Keajaiban Sholat Tahajud Dalam Al Quran

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang tidak wajib untuk dilakukan. Akan tetapi apabila Anda melakukannya, Anda secara otomatis akan mendapatkan pahala dari sholat tahajud tersebut. Ada banyak keajaiban sholat tahajud dalam Islam yang sudah dibuktikan banyak orang. Diantara berbagai keajaiban itu adalah terkabulnya semua doa-doa yang kita panjatkan ketika melakukan sholat tahajud. Karena itulah sholat tahajud terkadang juga menjadi rutinitas sebagian besar orang Islam, terutama bagi mereka yang mempunyai keinginan kuat.

Keajaiban Sholat Tahajud
Hal ini sebagaimana yang sudah dijelaskan Dalam Al-Qur`an surat al-Isra` ayat 79 yang artinya: “Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." Ini merupakan janji Allah kepada umat manusia yang mau menjalankan sholat tahajud. Dan apabila Allah sudah berjanji, maka muhal bagi Allah untuk mengingkarinya.  

Salah satu alasan kenapa sholat tahajud dilakukan setelah kita bangun dari tidur dan tepat pada saat malam hari? Dan mengapa berbeda dengan sholat sunnah lainnya? Itulah kekuasaan Allah. Allah mempunyai maksud tersendiri bagi orang-orang yang bersedia untuk melakukan sholat tahajud. Ada berbagai keajaiban sholat tahajud yang sampai saat ini tidak bisa di logika oleh akal pikiran manusia. Bahkan jika dirasionalisasikan, nampaknya memang tidak pernah ketemu. 

Banyak para ilmuan yang meneliti tentang perintah sholat tahajud harus di malam hari. Menurut teori pikiran yang banyak dikembangkan oleh para ilmuan baik dalam maupun luar negeri, bahwa pada saat bangun tidur di malam hari, gelombang otak atau pikirannya masuk pada gelombang alpha dan tetha. Dalam pemaknaan spiritual, gelombang theta mempunyai posisi spiritual yang sangat tinggi terhadap sang pencipta. Dan pada saat gelombang tetha inilah orang yang melakukan sholat tahajud mempunyai sugestifitas tinggi akan terkabulkannya doa-doa yang dilantunkannya.

Sedangkan pada gelombang alpha, seseorang yang bangun tidur akan mengalami kekosongan baik dalam pikiran maupun dalam hatinya. Pada saat inilah orang yang melakukan sholat tahajud akan benar-benar merasakan kekhususan. Keajaiban sholat tahajud ini bukan menjadi rahasia umum lagi. Banyak sekali orang yang sudah membuktikan kekhusyukan sholat tahajud ini. Padahal, untuk bisa melakukan sholat dengan khusuk, orang harus berusaha keras dan sekuat tenaga untuk melepaskan beban pikiran. Akan tetapi kalau orang melakukan sholat tahajud, dengan sendirinya orang akan merasakan khusuk. 

Keajaiban sholat tahajud yang lainnya adalah sebagaimana dalam sabda Rasulullah; “Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat.”(HR. Tirmidzi) saran Rasulullah agar manusia melakukan sholat ketika manusia lainnya tidur, sebab pada saat itulah malaikat-malaikat turun untuk melihat hamba-hamba Allah yang melakukan sholat malam dan melaporkan kepada Allah segala apa yang diminta olehnya. 

Keajaiban sholat tahajud yang lainnya dalam hadits tersebut adalah ganjaran surga yang sudah disediakan bagi orang-orang yang melakukan sholat tahajud. Subhanallah, Rasulullah tidak pernah bermain-main dalam hal surga. Allah sudah memberikan jaminan surga kepada Nabi Muhammad dan kepada para pengikutnya. Secara otomatis, apabila kita meniru apapun yang dilakukan dan dikatakan oleh Rasulullah, tentunya kita juga akan ditolong oleh Rasulullah untuk dimasukkan ke dalam surga.

Banyak para ulama` yang mengatakan bahwasanya sholat tahajud merupakan sholat sunnah untuk membuka pintu surga Allah. Ada juga yang mengatakan bahwasanya sholat tahajud adalah untuk memperkuat ketebalan iman kita. Dan ada lagi yang mengatakan bahwasanya sholat tahajud merupakan sholat khusus yang bisa mengabulkan semua keinginan kita. Secara sederhana, sholat tahajud bisa menjadikan diri kita sebagai pribadi yang kaffah. Meskipun demikian, banyak juga orang yang mengabaikan sholat tahajud.  

Ketika seseorang melakukan sholat pada waktu malam hari dan orang yang sholat tersebut meminta suatu kebaikan kepada Allah, baik itu kebaikan di dunia maupun di akhirat, maka Allah akan memberikannya. Bahkan ada juga sebuah riwayat yang menjelaskan bahwasanya Nabi Muhammad sebelum mendapatkan perintah berupa sholat lima waktu, terlebih dahulu beliau mendapatkan perintah untuk menjalankan sholat tahajud. Hal tersebut merupakan suatu keajaiban sholat tahajud tersendiri.
Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha
Tag : Doa
Back To Top