5 Keutamaan Sholat Jumat dan Ancaman Jika Meninggalkannya

Sholat Jumat merupakan salah satu sholat wajib yang dilaksanakan pada hari Jumat ketika dhuhur, sholat Jumat juga pengganti sholat dhuhur. Setiap Muslim laki-laki wajib melaksanakan sholat Jumat karena keutamaan sholat Jumat sangatlah luar biasa dan bagi siapa yang meninggalkannya akan mendapatkan dosa dan ancaman neraka jahanam. Sholat Jumat atau yang sering disebut dengan Jumatan memang hukumnya wajib bagi laki-laki tapi untuk perempuan tidak diwajibkan. Perempuan yang melaksanakan sholat Jumat boleh saja dan tidak mempunyai kewajiban untuk menunaikan sholat dhuhur.

Keutamaan Sholat Jumat

Menunaikan ibadah sholat Jumat sebagai kewajiban memang harus dijalani tapi dibalik Allah mewajibkan sholat Jumat ini ada banyak hikmah dan manfaat yang bisa didapatkan. Keutamaan sholat Jumat dijelaskan langsung oleh Allah SWT dalam Al Quran dan diperkuat oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits-haditsnya. Ada 5 keutamaan yang paling utama dalam melaksanakan sholat Jumat, keutamaan ini adalah:

1. Menghapuskan dosa

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda bahwa barang siapa yang melaksanakan sholat Jumat maka dosa diantara hari Jumat sampai Jumat yang akan datang diampuni oleh Allah asalkan tidak melaksanakan dosa besar.

2. Dicukupkan nikmatnya dan disempurnakan Islamnya

Dalam surat Al Maidah ayat ketiga dijelaskan bahwa pada hari itu disempurnakan oleh Allah agama Islam dan dicukupkan nikmat Allah pada semua umatnya. Turunnya ayat ini adalah ketika hari Jumat, jadi salah satu keutamaan melaksanakan sholat Jumat adalah dicukupkan nikmatnya dan disempurnakan oleh Allah agamanya.

3. Jumat adalah hari Asy Syahid

Tafsir hari Jumat adalah hari asy syahid adalah tafsir dari surat al Buruj ayat ketiga. Para ulama sepakat bahwa hari yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah hari Jumat.

4. Pahala yang besar untuk yang bersegera datang untuk sholat Jumat

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa siapa saja yang datang awal ke masjid untuk melaksanakan sholat Jumat maka pahalanya sama dengan berkurban seekor unta, begitu seterusnya sampai yang datang terakhir maka pahalanya sama dengan berkurban sebutir telur. 

5. Setiap langkahnya diberi pahala sholat dan puasa selama satu tahun

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang datang awal untuk sholat Jumat dan mendengarkan khotbah maka selama perjalanan menuju masjid setiap langkahnya diberi pahala sholat dan puasa selama satu tahun.

Sangat sayang bukan jika Anda tidak menjalankan ibadah sholat Jumat karena keutamaan sholat Jumat sangatlah banyak dan menguntungkan bagi umat Muslim. Lalu, bagaimana jika seorang laki-laki yang sudah dewasa atau balig tidak melaksanakan sholat Jumat? Jika ada seorang Muslim laki-laki yang tidak melaksanakan sholat Jumat maka dia akan berdosa tapi dengan catatan tanpa ada halangan yang menghalanginya untuk melaksanakan sholat Jumat. Jika memang ada halangan sehingga dia tidak bisa melaksanakan sholat Jumat maka tidak apa-apa asalkan tidak lebih dari tiga kali berturut-turut meninggalkan sholat Jumat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah memerintahkan untuk tidak meninggalkan sholat Jumat. Dan jika suatu kaum sengaja meninggalkan sholat Jumat maka Allah akan menutup pintu hati mereka serta menjadikan kaum tersebut sebagai umat yang lalai. Dalam hadits ini sudah sangat jelas bahwa siapa saja yang meninggalkan sholat Jumat maka Allah akan menutup pintu hati mereka dan membuat mereka sulit untuk menggunakan hatinya dalam kebaikan.

Dalam hadits lain juga dijelaskan bahwa siapa saja yang tidak melaksanakan sholat Jumat selama tiga kali berturut-turut tanpa sebab yang jelas maka Allah selamanya akan menutup hati mereka dari hal-hal yang baik. Selain itu, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Thabrani menjelaskan bahwa siapa saja yang tidak mengerjakan sholat Jumat selama tiga kali berturut-turut tanpa alasan yang jelas maka termasuk dalam golongan orang-orang yang munafik dan orang yang munafik tempatnya di neraka jahanam.

Jika sudah tahu ancaman meninggalkan sholat Jumat begitu sangat mengerikan tentu saja kita tidak boleh meremehkan sholat Jumat. Walaupun sholat Jumat bisa diganti dengan sholat dhuhur tapi pahalanya tidaklah sama karena sholat Jumat mempunyai pahala yang sangatlah besar. Hanya dalam keadaan tertentu saja seorang laki-laki diperbolehkan tidak melaksanakan sholat Jumat, diantaranya yaitu ketika sakit parah, ketika bepergian jauh, dan sebab lainnya yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan sholat Jumat. Begitu banyaknya dan mulianya keutamaan sholat Jumat dan betapa mengerikannya ancamannya maka jangan pernah sekali-kali meremehkan sholat Jumat.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top