Syarat diterimanya taubat oleh ALLAH

    





     Manusia tidak pernah luput dari dosa, tapi sebaik baik manusia ialah yang tak pernah mengulangi perbuatan dosanya. Jika kita terlanjur melakukan melakukan perbuatan dosa, bersegeralah melakukan taubat kepada Allah SWT. Dalam melakukan taubat, ada beberapa syarat di terimanya taubat oleh Allah,

  - Pertama, meninggalkan perbuatan perbuatan maksiat yang  dapat menambah dosa.
  - Kedua, menyesali perbuatan dosa yang telah kita lakukan.
  - Ketiga, dengan sungguh sungguh berniat tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa.
  - Keempat, jika dosa yang dilakukan seseorang menyangkut dengan hak hak manusia, ia harus mengembalikan hak hak manusia tersebut.

     Dalam melakukan taubat kita tidak bisa main main, karena Allah tau mana taubat yang sebenar benar taubat. Sebagaimana Fiman Allah,
"Wahai orang orang yang beriman, Bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sungguh sungguh" (QS At TAHRIM, 8).
Dosa akan membuat hati manusia menjadi gelap dan berat dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sehingga menutup pintu kebaikan.

     Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan, banyak dari manusia yang terus terusan dan mengulangi perbuatan dosa, tanpa pernah menyesali perbuatan dosa yang dilakukannya. Maka ini menjadi suatu hal yang membuat taubat tidak diterima oleh Allah.

     Syarat diterimanya taubat oleh Allah selanjutnya adalah, tidak lagi mengulangi perbuatan perbuatan dosa. Dalam surat Ali Imran ayat 133-135 Allah berfirman,
"Orang bertaqwa yaitu orang orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosanya, lalu tidak mengulangi perbuatan dosanya".

     Jika perbuatan dosa yang dilakukan berhubungan dengan hak hak manusia atau mengambil daripada hak hak orang lain, maka harus mengembalikan hak hak itu tersebut, karena ini juga menjadi syarat diterimanya taubat, Maka dari itu, jika ingin taubat kita diterima oleh Allah, hendaknya kita tidak pernah mengambil apa yang tidak menjadi hak kita.

     Itulah beberapa syarat diterimanya taubat oleh Allah SWT, semoga dapat memberi mamfaat bagi kita semua. Amiin..
Back To Top