Golongan manusia yang akan protes di hari kiamat

     Di hari kiamat nanti ada empat golongan manusia yang akan melakukan protes dan meminta penagguhan saat Allah SWT melakukan pengadilan pada semua manusia. Golongan ini tidak mau diadili atas amal perbuatan mereka semasa hidup di dunia. Golongan orang orang ini memiliki alasan yang kuat hingga Allah memberikan keadilan-Nya dan kasih sayang-Nya. Inilah golongan manusia yang protes di hari kiamat.

     Orang yang tuli

 












     Golongan pertama yang akan menghadap Allah yaitu dari golongan orang orang yang tuli' orang orang ini akan protes atas kekurangannya. Mereka membela diri dengan kekurangan yang dimiliki agar tidak dijadikan penghuni neraka. Dan merekapun berkata,
"Ya Allah, sungguh islam telah datang, namun aku tak mendengar apapun tentangnya, itu karena kami tuli dan tak mendengar bahwasanya Rasulullah diutus membawa agama islam, dan kami tak tau sedikitpun tentang datangnya agama rahmatan lil alamin"

Allah menerima alasan dari golongan ini, dan mendapat penangguhan keputusan, apakah berakhir di surga atau masuk neraka.

     Orang dengan keterbelakangan mental

 












     Lalu hadir golongan yang kedua, yaitu mereka dengan alasan keterbelakangan mental, dan mereka pun berkata kepada Allah,
"Ya Allah, sesungguhnya islam telah datang, namun aku tak mengerti sama sekali apa itu islam, bahkan aku sendiri kadang kadang suka diejek oleh anak anak kecil"

Golongan ini pun membela diri, mereka tak menginginkan keterbelakangan mental pada diri mereka, oleh karena itu mereka pun tidak tau apa yang terjadi pada hidupnya di dunia. Dan orang orang ini pun meminta penangguhan, alasan mereka diterima oleh Allah, dan penangguhan pun diberikan atas golongan ini.

     Orang yang pikun semasa di dunia

Golongan yang ketiga pun datang menghadap Allah, yaitu dari golongan orang orang yang pikun. Lalu mereka berkata, "Ya Allah, agama islam telah datang namun aku tak mengerti sama sekali"
Itulah pembelaan dari orang orang yang pikun semasa di dunia. Jangankan untuk melakukan ibadah untuk melakukan aktifitas sehari hari saja mereka susah, dan Allah pun memberikan penangguhan kepada orang orang ini.

     Orang yang hidup dimasa tak ada rasul yang diutus

Dan inilah golongan yang terakhir datang meminta penangguhan pengadilan kepada Allah, yaitu mereka dari golongan orang orang yang semasa hidupnya tak ada rasul yang diutus, dan mereka berkata kepada Allah,
"Ya Allah, engkau tak pernah mengutus kepada kami seorang Rasul pun"
Memang dalam sejarah manusia ada masa masa di mana tak seorang rasul pun yang diutus untuk suatu kaum, tapi itu terjadi di masa lampau sebelum islam datang. Tapi setelah Rasulullah dan membawa ajaran agama islam tak ada lagi. karena Rasulullah di utus untuk seluruh umat manusia di dunia

     Maka keempat golongan tadi pun mendapat penangguhan. Allah kemudian memutuskan, agar mereka semua bersumpah untuk selalu taat kepada Allah. Dan mereka pun semua bersaksi dan selalu taat kepada Allah. Setelah itu mereka menghadapi satu ujian, yakni mereka diperintahkan untuk masuk ke dalam api yang menyala. Sebagian mereka dengan rasa takut tidak mau masuk, dan mereka pun ditarik dari keselamatan, dan sebagian lainnya tetap masuk ke dalam api yang menyala tadi,apalagi mereka telah bersumpah akan mentaati segala perintah Allah. Dan ketika mereka masuk api yang menyala tadi mereka rasa menjadi dingin dan tak membakar mereka. Dan mereka pun mendapat keselamatan. Allah memutuskan empat golongan tadi dengan maha adil dan bijaksana. Kisah ini disampaikan dalam hadist yang dibawa oleh Abu Hurairah, yang diriwayatkan oleh, imam ahmad, Al Bazzar, ibnu abi 'ashim dan Al Baihaqi. imam Al Baihaqi mengatakan bahwa hadist tentang empat golongan tadi merupakan  hadist dengan sanad yang sahih, demikianlah kisah tentang golongan golongan yang mendapat penangguhan di hari kiamat nanti. Wallahu 'alam bissawab.
Tag : Tauhid
Back To Top