Ibadah pembuka pintu rezeki

    
Mencari rezeki adalah kebutuhan dari setiap manusia, namun kadang kadang tidak jarang apa yang kita harapkan tidak tercapai. Mungkin tanpa kita sadari ada hal hal yang telah kita lupakan atau pun kita lewatkan dalam mencari rezeki. Karena selain berusaha dalam mencari rezeki kita juga diharuskan melakukan amalan amalan yang dapat membuka pintu rezeki. Inilah beberapa amalan yang bersumber dari Al qur'an dan Hadist yaitu ibadah pembuka pintu rezeki bagi manusia:

     Ibadah kepada Allah

Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada-Nya. Ibadah itu bukan cuma shalat lima waktu saja, ada beribu ibadah lain yang sangat disunnahkah sebagai amalan kita dalam mencari keridhaan Allah.

     Selalu dalam keadaan bertaqwa

Ini sesuai dengan firman Allah,
 "Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka sangka" (QS- Ath Thalaaq, 2-3)

     Tawaqal

Sebagaimana sabda Rasulullah, "Andaikata kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar benar tawakal, sungguh kalian akan kami beri rezeki sebagaimana burung diberi rezeki. di pagi keluar dengan perut kosong dan kembali dalam keadaan perut kenyang" ( hr- Ahmad )

     Taubat dari perbuatan dosa

Tidak mengulangi lagi perbuatan dosa yang pernah kita lakukan dan segera melakukan taubat, adalah salah satu jalan untuk melancarkan rezeki. Sabda Rasulullah
"Dan seorang hamba dicegah baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya" ( hr- at Tarmizi )

     Istigfar

Perbanyaklah beristigfar dengan menyebut nama Allah, niscaya Allah akan senantiasa membukakan pintu rezeki kepada kita sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Barang siapa yang memperbanyak istigfar maka Allah akan menghapuskan segala kedukaannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka sangka" ( hr- Ahmad dan Abu Daut ). Jadikanlah istigfar sebagai ibadah pembuka pintu rezeki bagi kita.

     Shalat sunnah Dhuha

Rajinlah melaksanakan shalat Dhuha disetiap hari, karena shalat sunnah dhuha merupakan salah satu ibadah pembuka pintu rezeki bagi manusia yang rajin menunaikannya.

     Shalat Tahajud

Shalat Tahajud yang dilakukan di sepertiga malam akan mendekatkan kita kepada Allah. Di sepertiga malam adalah waktu yang paling baik dan paling mustajab dalam berdoa, maka sebelum berdoa di tengah malam shalat Tahajud lah, Setelah itu berdoalah kepada Allah,

     Membantu saudara kita yang membutuhkan dengan sedekah

Sabda Rasulullah, "Siapa yang menunaikan hajat saudaranya, maka Allah akan menunaikan hajatnya" ( hr Muslim ), dari sabda beliau, kita sangat di anjurkan untuk dapat saling membantu sesamanya.
Sabda Rasul yang diriwayatkan oleh Bukhari, 

 "Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan karena orang orang lemah di kalangan kamu" Yang dimaksud lemah di sini ialah orang orang yang membutuhkan. Janganlah takut dalam memberi sedekah kepada orang lain yang membutuhkan, karena sedekah itu pahalanya akan terus mengalir bagi si pemberi.

     Senantiasa selalu berdoa di setiap aktivitas

Doa adalah permintaan atau permohonan kepada Allah, maka sebelum melakukan kegiatan ada baiknya kita untuk membiasakan diri berdoa. ini termasuk juga dalam ibadah pembuka pintu rezeki

     Shalawat kepada Rasulullah

Shalawat membuka pintu rezeki dari Allah bagi siapa yang sering melakukannya, Seringlah bershalawat kepada Rasulullah, karena beliau adalah pemberi syafaat kepada umatnya.

     Berbakti dan tidak durhaka terhadap kedua orang tua

Ayah dan Ibu adalah orang yang paling berjasa dalam membesarkan kita, dengan susah payah mereka mengorbankan apa saja demi anaknya. Dan janganlah sekali kali engkau menyakiti hati kedua orang tuamu, karena dosa terhadap kedua orang tua adalah salah satu dosa besar. Berbuatlah yang terbaik yang bisa membuat hati kedua orang tua kita senang, niscaya dengan keridhaan kedua orang tua Allah senantiasa akan memberi rahmat-Nya kepada kita. Dan berdoalah selalu kepada kedua orang tua kita, sebagaimana sabda Rasulullah,

"Apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya, niscaya terputuslah (Allah) untuknya" ( hr-Al Hakim dan ad Dailami ).

     Mensyukuri setiap nikmat yang diberikan Allah

Bersyukurlah apa yang telah Allah berikan kepada kita, sebagaimana firman Allah dalam surat Ibrahim ayat 7, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"
Bersyukur adalah kunci menikmati kehidupan.

     Demikianlah beberapa ibadah pembuka pintu rezeki, semoga kita dapat mengamalkannya.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top