Mahkluk Gaib Yang Ada Dalam Ajaran Islam

     Dalam ajaran berbagai agama kita tentu sering mendengar tentang mahkluk mahkluk gaib, dalam ajaran agama islam mahkluk gaib itu juga ada, dan keberadaannya malah disebutkan di dalam Al qur'an, diantara mahkluk gaib tersebut ada yang baik dan ada juga yang jahat, ada yang membawa kebaikan dan ada yang malah menjerumuskan manusia kedalam neraka, kita selaku umat islam wajib percaya akan hal tersebut, dan inilah mahkluk mahkluk gaib tersebut;

     BURAQ


   Mahkluk gaib yang ada dalam ajaran islam pertama adalah Buraq. Buraq termasuk mahkluk gaib yang tidak akan pernah kita jumpai di dunia ini, Buraq pernah menjadi tumpangan Raslullah dalam perjalanan Isra' Mi'raj bersama dengan malaikat Jibril, sebagaimana firman Allah SWT,
''Dialah Tuhan yang mengetahui yang gaib, dan Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang gaib itu,kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya. Maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga penjaga ( Malaikat ) dimuka dan dibelakangnya'' ( Qs Al Jin. 26-27 ).

   Diantara bentuk Buraq banyak disebutkan dalam hadist shahih, dalam hadist Bukhri diriwayatkan,  Rasul bersabda ''Dibawakan kepadaku hewan tunggangan berwarna putih, lebih pendek dari bighal dan lebih tinggi daripada keledai, yaitu Buraq.
Sabda Rasul yang lainnya, ''Aku mengikat Buraq di salah satu pintu masjid Baituj Maqdis, tepat dimana para Nabi mengikat hewan tunggangan mereka'' ( hr Muslim ).

   Ini adalah persoalan gaib, sebaiknya kita jangan mereka reka bagaimana bentuk dari Buraq yang sebenarnya, karena kita tidak pernah melihatnya, kita hanya mengikuti apa yang ada dalam dalil tanpa menambahkannya.

     BURUNG ABABIL


   Mahkluk gaib yang ada dalam ajaran islam berikutnya adalah Burung Ababil. Kisah para tentara Abrahah yang ingin menghancurkan Ka'bah, hingga Allah menurunkan burung burung Ababil untuk menghentikan keganasan para tentara Abrahah. Dalam Al qur'an sangat jelas diterangkan didalam surat Al Fill sebagaimana firman Allah SWT,
''Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara gajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah ) itu sia sia. Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar. Lalu Dia menjadikan mereka seperti yang dimakan ulat.

Seperti yang dijelaskan dalam beberapa riwayat, burung Ababil diciptakan oleh Allah SWT untuk membunuh pasukan gajah,burung itu bukan terdiri dari satu jenis spesies saja, burung tersebut digambarkan memiliki warna yang berbeda beda, ada yang putih, hitam dan hijau.Cara kerja burung tersebut dengan membawa tiga buah batu, satu di paruhnya dan dua lagi dikaki kiri dan kanan. Batu batu itu berasal dari neraka yang begitu panas. Dengan kekuatan yang diberikan Allah kepada burung Ababil mereka melempari batu batu tadi kearah pasukan gajah. Dalam hitungan menit para pasukan itu porak poranda. Itulah tanda tanda kekuasaan dari Allah.

     IMAM MAHDI


Ini adalah salah satu tanda akhir dunia ini, turunnya imam Mahdi menjadi pertanda berakhirnya dunia ini. Lalu bagaimana tanda tanda kedatangan dari imam Mahdi, Rasulullah banyak memberikan gambaran dalam soal ini, Imam Mahdi diutus kedunia ini bila mana gempa gempa sering terjadi dimana mana, dan perselisihan antar manusia sudah semakin parah, kejadian ini malah menjadi berita hangat di penjuru dunia. Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda,
''Akan terjadi perselisihan setelah wafatnya seorang pemimpin, maka keluarlah seorang lelaki dari penduduk Madinah mencari perlindungan ke Mekkah, lalu datanglah kepada lelaki ini beberapa dari penduduk Mekkah, lalu mereka membai'at imam Mahdi secara paksa, maka ia dibai'at diantara Rukun dan Maqam Ibrahim  (didepan Ka'bah) kemudian. Kemudian diutuslah sepasukan manusia dari penduduk Syam, maka mereka dibenamkan di sebuah daerah bernama Al Baida yang berada diantara Mekkah dan Madinah''. ( hr Abu Daut ).
Kita sebagai umat islam wajib percaya bahwa imam Mahdi memang akan diturunkan oleh Allah SWT kedunia ini. Tapi tidak ada yang tau kapan imam Mahdi itu datang, yang dijelaskan hanya tanda tanda akan datang atau diturukannya imam Mahdi.

     DAJJAL


   Mahkluk gaib yang ada dalam ajaran islam berikutnya adalah Dajjal. Inilah sang pembawa fitnah di akhir zaman, dia akan keluar diakhir zaman untuk membawa fitnah bagi umat manusia, pada saat manusia melupakan perkara Dajjal dan para Imam tidak lagi memperingatkan umat manusia akan bahaya fitnah Dajjal, maka ketika itulah Dajjal akan muncul. Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda,
''Dajjal tidak akan keluar sehingga sekalian manusia telah lupa untuk mengingatkannya dan sehingga para imam tidak lagi menyebut nyebutnya diatas mimbar mimbar'' ( hr Ahmad ).
Dari berbagai hadist dijelaskan kalau Dajjal itu mempunyai ciri ciri fisik seperti,
  - Rambutnya keriting,
  - Terdapat tulisan di keningnya ''Kafir'' dalam tulisan bahasa Arab,
  - Matanya yang sebelah kanan buta dan menonjol,Dajjal itu sebenarnya mempunyai dua bola mata
    tapi yang satunya buta,
  - Badannya gemuk dan pendek,
  - Kulitnya berwarna kemerah merahan,
  - Dadanya bidang dan kakinya bengkok,
  - Dajjal tidak bisa mempunyai keturunan atau mandul.

     DABBAH


Dabbah ( dabbatul ardh ) adalah binatang atau mahkluk yang akan muncul di hari kiamat nanti. Dia muncul atau keluar dari perut bumi, Binatang ini akan muncul di kota Mekkah dekat gunung Shafa setelah matahari keluar dari barat.Ia akan berbicara dengan kata kata yang fasih dan jelas, adapun ciri ciri dari Dabbah banyak dijelaskan dalam Al qur;an,
  - Memiliki bentuk tubuh yang sangat besar
  - Mempunyai beberapa kaki
  - Merupakan hewan melata
  - Ia termasuk dalam golongan hewan buas
  - Ia muncul dari kota Mekkah dekat bukit shafa
  - Dabbah akan keluar dengan membawa tongkat nabi Musa dan cincin nabi Sulaiman
  - Bisa berbicara dengan fasih dan jelas hingga manusia dapat mengetahui yang ia ucapkan
    - Dabbah akan muncul setelah Ya'juj Ma'juj mati

Kemunculan dari Dabbah juga merupakan tanda datangnya hari kiamat, maka kita sebagai umat islam harus dapat mempercayainya.

     AZAZIL


   Mahkluk gaib yang ada dalam ajaran islam selanjutnya adalah Azazil. Sebelum dilaknat oleh Allah, Azazil  mempunyai wajah yang rupawan, banyak ilmu, dan terbanyak dalam hal melakukan ibadah. dan menjadi pemimpin dari para malaikat, dan tragedi pun terjadi ketika Allah menciptakan Khalifah di bumi, ia adalah nabi Adam, Ketika para Malaikat diperintahkan oleh Allah untuk sujud kepada nabi Adam, Azazil tidak mau melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah, hingga Allah murka kepadanya, dan mengutuknya menjadi Iblis

Lalu Iblis pun berkata, ''Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil'' (QS Al Isra 62).
Dan kemudian Allah berfirman, ''Pergilah, barangsiapa diantara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka jahanam adalah balasanmu semua, sebagai suatu pembalasan yang cukup'' ( QS Al Isra 63 )

     Itulah beberapa mahkluk gaib yang sering kita dengar dalam ajaran agama islam, semoga dapat memberi manfaat dan dapat meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
Tag : Tauhid
Back To Top