10 Nama Nama Malaikat dan Tugas-Tugasnya

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang diberi keistimewaan dan wewenang tertentu. Malaikat tidak mempunyai nafsu seperti manusia. Ketika Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk bersujud (memberi hormat) kepada Nabi Adam, malaikat langsung menuruti perintah Allah, tetapi iblis justru sebaliknya. 10 Nama nama malaikat perlu diketahui oleh umat Islam, karena meng-imani malaikat juga termasuk menjadi salah satu rukun Islam, yaitu tepatnya rukun Iman yang kedua. Meng-imani malaikat berarti kita meyakini di dalam hati dan pikiran bahwa Malaikat itu ada, bahwa Malaikat mempunyai tugasnya masing-masing.

10 Nama Nama Malaikat dan Tugas-Tugasnya

Nama nama malaikat masing-masing mempunyai tugas untuk melakukan yang terkait dengan kegiatan manusia. Nah, ini dia nama dan tugas malaikat yang sudah selayaknya kita pahami sebagai umat Muslim. Nama Malaikat yang wajib kita ketahui ada 10, diantaranya yaitu:

1. Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu. Jadi, para Nabi dan Rasul menerima wahyu berdasarkan perantara malaikat Jibril. Ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu AL Quran dengan yang pertama kali adalah surah AL Alaq maka perantaranya juga Malaikat Jibril. Jibril menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul ke dunia.

2. Mikail

Nah, nama nama malaikat berikutnya adalah Malaikat Mikail. Malaikat yang satu ini mempunyai tugas membagikan rezeki dari Allah kepada seluruh umat yang ada di penjuru dunia ini. Rezeki sifatnya tidak melulu berupa uang atau materi, tetapi bisa juga kesehatan, keluarga yang sholeh dan sholehah, kedamaian hati, dan sebagainya. Ini adalah tuga Malaikat Mikail.

3. Israfil

Israfil adalah malaikat yang kelak bertugas meniup sangkakala terompet ketika hari kiamat tiba. Hari kiamat itu sendiri merupakan suatu yang wajib kita imani sesuai dengan Rukun Iman yang keenam, atau rukun iman yang terakhir. Nah, malaikat Israfil ini mempunyai peran yang besar dalam hadirnya hari kiamat.

4. Izrail

Malaikat Izrail bertugas pada kiamat kecil, yaitu pada hari kematian seseorang. Malaikat Izrail mempunyai tugas untuk mencabut nyawa. Kita harus mempercayai bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Maka kita harus senantiasa membekali diri karena kematian datangnya kita tidak tahu pasti kapan dan di mana, hanya Allah yang tahu.

5. Munkar 

Malaikat Munkar bertugas ketika kita ada di alam kubur, yaitu menanyakan tentang amal kita selama kita masih hidup di dunia.

6. Nakir

Begitu juga dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir mempunyai tugas yang sama berupa menanyakan amal perbuatan kita di dunia.

7. Raqib
Sebagai manusia, tentu kita pernah melakukan perbuatan baik maupun buruk, terlepas apakah itu sengaja atau tidak sengaja. Nah, salah satu dari nama nama malaikat juga bertugas untuk mencatat setiap amal baik kita di dunia, dia adalah Malaikat Raqib.

8. Atid
Jika Malaikat Raqib mencatat amal baik, maka Malaikat Atid mencatat amal-amal buruk kita selama di dunia. Malaikat Atid berada di sebelah kiri dan Malaikat Raqib di sebelah kanan.

9. Malik

Malaikat Malik mempunyai tugas menjaga sesuatu yang menakutkan bagi kita, yaitu neraka. Sebagai umat Islam tentunya kita ingin mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah, ketika kita kembali padaNya nanti. Nah, ternyata Malaikat Malik ini menjaga neraka.

10. Ridwan
Berkebalikan dengan Malaikat Malik, bahwa Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga. Surga adalah tempat impian terbaik kita. 

Dari nama nama malaikat tersebut yang wajib kita imani, maka juga sudah selayaknya kita juga meng-imani tugas-tugas mereka, baik tugas menyangkut bagaimana kita di dunia maupun tugas yang menyangkut ketika kita sudah mati nanti. Jika sudah demikian, maka kita sudah dapat mengira-ira amal-amal kita akan dicatat oleh malaikat siapa atau nanti ketika di alam kubur sana kita akan ditanya oleh malaikat siapa.
Baca Juga : Segitiga Bermuda Menurut Al Quran
Nah, itulah tadi 10 nama nama malaikat beserta tugasnya yang hendaknya kita ketahui dan kita pahami. Nama-nama Malaikat tersebut mempunyai tugas dan sudah seharusnya kita selalu melakukan amalan perbuatan yang terbaik yang bisa kita lakukan. Malaikat selalu menurut kepada Allah, tidak diberikan rasa lelah seperti manusia, tidak makan dan tidak minum, tidak pula diberi nafsu apapun seperti yang manusia miliki. Sejatinya, manusia di dunia ini ada untuk diuji oleh Allah. 
Tag : Tauhid
Back To Top