harus setelah melaksanakan dosa besar yang dilarang oleh Allah, setiap hari umat Islam juga disunnahkan untuk melaksanakan sholat taubat. Sholat taubat ini termasuk sholat sunah yang disarankan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dan meminta ampunan kepada Allah setiap harinya. Dengan mengerjakan sholat taubat dan tidak mengulangi kembali kesalahan atau dosa yang sudah dilakukan niscaya orang tersebut akan dijanjikan oleh Allah surga yang abadi kelak di akhirat nantinya.

Melaksanakan Sholat Taubat Nasuha Yang Baik tidak hanya sebagai sarana untuk meminta pengampunan kepada Allah tapi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selama hidup di dunia ini tentunya manusia tidak luput dari kesalahan dan perbuatan dosa baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja dan tidak disadari. Oleh karena itu, melaksanakan sholat taubat merupakan salah satu sarana untuk tetap di jalan yang benar dan sesuai dengan yang diajarkan dalam agama Islam. Waktu sholat taubat tidak harus menunggu sebelum Maghrib. Jika Anda merasa harus bertaubat kepada Allah dan melakukan perbuatan dosa maka bersegeralah untuk melakukan taubat dan melaksanakan sholat taubat agar semua dosa yang sudah dilakukan diampuni oleh Allah SWT.
Back To Top