Cara Membaca Al Quran Yang Baik dan Benar

Cara Membaca Al Quran - Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang diwahyukan melalui malaikat Jibril. Al Quran sendiri memiliki 30 juz dengan 114 surat dimana surat dalam Al Quran terbagi menjadi dua sesuai dimana surat tersebut diturunkan. Secara garis besar surat Al Quran terbagi menjadi dua yaitu surat makiyah dan madaniyah. Surat makiyah turun di Mekkah dan surat madaniyah turun di Madinah. Sebagai umat Muslim penting bagi kita untuk mempelajari cara membaca Al Quran yang baik dan benar sesuai dengan harakat dan tajwidnya.

Cara Membaca Al Quran

Mengapa demikian? Al Quran diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab dimana penggunaan kata-kata di dalam ayat Al Quran harus sesuai dan benar cara membacanya. Jika tidak benar dan sesuai dengan harakat, makhraj dan tajwidnya maka arti yang terkandung di dalam Al Quran bisa berubah makna. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui Cara membaca Al Quran yang baik dan benar agar arti dan makna dalam ayat suci al Qur’an tidak berubah makna. Di Indonesia, cara membaca ayat suci Al Quran telah dimulai sejak dini. Bahkan untuk beberapa taman kanak-kanak yang berbasis Islam telah mengajarkan huruf-huruf hijaiyah kepada anak didik mereka.

Hal ini merupakan salah satu metode untuk mengenalkan ayat suci Al Quran sedari dini kepada mereka. Karena dengan membaca Al Quran tidak hanya akan membawa faedah di dunia namun juga akan menjadi penolong kita di hari akhir kelak. Dalam metode cara membaca ayat suci Al Quran secara dasar ada beberapa metode yang kita kenal antara lain adalah membaca iqro’. Metode ini adalah metode dasar dalam membaca Al Quran yang terdiri dari beberapa jilid. Dimana setiap jilidnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. 

Dalam jilid pertama akan diperkenalkan terlebih dahulu huruf-huruf hijaiyah, cara membacanya sesuai dengan makhraj yang benar. Ini merupakan dasar dari Cara membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar, karena arti dan makna dari ayat suci Al Quran akan berbeda jika tidak dibaca sesuai dengan makhraj yang benar. Akan ada beberapa huruf yang sulit untuk diucapkan dan dibedakan. Jika Anda mengajari putra putri Anda membaca iqro’, diperlukan kesabaran lebih agar mereka memahami benar pondasi dari membaca Al Quran. Setelah jilid pertama dikuasai maka akan mudah untuk melanjutkan ke jilid selanjutnya.

Pada jilid selanjutnya, huruf-huruf hijaiyah akan disambungkan dan membaca huruf yang disambungkan adalah cepat. Pada jilid selanjutnya akan dipelajari mengenai harakat, dimana huruf akan dibaca sesuai dengan harakatnya apakah panjang atau pendek. Tanda harakat juga berbeda sesuai dengan panjang harakatnya. Selanjutnya dalam cara membaca Al Quran juga dipelajari mengenai tajwid. Apa itu tajwid? Tajwid sendiri secara bahasa adalah melakukan sesuatu dengan baik atau dalam kata lain bisa berarti membaguskan. Jika dalam ilmu Al Quran, tajwid memiliki makna mengeluarkan huruf dari tempatnya yang memberikan sifat yang dimiliki olehnya. 

Secara garis besar, tajwid merupakan cara untuk mempelajari bagaimana melafazkan atau mengucapkan huruf pada ayat suci Al Quran beserta hadist yang sesuai dengan tempat keluarnya. Ada beberapa macam tajwid yang perlu kita ketahui, antara lain adalah:

  1. Makhrijul huruf yaitu tempat keluar atau masuk dari huruf.
  2. Shifatul huruf yaitu bagaimana cara melafalkan atau mengucapkan huruf.
  3. Ahkamul huruf yaitu bagaimana hubungan antar huruf.
  4. Ahkamul maddi wal qasr yaitu panjang pendek dari pengucapan ayat Al Quran.
  5. Ahkamul waqaf wal ibtida’ yaitu mengetahui cara memulai dan berhenti pada bacaan yang terdapat tanda huruf tajwid.
  6. Al khat dan al utsmani

Metode Bagaimana Cara Membaca Al Quran Yang Baik dan Benar juga terdapat di dalam ayat suci Al Quran. Dalil tersebut terdapat pada surat Al Muzzammul ayat 4 yang memiliki arti antara lain adalah bahwa Allah SWT telah memerintahkan Rasulullah SAW untuk membaca Al Quran dengan menggunakan tartil serta memperindah ucapan dari setiap hurufnya dengan tajwid. Untuk itulah kiranya sebagai umat Muslim penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membaca ayat suci al Qur’an yang baik dan benar. 

Tag : Doa
Back To Top