Cara setan menggoda manusia

    





     Para pembaca yang budiman, sesungguhnya syetan itu adalah mahkluk ciptaan ALLAH yang diusir dari surga karena kesombongannya karena tidak mau sujud kepada nabi Adam.Syetan tidak mau sujud kepada Adam karena merasa dirinya lebih hebat dari Nabi Adam, ia berkata kepada ALLAH, ''Mengapa aku harus sujud padanya, sedangkan aku lebih hebat dari Adam, aku Engkau ciptakan dari api, sedangkan ia dari tanah''. Sampai akhir dunia ini setan akan tetap menjerumuskan manusia dalam kesesatan. Karena setan dipanjangkan umurnya oleh ALLAH sampai dengan hari kiamat, dan setanpun bersumpah akan memperdaya manusia yang mau mengikuti langkahnya sebagai kawannya di dalam neraka nati, maka oleh kita berimanlah dengan sungguh sungguh kepada ALLAH agar kita terhindar dari godaan setan. Cara setan menggoda manusia ada bermacam macam, dan setan itu akan menggoda anak Adam dengan bermacam cara. Inilah beberapa contoh cara cara setan menggoda manusia;


    Setan akan senantiasa menggoda manusia untuk lalai dalam beribadah, dia akan membujuk manusia dengan bermacam cara, misalnya ketika tiba waktu untuk shalat, setan akan merayu manusia untuk memperlambat waktu untuk melakukan shalat, ataupun  ketika datangnya bulan puasa, setan akan berbisik kepada manusia, untuk apa puasa, itu hanya akan menyiksa diri. Kalau manusia membayar zakat, seta akan berbisik, untuk apa membayar zakat, itu hanya akan mengurangi hartamu.

   Setan akan menanamkan rasa permusuhan dan rasa iri dengki diantara manusia, hingga manusia akan saling membenci sesamanya, Dalam kehidupan ini manusia itu ada yang kaya dan ada pula yang miskin, setan akan merayu orang orang miskin untuk iri kepada yang kaya, kadang kadang manusia. Setanpun akan menghasut orang orang kaya untuk kikir terhadap hartanya. Mereka dibuat malas dan enggan untuk mengeluarkan hartanya di jalan yang diridhai oleh ALLAH SWT.

   Setan menggoda manusia untuk berfoya foya, maka hendaklah kita untuk hidup dan bersyukur dengan apa yang telah ALLAH karuniakan terhadap kita, Janganlah kita mengikuti langkah langkah syetan. Gunakanlah harta kita hanya dijalan-NYA. Bersedekah,berinfaq,memberi makan anak yatim, itu adalah jalan yang sangat disenangi oleh ALLAH.

   Menggoda manusia dengan fitnah, setan sangat menyenangi orang orang yang menyebarkan fitnah, setan akan selalu membuat manusia untuk menuduh sesamanya, dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda, ''Janganlah salah satu diantara kamu mengacungkan alat tajamnya kepada saudara kamu, karena ia tidak tahu, barangkali setan akan mencabut alat tajam itu dari tangannya lalu mengena kepada kawannya lalu ia masuk ke dalam api neraka''. ( hr Bukhari )

   Setan menggoda manusia saat sedang beribadah, ketika manusia sedang melakukan shalat setan akan datang dengan membawa bisikan, hati manusia dibuat tidak kusyuk dalam beribadah, dia akan membisikkan sesuatu, kepada orang orang kaya dia akan berbisik, jangan lama lama shalat nanti tidak ada yang menjaga tokomu, kalo ia ada mobil yang di parkir di luar masjid setan akan berbisik, jangan lama lama shalatnya nanti mobilnya dicuri orang, ketika bisikan itu datang, manusia manusia yang lemah imannya menjadi tidak fokus lagi dalam beribadah.

   Setan akan datang ketika manusia sedang tidur, maka dari itu ketika kita mau tidur sebaiknya hendaklah kita berwudhuk, berzikir dan bershalawat, supaya bisa di jauhkan dari mimpi mimpi buruk. Karena mimpi buruk itu datangnya dari setan.  Demikianlah beberapa contoh cara setan  menggoda manusia, hanya hamba hamba yang beriman yang tak mampu ia goda, semoga saja kita termasuk ke dalam orang orang yang beriman, Amiin.
  
Back To Top