Nama surga dan penghuninya

   


     Ketika seseorang anak manusia terlahir ke dunia, dia punya dua jalan pilihan untuk hidup. Apakah dia akan memilih jalan yang lurus, yaitu jalan yang di ridhai oleh ALLAH, atau memilih jalan kesesatan, yaitu jalan jalan yang dilalui setan. Maka ALLAH akan memberikan balasan kepada masing masing jalan yang telah dipilih oleh anak manusia, dua tempat yang ada di hari Akhir nanti yaitu, SURGA dan NERAKA. Dua tempat ini ALLAH sediakan kepada umat manusia, kepada hamba-NYA yang beriman ALLAH akan memberikan SURGA, dan NERAKA bagi yang ingkar kepada-NYA. Dan diantara SURGA itu ada tingkatannya yang akan ALLAH berikan kepada hamba-hamba yang beriman dan taat dalam menjalankan perintah-NYA. inilah nama surga dan penghuninya,


    1. SURGA  FIRDAUS


Diciptakan oleh ALLAH dari emas, calon penghuninya yaitu,
- Orang orang yang khusyuk dalam shalatnya
- Orang orang yang membayar zakat
- Orang orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri istrinya
- Orang yang menjauhkan diri dari ucapan dan perbuatan yang tiada berguna
- Orang orang yang tidak ingkar janji ( amanah )

    Sebagai mana dalam AL QUR'AN surat Al Mukminun ayat 1-11 ALLAH berfirman,

''Sesungguhnya beruntunglah orang orang yang beriman ( yaitu ) orang orang yang kusyuk dalam shalatnya,. Dan orang orang yang menjauhkan diri dari ( perbuatan dan perkataan ) yang tiada berguna. Dan orang orang yang menunaikan zakat, Dan orang orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela, Barang siapa mencari yang dibalik itu maka mereka itulah orang orang yang melampaui batas. Dan orang orang yang memelihara amanat amanat ( yang dipikulnya ) dan janjinya. Dan orang orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah yang akan mewarisi surga FIRDAUS. Mereka kekal didalamnya.''

   2. SURGA  'ADN


Diciptakan dari intan putih, penghuninya adalah,
- Orang yang beriman dan beramal shaleh
- Orang yang bertakwa kepada ALLAH
- Orang orang yang berbuat baik
- Orang yang sabar, menginfaqkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan,

    ALLAH berfirman
''Dan barang siapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh sungguh telah beramal shaleh, maka mereka itulah orang orang yang memparoleh tempat tempat yang tinggi ( mulia ), yaitu surga 'And yang mengalir sungai sungai dibawahnya, mereka kekal didalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih ( dari kekafiran dan kemaksiatan ) ( QS Thaha 75-76 )

   Dalam Al Qur'an surat Ar Ra'd ayat 22-23 ALLAH berfirman,
"Dan orang orang yang sabar yang mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan, orang orang itulah yang mendapat tempat kesudahan ( yang baik ). Yaitu surga 'And yang mereka masuk kedalamnya bersama sama dengan orang orang yang shaleh, sari bapak bapaknya, istri istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat malaikat masuk ke tempat tempat mereka dari semua pintu''.

   3. SURGA NA'IM


   Diciptakan dari perak putih, penghuninya adalah, orang orang yang bertaqwa dan beramal shaleh. ALLAH berfirman, ''Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakankan amal shaleh, bagi mereka surga surga yang penuh kenikmatan''. ( QR Lukman 8 )

   4. SURGA MA'WA


Diciptakan dari zamrut yang hijau, penghuni surga ini adalah,
- Orang orang yang beriman dan beramal shaleh
- Orang orang yang bertaqwa
- Orang orang yang menahan hawa nafsunya

   Dalam surat As Sajdah ayat 19 ALLAH berfirman, 
''Adapun orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka bagi mereka surga surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan''.

   5. SURGA DARUSSALAM


Diciptakan oleh ALLAH dari Yakut merah, penghuninya adalah, orang orang yang melakukan amal kebajikan, sebagaimana firman ALLAH, ''Bagi mereka ( disediakan ) tempat yang damai ( surga ) disisi Tuhannya., dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan ( QS AL AN'AM 127 )

   6. SURGA DARUL MUQAMAH


Diciptakan dari permata putih, penghuninya adalah orang orang yang kebaikannya sangat banyak dan arang berbuat salah, dalam AL QUR'AN surat FATIR ayat 34-35 ALLAH berfirman, ''Dan mereka berkata. ''Segala puji bagi ALLAH yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri, yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal ( surga ) dari karunia-NYA, didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu''.

   7. SURGA AL MAQAMUL AMIN


Surga ini dihuni oleh orang orang yang keimanannya telah mencapai Muttaqin yakni orang orang yang benar benar bertaqwa.

   8. SURGA KHULDI


Diciptakan oleh ALLAH dari marjan merah dan kuning, Surga ini akan dihuni oleh orang orang yang taat dan patuh dalam menjalankan perintah ALLAH dan menjauhi segala larangan-NYA. Surat Al Furqan ayat 15 ALLAH berfirman,''Katakanlah,''Apa ( azab ) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang telah di janjikan kepada orang orang yang bertaqwa.

    Demikianlah nama nama surga dan penghuninya, semoga kita termasuk di dalamnya.

Tag : Tauhid
Back To Top