Sifat Teladan Nabi MUHAMMAD yang menjadi contoh hidup umat manusia

    






     Nabi Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang di utus oleh Allah SWT kedunia ini, beliau dilahirkan kedunia ini untuk membawa kebaikan dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Sifat dan tingkah laku yang belia tunjukkan dalam kehidupannya, dapat menjadi contoh contoh teladan bagi kita semua. Maka dari itu kita yang mengakui beliau sebagai rasul Allah harus mencontohi sikap dan sifat sifat dari beliau


     Inilah beberapa sifat teladan rasul yang harus kita ikuti dan kita pedomani dalam kehidupan ini,

- Rasul mempunyai sifat yang sangat mulia akhlaknya, karena begitu mulianya beliau digelar dengan gelar ''Al Amin ( orang yang dipercaya ).

- Nabi Muhammad sangat penyayang kepada umatnya,  dalam sebuah riwayat dikisahkan, pada hari kiamat nanti semua manusia akan meminta pertolongan pada setiap Rasul, tapi setiap rasul yang kita jumpai semua menolak memberikan pertolongannya, hingga pada waktu itu semua manusia merasa putus asa, hingga pada akhirnya semua umat manusia akan meminta pertolongan pada Rasul yang terakhir. Hanya Nabi Muhammad yang tidak menolaknya, begitulah rasa sayang Rasul terhadap kita sebagai umatnya.

- Nabi Muhammad sangat tidak tega melihat penderitaan umat manusia, Rasul akan sangat menderita bila melihat kita berbuat dosa, itu disebabkan karena beliau mengharapkan kita mendapat petunjuk dan hidayah dari Allah. Bahkan Rasul berdoa kepada Allah agar diizinkan untuk memberi syafaat kepada umatnya.

- Rasul mempunyai sifat SIDDIQ ( jujur ) Tidak pernah berdusta dan selalu berkata benar. Mungkin inilah sifat yang paling susah kita temui jaman sekarang, Kita yang mengakui kerasulannya sepatutnya juga mengikuti apa yang telah beliau lakukan.

- Amanah ( dapat dipercaya ) Inilah sifat yang harus ditiru oleh pemimpin pemimpin zaman sekarang, Kita berharap kepada pemimpin pemimpin kita supaya dapat bersifat amanah terhadap rakyatnya, Tunjukan apa yang telah Rasul praktikkan dalam hidupnya,

- Fathanah ( cerdas ) Rasul mempunyai sifat yang cerdas dan pintar. Rasul mampu menjelaskan apa yang diwahyukan Allah kepadanya, hingga menjadi pedoman hidup umatnya.

- Mempunyai sifat rendah hati, tidak suka membanggakan diri.

- Jika ada orang yang meminta tolong tidak pernah Rasul menolaknya, dan akan senantiasa melakukannya

- Rasul sangat lemah lembut dalam bertutur kata, bila berbicara tidak cepat dan jelas. Jika berbicara kata kata beliau jelas dan terarah sehingga mudah dimengerti bagi yang mendengarkannya.

- Mudah memaafkan kesalahan orang lain, pernah pada suatu masa seorang yahudi ingin membunuh Rasul, tapi tangannya gemetar hingga tangannya tidak dapat bergerak, tapi Rasul tidak marah dan memaafkan si yahudi tersebut, hingga yahudi tadi bersujud dan memohon maaf, hingga iapun memeluk agama islam. Dan masih banyak lagi sifat sifat Rasul yang bisa menjadi pedoman hidup kita.

    Itulah beberapa sifat dan contoh teladan dari Baginda Rasulullah yang harus kita contoh dan kita praktikkan dalam kehidupan kita sehari hari, semoga dengan kita mengikuti apa yang telah beliau terapkan dalam kehidupannya kita menjadi umatnya yang patuh dan taat pada perintah agama, semoga saja kita mendapat hidayah dari ALLAH SWT. Aminn...
Back To Top