Manfaat sedekah

     Dalam kehidupan sehari hari kita banyak melihat orang orang kaya yang hidup bergelimang harta, tapi diantara mereka tidak sedikit yang memiliki sifat kikirnya. Padahal seperti yang kita ketahui, Allah SWT sangat membenci orang orang yang kikir. Karena harta yang di titipkan pada kita adalah amanah yang harus kita pertanggungjawabkan di hari akhir.

    Maka dari itu, Allah sangat menyayangi hamba hamba-Nya yang suka bersedekah. Oleh karena itu selagi kita masih diberi umur dan kekuatan, hendaklah kita memperbanyak sedekah. Dikarenakan pahala sedekah itu sangat banyak mamfaatnya. Diantara manfaat sedekah yaitu.

    1. Harta menjadi lebih berkah.

   Manfaat sedekah yang pertama adalah harta akan menjadi lebih berkah. Janganlah takut kalau banyak bersedekah akan membuat harta kita akan habis, justru Allah akan memberikan tambahan harta kepada hamba-Nya yang ihklas dalam bersedekah. Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 261 Allah  berfirman,
''Perumpamaan orang orang yang mendermakan ( sedekah ) harta bendanya di jalan Allah, seperti orang yang menanam sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan ( balasan ) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha luas ( anugerah-Nya ) lagi Maha Mengetahui.

    2. Bersedekah akan mendapat syafaat pada hari kiamat

    Di hari kiamat nanti, semua manusia tidak lagi memikirkan nasib orang lain, masing masing akan berjalan dengan amalnya masing masing, tapi bagi mereka yang suka bersedekah sewaktu di dunia maka perjalanannya di akhirat akan dipermudah oleh Allah SWT. Sungguh besar manfaat sedekah.

   3. Sedekah dapat mendinginkan panasnya alam kubur

   Manfaat sedekah yang ini sungguh luar biasa, Sedekah merupakan amalan yang tidak akan putus sampai mati, maka janganlah kita malas dalam bersedekah, sebagai mana sabda Rasulullah,
''Sesungguhnya sedekah itu benar benar dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang orang mukmin akan bernaung di bawah sedekahnya'' ( HR Thabrani )

   4. Sedekah dapat memberi keberkahan umur

   Maka oleh itu, dengan banyak bersedekah Allah SWT akan memberikan keberkahan umur kepada hambanya yang ihklas dalam bersedekah. Dan dalam sedekah itu masih banyak lagi syafaat syafaat yang Allah berikan kepada hamba hamba-Nya yang gemar bersedekah.

   5. Sedekah dapat meringankan sakaratul maut 

   Manfaat sedekah berikutnya adalah dapat meringankan sakaratul maut. Sakaratul maut itu sungguh sangat menyakitkan, bahkan kesakitannya melebihi dari seratus tusukan pedang yang menghujam tubuh manusia, maka dari itu persiapkan diri kita sebelum ajal datang menjemput kita, Janganlah menunda nunda dalam berbuat amal kebaikan karena kesibukan dunia. karena selama manusia hidup ia akan selalu merasa sibuk. dan bagi orang yang berakal dan beriman, ia akan lebih mengutamakan urusan akhirat yang pasti akan datang. sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an,
"Hai orang orang yang beriman, janganlah harta hartamu dan anak anakmu melalaikanmu dari mengingat Allah. Barang siapa yang melakukan demikian, maka mereka itulah orang orang yang rugi. Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu. Lalu ia berkata, "Ya Rabbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan  (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang orang yang shalih". Dan Allah sekali kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan" (QS, Al-Munafikun. 9-11).

   6. Sedekah dapat menghindarkan dari marabahaya

   Dengan bersedekah ALLAH akan menjauhkan orang yang bersedekah dari pada mara bahaya. kadang kadang ketika kita melakukan perjalanan jauh, sering kali kita melihat di setiap lampu merah banyak orang yang sering meminta minta, maka sisihkanlah sedikit harta kita terhadap mereka, mungkin itu akan menyelamatkan kita dari mara bahaya.

   7. Orang yang bersedekah akan masuk syurga tanpa di hisab.

   Bersedekah dengan ihklas tidak diumbar umbarkan dan tidak dengan kesombongan, dan dengan niat semua karena Allah SWT, maka Allah akan membalas dengan membuka pintu pintu surga bagi orang orang yang gemar bersedekah. ada empat pembalasan yang akan Allah berikan kepada orang orang tersebut,
  • Sedekah yang dibalas dengan sepuluh kali lipat  adalah sedekah yang diberikan kepada orang orang fakir miskin secara tulus dan ihklas.
  • Memberikan sedekah kepada sanak famili kita akan diberi balasan tujuh ratus kali lipat oleh Allah SWT.
  • Sedekah yang dibalas dengan seribu kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada orang orang yang sedang menuntut ilmu.

    Dan masih banyak lagi manfaat sedekah, maka janganlah malas dalam bersedekah, sebab sedekah dapat menolong kita di hari kiamat nanti. Makanya jangan pelit,kalau ada rezeki bagi dikit sama yang berhak. Allah pasti akan membalas-Nya. AMIIN
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top