Manfaat Sholat Istikharah dalam Menentukan Pilihan

Dalam perjalanan hidup, terkadang ada suatu peristiwa atau momen yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Terkadang kita merasa bahwa hidup itu sulit dan terasa berat untuk dijalani. Ingatlah bahwa perjalanan hidup merupakan sebuah proses pendewasaan diri yang mau atau tidak mau harus kita jalani dan lewati. Terlebih ketika kita harus dihadapkan pada beberapa pilihan, atau kita ragu untuk memutuskan sebuah pilihan. Ingatlah bahwa kita tidak sendiri, ada Allah SWT yang selalu bersama dengan kita. Maka kita bisa melaksanakan sholat istikharah untuk mendapatkan manfaat dalam Menentukan Pilihan. 

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya bahwa sholat istikharah merupakan sholat yang dilaksanakan ketika kita memiliki beberapa pilihan atau hanya untuk memantapkan hati kita dalam sebuah pilihan. Sholat istikharah dijalankan seperti sholat biasanya dengan melaksanakan sholat dua rakaat. Bagaimana dengan waktu sholat istikharah? Sholat istikharah termasuk sholat sunat yang fleksibel untuk dikerjakan, Anda bisa melaksanakannya di waktu pagi, siang, sore atau malam hari. Namun, jika Anda ingin mendapatkan waktu terbaik untuk berdoa maka sholatlah pada saat sepertiga malam yang terakhir. 

Manfaat Sholat Istikharah

Pada waktu itu, ketika manusia tertidur dan kita bangun untuk melaksanakan sholat istikharah, maka kita akan lebih khusyu’ saat menjalankan ibadah. Dan kita lebih fokus untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT atas segala permasalahan yang sedang kita hadapi. Kita bisa curhat, memohon dan berdoa dengan pasrah serta tulus ikhlas semata-mata hanya kepada Allah SWT. Bagaimanapun dalam kehidupan kita, tidak terlepas dari berbagai macam masalah dan hanya kepadaNya kita meminta petunjuk dan perlindungan atas diri kita ini. 

Terkadang dengan logika manusia, tidak akan mampu mencerna apa hikmah dibalik semua pilihan yang sedang kita hadapi. Hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui segala kejadian yang ada dibumi dan di langit. Hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui hal yang terbaik untuk semua hamba dan makhluk-Nya. Sebagai seorang Muslim kita hanya bisa melaksanakan dan mendapatkan manfaat sholat istikharah dalam Menentukan Pilihan hidup yang dapat kita ketahui setelah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Dimana hati kita secara otomatis akan condong terhadap satu pilihan dimana sebelumnya kita belum yakin akan pilihan yang akan diambil.

Dari Jabir bin ‘Abdillah RA beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah SAW, mengajari kami shalat istikharah dalam segala urusan yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami sebuah surat dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah sholat dua (2) rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (H.R. Al-Bukhari)

Dari hadist tersebut juga dijelaskan bahwa sholat istikharah merupakan salah satu solusi dari agama Islam bagi umat Islam yang tengah berada dalam suatu kesulitan. Islam benar-benar telah mengatur bagaimana umat Muslim dapat menjalani kehidupannya dengan baik. Akan tetapi, masih banyak diantara kita yang belum memahami betapa Maha Pengasih dan Penyayang Allah SWT kepada setiap hambaNya agar tidak memiliki kesulitan hidup di dunia ini. (Baca : Doa Sholat Istikharah)

Manfaat sholat istikharah yang bisa kita ambil adalah kita mendapatkan pilihan dari beberapa pilihan dimana Allah SWT yang membantu kita untuk mendapatkan ketetapan hati akan pilihan tersebut. Karena sebagai makhluk, kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Tentu saja dengan meminta pada Allah SWT untuk mendapatkan sebuah ketetapan hati akan sebuah pilihan, kita akan mendapatkan ridho-Nya bukan? Bahwa dalam setiap perjalanan hidup, apa lagi yang akan kita inginkan jika bukan ridho Allah SWT.

Itulah manfaat sholat istikharah lainnya yang bisa kita dapatkan, yaitu ridho Allah SWT. Tidak ada satupun yang terlepas dari pengawasan Allah SWT. Bahkan Allah SWT dapat mendengar ucapan yang terlintas dari hati kecil kita. Allah SWT akan selalu dekat dengan hambaNya jika mereka mau meminta pertolongan dan petunjuk pada Allah SWT. Dan memasrahkan dirinya hanya kepada Sang Pencipta alam semesta ini, Sang Pencipta manusia.
Baca Juga : Keajaiban Sholat Tahajud
Tiada kekuasaan yang melebihi kekuasaan-Nya, jadi kepada siapa lagi kita akan meminta selain kepada-Nya. Jadi buat Anda yang kini tengah galau, hilangkan sejenak galau tersebut dan melangkahlah ke kamar mandi, bersuci dan ambillah wudhu. Lakukanlah sholat istikharah dan meminta kepada-Nya, niscaya Allah SWT akan mengabulkan segala permintaan hambaNya dengan jawaban yang terbaik. Demikianlah manfaat sholat istikharah dan semoga bermanfaat.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top