12 Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa Serta Adab Berdoa

Simak Baik-Baik. Inilah 12 Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa Serta Adab Berdoa yang patut anda ketahui. Sebagai seorang Muslim yang taat, wajib kiranya bagi kita untuk menjalankan ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Salah satu ibadah yang wajib kita lakukan adalah melakukan sholat 5 waktu. Ibadah sholat 5 waktu ini alangkah lebih baik jika diakhiri dengan melafalkan puji-pujian bagi Allah SWT serta memanjatkan doa kepada Allah SWT.  Doa merupakan salah hubungan yang terjalin antara makhluk dengan Tuhannya sebagai tanda dari ketidakberdayaan makhluk dan menjadikan Tuhannya sebagai tempat mengadu, meminta serta berlindung diri.

Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa

Ketika kita berdoa, kita bisa meminta apa saja kepada Allah SWT. Allah SWT akan mengabulkan segala permintaan hambaNya dengan jawaban yang terbaik menurut Allah SWT. Dengan berdoa bukan berarti kita akan diberi jawaban secara instan oleh Allah SWT, atau Allah SWT langsung memberikan jawaban atas doa yang kita panjatkan. Tak jarang Allah SWT menunda terlebih dahulu doa yang kita panjatkan untuk melihat seberapa sabar dan tabahnya kita dalam meminta kepada Allah SWT sebagai bentuk kecintaan Allah SWT kepada makhlukNya.

Dengan tidak diberi jawaban atas doa yang kita panjatkan bukan berarti Allah SWT tidak sayang atau perduli pada makhlukNya. Kita sebagai makhluk harus tahu bagaimana cara merayu Allah SWT agar segala permintaan kita dikabulkan oleh Allah SWT dengan jawaban yang terbaik. Nah, berdoa kepada Allah SWT juga ada adabnya loh. Serta ada waktu-waktu tertentu dimana doa kita akan mustajab dan dimakbulkan oleh Allah SWT.  Ingin tahu bagaimana adab berdoa serta waktu apa saja yang mustajab untuk berdoa?

Pertama sekali kita akan membahas mengenai waktu yang mustajab untuk berdoa. Ada sekitar 12 waktu yang doa kita berpeluang besar untuk dimakbulkan oleh Allah SWT. Inilah kedua belas waktu tersebut, antara lain adalah:
  1. Berdoa ketika sedang wukuf di Padang Arafah.
  2. Berdoa sepanjang hari di bulan Ramadhan.
  3. Berdoa di hari Jumat.
  4. Berdoa di saat sahur.
  5. Berdoa diantara waktu adzan dengan iqamat.
  6. Berdoa ketika selesai sholat.
  7. Berdoa ketika turun hujan.
  8. Berdoa ketika berjihad di jalan Allah SWT.
  9. Berdoa ketika selesai khatam Al Quran.
  10. Berdoa ketika melakukan sujud terakhir.
  11. Berdoa ketika berbuka puasa.
  12. Berdoa ketika merasa kehadiran hati serta rasa takut kepada Allah
Nah, ada banyak sekali bukan waktu yang mustajab untuk kita meminta dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Selanjutnya untuk membuat doa kita menjadi makbul, tentu kita harus menggunakan trik untuk merayu Allah SWT. Dengan mengucapkan segala puja puji kepada Allah SWT, dan mengucapkan syukur atas segala karunia yang telah diberikanNya. Dengan adab berdoa, kita tidak hanya sekedar meminta namun kita secara ikhlas dan pasrah meminta karena ketidakberdayaan kita sebagai manusia yang lemah. Berikut adab serta tata cara berdoa yang baik agar doa kita dimakbulkan oleh Allah SWT. Antara lain adalah:
  1. Hadapkan diri kepada Allah SWT dengan tulus dan ikhlas secara langsung. Jangan meminta melalui perantara lain, dan bebaskan diri dari perbuatan syirik karena termasuk dalam salah satu dosa besar yang tidak terampuni.
  2. Menyiapkan hati untuk berdoa dengan hati yang tulus dan ikhlas. Berdoa karena kita membutuhkan pertolongan dari Allah SWT.
  3. Hanya ada Allah SWT di hati kita tatkala berdoa.
  4. Luruskan niat saat berdoa kepada Allah SWT.
  5. Selalu berpikiran positif pada Allah SWT, karena Allah SWT sesuai dengan prasangka hambaNya. Yakinkan diri kita bahwa Allah SWT mendengar setiap doa kita, hanya saja Allah SWT menunggu waktu yang tepat untuk mengabulkan segala doa yang kita pinta.
  6. Ambillah air wudhu ketika berdoa kepada Allah SWT.

Saat berdoa pun kita juga harus melakukan hal ini agar doa dimakbulkan oleh Allah SWT. Pertama adalah dengan mengucapkan basmallah yang diikuti dengan mengucapkan hamdalah dan asmaul husna yang kita hapal. Alangkah lebih baik jika hapal semua asmaul husna, kemudian lanjutkan dengan shalawat nabi. Lalu, mintalah apa yang kita inginkan kepada Allah SWT dengan hati yang tulus ikhlas, Anda bisa mengucapkan beberapa doa yang ada di dalam Al Quran. Lalu, tutup dengan shalawat nabi dan memuji Allah dan akhiri dengan Amin.
Tag : Doa
Back To Top