Godaan Iblis yang sangat berat

     Sesungguhnya Iblis/syaitan itu akan terus menggoda seluruh keturunan dari anak Adam dan akan menjerumuskan kita ke dalam neraka, Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan seluruh manusia, ia begitu dengki terhadap manusia, ini dikarenakan ia telah diusir oleh Allah SWT dari surga gara gara tidak mau sujud kepada nabi Adam. Ketika melihat anak manusia melakukan perbuatan yang bermanfaat dan di ridhai oleh Allah maka iblis pun akan datang untuk menggodanya. Semakin banyak ibadah yang kita lakukan, maka akan semakin besar pula godaan yang akan kita hadapi. Dalam kitab suci Al-Qur'an Allah befirman

"Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagi kamu, maka jadikanlah ia musuh kamu.karena sesungguhnya syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala nyala" ( QS.Al-Hijr 42 )

     Perseteruan antara iblis dan manusia bersifat abadi, yaitu sampai hari kiamat tiba, itu dikarenakan iblis telah bersumpah akan menyeret seluruh anak cucu Adam untuk mengikuti langkahnya ke dalam neraka.Sebelum iblis di usir dari surga telah terjadi dialog dengan Allah sebagai mana firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Al-A'raaf ayat 11-18 yang artinya,

"Sesungguhnya kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu kami bentuk tubuhmu, kemudian kami katakan kepada para malaikat, "Bersujudlah kamu kepada Adam" Maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk yang sujud"

Allah berfirman, "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu? Iblispun menjawab, "Aku lebih baik dari padanya, Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia engkau ciptakan dari tanah"

Allah berfirman, "Turunlah kamu dari surga itu, karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. Maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang orang yang hina"

Iblis berkata, "Beri tangguhlah aku sampai waktu mereka dibangkitkan (sampai hari kiamat)

Firman Allah, "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh"

Dan iblis pun menjawab, "Karena engkau telah menghukum aku tersesat, aku benar benar akan (menghalang halangi) mereka dari jalan yang lurus"

Lalu iblis berkata lagi, "Kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka dari kanan dan kiri mereka dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur"

Lalu Allah berfirman, "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir, sesungguhnya barang siapa diantara mereka mengikuti kamu, benar benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya"

     Itulah mengapa iblis sangat membenci nabi Adam sampai dengan cucunya. iblis akan sangat bersemangat untuk menggoda manusia ketika ia melihat anak cucu Adam melakukan perbuatan kebaikan. Ada 2 macam godaan iblis yang sangat berat, yang mana dengan segala upaya iblis akan menggoda manusia untuk tidak melakukannya, yaitu;:

  1. Ketika manusia melaksanakan shalat fardhu.

Godaan iblis yang sangat berat adalah ketika manusia mengerjakan shalat. Shalat adalah ibadah pertama yang akan diperiksa di hari kiamat nanti, baik buruknya amal seseorang sangat ditentukan dari shalat fardhunya. Ketika seseorang bangun dan hendak melangkahkan kakinya untuk shalat, disinilah iblis mulai bekerja, segala tipu daya akan dikerahkan oleh para iblis. Para iblis akan berbisik untuk mengulur-ulur atau menundanya. Iblis akan menggoda seseorang ketika shalat dengan bermacam cara:


  a. Membuat salah dalam bacaan

Ini paling sering terjadi,ketika kita shalat iblis akan berusaha mengacaukan bacaan kita. ayat yang kita baca kadang kadang terbalik balik.Dalam sebuah hadis riwayat Muslim Rasulullah bersabda, telah datang kepada Rasul seorang sahabat dan bertanya, "Ya Rasulullah, sesungguhnya syetan telah datang dalam shalatku,dan membuat salah bacaanku" Rasulullah berkata, "Itulah syaitan yang disebut dengan khinzib. Apabila kamu merasa di datanginya, maka meludahlah tiga kali ke kiri dan berlindunglah kepada Allah, Aku pun melakukan hal itu dan Allah menghilangkan hal itu dariku"

  b. Membuat kita lupa rakaat

Godaan yang lain adalah membuat kita lupa akan rakaat dalam shalat, sehingga kita tidak tau lagi berapa rakaat yang telah kita kerjakan. hingga akhirnya membuat kita tidak khusyuk lagi dalam shalat. Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Dan jika salah seorang dari kalian shalat, syetan akan datang untuk menggodanya sampai ia tidak tau berapa rakaat yang telah ia kerjakan, apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam,setelah itu baru mengucapkan salam" (hr Muslim dan Bukhari)

  c. Kita merasa mengantuk

Tahanlah rasa mengantuk, karena itu datangnya dari iblis, sebagaimana sabda Rasulullah, "Menguap ketika shalat itu dari syeitan, karena itu jika kalian ingin menguap, maka tahanlah sebisa mungkin" (hr Thabrani).

  d. Mengingat sesuatu

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila dikumandangkan azan shalat, syeitan akan berlari seraya terkentut kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muazin telah selesai azan  ia kembali lagi, dan jika iqamat di kumandangkan ia berlari, apabila iqamat telah selesai ia kembali lagi, ia akan selalu bersama orang yang shalat seraya berkata padanya, "ingatlah apa yang tadi tidak kamu ingat" sehingga orang tersebut tidak tau berapa rakaat ia shalat" (hr Bukhari)

  e. Melihat kekiri dan kekanan

Tanpa kita sadari sering kali kita melihat kekiri ataupun kekanan. ini juga merupakan gangguan dari syeitan. Maka ketika kita melakukan shalat fokuslah pada satu tempat saja. yang lebih bagus pusatkan pandangan kita pada arah sujud, dengan begitu shalat kita akan terasa lebih kusyuk.

   Itulah beberapa godaan iblis ketika seseorang hamba melakukan ibadah shalat, sungguh sangat berat godaannya.

  2. Ketika manusia membaca Al-Qur'an


Godaan iblis yang sangat berat yang berikutnya adalah saat manusia membaca Al-Qur'an. Ketika seorang hamba yang membaca Al-Qur'an para iblis akan datang padanya dengan bermacam cara untuk menggodanya, oleh sebab itu hal yang sangat diinginkan oleh iblis ketika seseorang yang membaca Al-Qur'an mengacaukan bacaannya, bahkan bacaan para Nabi pun tak luput dari godaan iblis. Jika bacaan para nabi dikacaukan oleh para iblis, bagaimana dengan kita, iblis terkadang sengaja menyalahkan bacaan, mengacaukan hati dan pikiran seseorang. Tetapi jika seseorang menghadirkan hati dan kesadarannya ketika membaca Al-Qur'an maka ia akan mampu berkosentrasi.

Berapa banyak orang yang tak sanggup berlama lama ketika membaca Al-Qur'an, baru lima menit seolah olah sudah terasa seperti lima jam lamanya. tapi ketika menonton acara telivisi sanggup berlama lama. Para iblis sangat membenci bacaan Al-Qur'an, ketika mendengar teljnganya bagaikan terbakar. Maka oleh karena itu iblis akan berusaha untuk menggoda manusia untuk tidak membaca Al-Qur'an.

    Inilah dua godaan iblis yang sangat berat untuk manusia. semoga kita mampu melewatinya...
Tag : Syaitan
Back To Top