Al Quran Terbesar di Dunia Yang Ada di Indonesia

Al Quran terbesar di dunia telah banyak diberitakan di berbagai media, namun sayangnya berita mengenai Al Quran raksasa yang ada di Indonesia kurang di ekspos. Mereka hanya fokus memberitakan tentang Al Quran dengan ukuran jumbo yang berasal dari negara lain, padahal sebetulnya beberapa wilayah di Indonesia ini juga mempunyai artifak berharga tersebut. Karena itu, kami disini akan menginformasikan beberapa Al Quran yang berukuran sangat dahsyat yang bisa Anda saksikan di negara sendiri.

Al Quran terbesar di dunia yang ada di Indonesia ini tak hanya terdapat pada satu tempat saja, melainkan ada beberapa tempat, seperti di Bogor, Palembang, Semarang, Jakarta, Pekalongan, Wonosobo, dan Makassar. Menurut kami, ini adalah sebuah hal yang sangat luar biasa, karena Al Quran yang menjadi tuntunan hidup bagi kaum Muslim diabadikan dalam bentuk yang sangat besar, sehingga siapa saja yang mengunjungi dan melihatnya dapat mengingat betapa besarnya kuasa Allah terhadap makhluknya dan alam semesta ini.

Al Quran sendiri adalah kitab suci milik umat Islam, dimana di dalamnya berisi firman Allah yang disampaikan melalui Nabi Muhammad. Al Quran merupakan petunjuk bagi umat Muslim dalam menjalani kehidupan. Diyakini bahwa Al Quran adalah kitab suci terakhir yang ditujukan kepada umat manusia sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya, antara lain Taurat, Zabur, dan Injil. 
Jika Anda ingin mengetahui mengenai beberapa Al Quran dengan ukuran super jumbo, berikut akan kami sampaikan untuk Anda.

1. Al Quran terbesar di dunia di kawasan Bogor

Al Quran terbesar di dunia di kawasan Bogor

Salah satu Al Quran terbesar di dunia ditemukan di kawasan Bogor, yaitu di Pondok Pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman. Pondok pesantren tersebut didirikan oleh ulama Islam bernama Habib Saggaf bin Mahdi. Pesantren ini mempunyai harta yang tak ternilai harganya, yaitu Al Quran raksasa dengan berat hingga mencapai 1,2 ton. Pasalnya, kitab suci tersebut terbuat dari baja stainless dengan total halaman adalah 306. Untuk setiap halaman mempunyai ukuran 100x140 centimeter dengan bobot 4 kilogram. Pembuatannya pun terbilang cukup lama, yaitu 5 tahun. Selain itu, pondok tersebut juga mempunyai 8 koleksi Al Quran raksasa lainnya yang berisi surah lengkap sebanyak 30 juz.

2. Al Quran terbesar di dunia di kawasan Palembang

Al Quran terbesar di dunia di kawasan Palembang

Al Quran terbesar di dunia selanjutnya adalah Al Quran Al Akbar yang berada di kota Palembang. Penamaan Al Akbar sendiri karena bentuk dar Al Quran tersebut sangat besar. Al Quran besar ini mempunyai tinggi 15 meter dan tersusun rapi dalam jumlah 315 papan, dimana setiap papannya mempunyai ukuran 177x140 centimeter. Namun, untuk menyelesaikan hingga 30 juz dan doa khatam Quran, maka jumlah halaman yang dihasilkan ialah 630 papan. Al Quran raksasa ini sangat unik, karena terbuat dari kayu yang pada sisi pinggirannya diberi hiasan ukiran yang cukup rumit.

3. Al Quran terbesar di dunia di kawasan Semarang

Al Quran Terbesar di Dunia Yang Ada di Indonesia

Al Quran terbesar di dunia juga terdapat di Masjid Agung Semarang. Al Quran ini memiliki ukuran sebesar 145x95 centimeter dan ditulis sendiri oleh Drs. Khyatudin dari Pesantren Al-Asyariyyah. Al-Asyariyyah merupakan pondok terbesar di kota Semarang yang menjadi kebanggaan warganya. Selain Al Quran raksasa, pondok pesantren ini juga mempunyai koleksi lain, yaitu berupa bedug raksasa dengan diameter 220 centimeter dan panjang 310 centimeter. Bedug raksasa tersebut adalah replika dari bedug Pendowo yang ada di Purworejo.

4. Al Quran terbesar di dunia di kawasan Jakarta

Al Quran terbesar di dunia di kawasan Jakarta

Al Quran terbesar yang ada di Indonesia juga ditemukan di Jakarta, tepatnya di masjid Agung Al-Munada yang posisinya terletak antara dua bagian tower dari Apartemen Casablanca yang menjulang tinggi. Desain dari bangunan masjid ini sangat unik, karena menyerupai kapal. Bentuk dari bangunan masjid ini pun terinspirasi dari cerita kapal Nabi Nuh. Di dalam masjid Al-Munada terdapat Al Quran raksasa yang dibingkai dengan kayu dan dihiasi batu giok sebanyak 13 biji.

Demikianlah ulasan tentang Al Quran terbesar di dunia, terutama yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.
Tag : Berita Islam
Back To Top