Waktu Sholat Istikharah Yang Tepat

Waktu Sholat Istikharah - Di saat kita berada di persimpangan jalan perjalanan hidup, terkadang kita gamang kemana langkah kaki ini akan berjalan. Namun, sebagai seorang Muslim kita tahu bahwa Allah SWT adalah tempat untuk mengadu dan meminta. Salah satu cara untuk kita meminta padaNya adalah dengan berdoa di waktu yang tepat. Akan tetapi, ada masa dimana kita harus memilih salah satu diantara beberapa pilihan, atau kita masih ragu-ragu dengan pilihan yang telah kita ambil. Maka, tidak ada jalan lain selain melaksanakan sholat istikharah. Apa itu sholat istikharah dan waktu sholat istikharah akan kita jelaskan secara terperinci dalam Fiqh Ibadah

Pertama sekali kita akan membahas mengenai pengertian dari sholat istikharah. Sholat istikharah merupakan salah satu shalat sunat yang dilakukan ketika kita dihadapkan pada beberapa pilihan atau justru untuk memantapkan pilihan yang telah kita ambil. Dalam kehidupan, pasti ada suatu masa dimana kita akan mengalami hal yang mengharuskan kita untuk mengambil sebuah keputusan. Jika dalam mengambil keputusan logika manusia tidak cukup untuk menentukan yang terbaik, maka saatnya kita untuk berserah diri pada Allah SWT untuk memilihkan pilihan yang terbaik untuk kita menurut pandangan-Nya. 

Waktu Sholat Istikharah

Dalam menjalani kehidupan ini tentu saja kita ingin mendapatkan ridha dari Allah SWT bukan? Untuk itulah kita perlu melibatkan Allah SWT dalam apapun yang akan kita tempuh untuk mendapatkan ridha-Nya. Contoh kasus adalah ketika kita mendapatkan beberapa lamaran kerja, atau kita lulus dalam ujian masuk kuliah. Tentu kita ingin mendapatkan pilihan yang terbaik bukan? Dalam kondisi tersebut kita bisa melaksanakan sholat istikharah untuk mendapatkan petunjuk Allah SWT untuk memilihkan pilihan yang terbaik untuk kita. Karena Allah SWT adalah yang Maha Mengetahui dibandingkan kita yang hanya makhlukNya. 

Kasus yang lain adalah ketika kita akan melaksanakan pernikahan. Tentu kita harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada Allah SWT dan meminta untuk dimantapkan hati kita untuk menjalani sebuah keputusan besar. Tentu kita akan meminta ridha Allah SWT dalam menjalani keputusan yang telah diambil, bahwa calon suami adalah calon yang telah dituliskan sebagai pendamping hidup yang akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat. Yang bisa menjadi imam yang baik dunia akhirat. Anda bisa melaksanakan sholat istikharah beberapa kali sampai Anda mendapatkan keyakinan dan kemantapan hati untuk memutuskan menikah.

Lalu kapan waktu sholat istikharah yang tepat? Sholat istikharah bisa dilakukan kapan saja baik pagi, siang, sore atau malam. Akan tetapi, jika Anda ingin waktu yang terbaik untuk curhat dengan Allah SWT maka sebaiknya pilihlah waktu sepertiga malam terakhir. Dimana Anda dahului dengan sholat tahajud, kemudian sholat istikharah dan terakhir ditutup dengan sholat witir. Mengapa harus waktu sepertiga malam terakhir? Karena waktu tersebut adalah salah satu waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa, dimana kesempatan untuk doa dikabulkan berpeluang lebih besar. Dan tentu saja Anda bisa lebih khusyu’ untuk berdoa dan curhat pada Sang Pencipta.

Pelaksanaan sholat istikharah pada Waktu Sholat Istikharah Yang Tepat hampir sama dengan sholat lainnya. Sebaiknya ketika melaksanakan sholat istikharah kita bersihkan hati dan pikiran dari keinginan pribadi dari sebuah pilihan. Anda bisa melaksanakan sholat istikharah minimal dua rakaat dengan mengucapkan niat terlebih dahulu bahwa akan melaksanakan sholat sunat istikharah karena Allah Ta’ala. Kemudian Anda bisa melaksanakan sholat dengan membaca Al Fatihah lalu surat pendek, dilanjutkan dengan rukun sholat lainnya sampai Anda menyelesaikan sholat istikharah. Jangan beranjak dari sajadah ketika selesai sholat. 

Saat waktu sholat istikharah selesai, maka Anda bisa membaca istighfar sebanyak-banyak dan panjatkan doa sholat istikharah. Atau Anda bisa berdoa dengan bahasa Anda sendiri dengan tulus dan ikhlas hanya meminta petunjuk kepada Allah SWT yang Maha Mengetahui segala yang terbaik untuk diri kita. Pasrahkan diri kita hanya kepada Allah SWT tempat untuk kita meminta dan mengadu. Insya Allah dengan melaksanakan sholat istikharah kita akan mendapatkan jawaban atas keraguan atau pilihan-pilihan yang membuat kita bimbang. 
Baca Juga : Doa Setelah Sholat Fardhu dan Tata Cara Shalat Istikharah
Demikianlah Islam mengajarkan umatnya ketika dalam sebuah kesulitan hendaklah selalu untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top