Islam menurut bahasa dan istilah

    


     Agama islam adalah ajaran yang dibawakan oleh Nabi Muhammad dan merupakan Wahyu yang diberikan oleh Allah yang disampaikan melalui Malaikat Jibril. Agama Islam sangat indentik dengan Muslim. Dua kata berbeda artinya, Islam itu adalah agama, sedangkan Muslim adalah pengikutnya. Islam itu agama yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai nabi dan rasul terakhir untuk menjadi pedoman hidup manusia di seluruh dunia.

     Islam dalam bahasa arab juga disebut al islam yang mempunyai arti berserah diri kepada Tuhan, yaitu agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dalam Al Quran disebut juga agama Allah. Sebagaimana firman Allah,

"Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya lah berserah diri (aslama) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun dengan terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan" (qs Ali Imran 83).

     Pengertian islam secara harfiyah

Islam secara harfiyah dapat di artikan selamat, damai, tunduk dan bersih. Dari pengertian secara bahasa dapat disimpulkan yaitu agama yang membawa keselamatan di dunia dan akhirat. Islam juga mengajarkan umatnya ( muslim ) untuk menebarkan keselamatan dan kedamaian, Bahkan disaat kita melaksanakan shalat membaca doa keselamatan menjadi hal yang diwajibkan yaitu, ketika memberi dua kali salam ke kanan dan ke kiri dengan bacaan "Assalamu'alaikum warahmatullah" (semoga keselamatan dan kasih sayang Allah dilimpahkan kepadamu), itulah rukun shalat yang terakhir.

     Islam menurut bahasa

Menurut bahasa kata islam berasal dari kata Aslama, jika dikaitkan dari segi bahasanya Islam memiliki beberapa pengertian:
- Berasal dari kata SALM yang berarti damai atau kedamaian. Ini merupakan salah satu makna dan ciri dari islam. yang diajarkan kepada pengikutnya untuk senantiasa menjaga perdamaian.

 - Islam berasal dari kata ASLAMA yang berarti berserah diri atau pasrah, dalam artian di sini pasrah dapat diartikan, seseorang yang  ikhlas menyerahkan jiwa raga hanya kepada Allah SWT. Yaitu dengan berserah diri dalam menjalankan amar makruf nahi mungkar. sesungguhnya kita sebagai seorang muslim kita diminta menyerahkan diri hanya kepada Allah saja.

- Islam berasal dari kata ISTASLAMA yang berarti penyerahan total kepada Allah SWT, makna ini sebagai penguat dari kata  aslama di atas,

- Berasal dari kata SALIM  yang berarti bersih dan suci, Islam itu agama yang bersih yang mampu menjadikan pemeluknya untuk memiliki kebersihan. Allah sangat menyukai orang orang yang menjaga kebersihannya.

- Islam berasal dari kata SALAM  yang berarti selamat dan sejahtera, bermakna membawa keselamatan dan kesejahteraan.

     Tapi banyak kita lihat orang yang beragama islam yang tidak berperilaku seperti yang disebutkan diatas, berarti mereka belum mengamalkan islam dengan baik dan benar. karena islam dan muslim itu berbeda.

     Islam menurut istilah 

     Menurut istilah kata islam itu adalah ketundukan seseorang hamba kepada wahyu Allah yang diturunkan melalui Rasul. khususnya nabi Muhammad SAW, yang dijadikan pedoman hidup hukum dan aturan Allah yang dapat membimbing umat manusia pada jalan yang lurus dan benar. Secara istilah islam juga agama terakhir yang di turunkan kepada Rasulullah SAW untuk umat manusia sepanjang masa.

     Islam sebagai wahyu Ilahi

Wahyu ilahi adalah perintah Allah yang disampaikan melalui Malaikat Jibril kepada para Rasul, Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya juga menerima wahyu dari Allah. Wahyu Allah terhimpun semuanya dalam kitab suci Al-Qur'an sebagai sumber utama ajaran agama islam.

     Islam sebagai pedoman hidup

Al-Qur'an sebagai sumber utama ajaran islam  Dan Al-Qur'an menjadi bacaan wajib sekaligus panduan dalam menjalani kehidupan ini. Islam adalah pilihan jalan kehidupan. Dan al-qur'an menjadi sumber hukum bagi umat islam, membimbing manusia ke jalan yang lurus dan benar, serta dengan agama islam akan membawa kita menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

     Demikianlah penjelasan singkat tentang islam menurut bahasa dan istilah, semoga kita bisa memahami islam secara baik dan benar, semoga kita mampu mengamalkannya. 

Tag : Tauhid
Back To Top