Janji ALLAH kepada orang orang yang sabar

   

     SABAR, ini adalah satu kata yang mudah di ucapkan, tapi sulit untuk dilaksanakan. Percaya atau tidak semua orang pasti akan bilang kalau dirinya sabar, padahal kadang kadang baru sedikit ujian yang diberikan oleh Allah ia  sudah mengeluh.  Mungkin yang pantas dijuluki rajanya sabar tak lain adalah Nabi Aiyub as, bagaimana kisahnya di uji oleh Allah mungkin semua kita sudah banyak yang mendengarkannya dari ceramah para kyai dan para mubalig, nabi Aiyub adalah manusia yang paling sabar di dunia ini, ujian yang diberikan oleh Allah pada dirinya dihadapi dengan penuh kesabaran. Tak pernah ia mengeluh sedikitpun, bayangkan saja, tubuhnya yang terus dimakan ulat dan terus membusuk, tapi Nabi Aiyub tidak banyak meminta kepada Allah, beliau hanya meminta agar hati dan lidahnya tidak dimakan oleh ulat, permohonan ini beliau minta hanya karena ia bisa beribadah kepada Allah SWT. Tapi bagaimana kalau model ujian yang begini diberikan kepada kita? Mungkin saja kalau manusia yang tidak kuat iman ia akan bunuh diri.

     Dan walaupun begitu, janganlah kita berputus asa atas apa yang telah Allah berikan kepada kita, karena di balik ujian tersebut Allah yang lebih tau segalanya. Dalam kitab suci AL-QUR'AN banyak sekali ayat ayat yang menjelaskan tentang orang orang yang sabar. Allah akan menempatkan orang orang yang sabar di antara orang orang yang beriman dan bertaqwa, dan dijanjikan surga oleh Allah SWT. Dan inilah beberapa janji janji Allah kepada orang orang yang sabar, sebagaimana firman fiman Allah dalam Al-Qur'an;

     1. Orang sabar sangat dicintai oleh Allah SWT

 

  



   Jalanilah kehidupan dengan penuh kesabaran, karena Allah SWT sangat mencintai orang orang yang sabar, sebagaimana firman-Nya,
"Dan Allah mencintai orang orang yang sabar" (Qs Ali Imran-146)
Ayat tersebut dengan sangat jelas menerangkan bahwa Allah begitu menyayangi dan sangat mencintai orang orang yang sabar. Maka dari itu belajarlah untuk sabar agar kita di sayang dan dicintai oleh Allah SWT.

     2. Orang yang sabar akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT

 

   Orang yang sabar itu derajatnya lebih mulia. dan Allah pun telah berjanji akan meninggikan derajat orang orang yang sabar, hal ini Allah terangkan di dalam Al-Qur'an  surat Al-Furqan ayat 75 yang artinya,
"Mereka itulah orang orang yang dibalaskan dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya"


     3. Allah SWT memberikan pahala yang berganda tanpa batas

 

   Allah itu maha pengasih, maka siapa saja yang Allah sayangi dan Allah cintai maka akan diberikan balasan yang berlipat ganda, tak ada manusia yang bisa menilai balasan kebaikan yang di berikan kepada orang orang yang sabar.
Sebagaimana Allah katakan dalam Al-Qur'an,

"Hanya orang orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas" (qs Az-Zumar 10)
Tidak ada keraguan pada ayat tersebut, sangat jelas apa yang telah Allah katakan, bahwa Allah akan melipat gandakan pahala bagi orang orang yang bersabar atas segala cobaan yang telah diberikan-Nya.


     4. Didekatkan pertolongan oleh Allah SWT

 

   Doa orang orang yang teraniaya sangat mudah di kabulkan oleh Allah, maka dari itu apabila kita bersabar atas apa yang dilakukan oleh orang lain tarhadap kita, bersabarlah, berserahlah diri pada Allah serta memohon  pertolongan-Nya.
"Memohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar" (qs. Al-Baqarah 153)
Dari ayat di atas dapat kita pahami bahwa Allah akan senantiasa memberikan pertolongan kepada orang orang yang sabar, dan janganlah ragu ragu memohon kepada-Nya. karena Allah maha menerima segala permintaan dari hamba hamba-Nya.


     5. Selalu diberikan kelakuan yang baik baik

 

   Orang yang sabar pada hakikatnya hampir semua berkelakuan baik, jarang sekali ada orang sabar yang berkelakuan yang jahat, ini semua karena Allah telah memberikan dan menganugerahi orang orang yang sabar dengan sifat sifat yang baik. Hal ini Allah jelaskan dengan firman-Nya dalam ayat Al-Qur'an surat Al Fussilat ayat 35 yang berbunyi
"Sifat sifat yang baik itu tidak di anugerahkan melainkan kepada orang orang yang sabar dan tidak di anugerahkan melainkan kepada orang orang yang mempunyai keuntungan yang besar"
Maksudnya di sini adalah orang orang yang sabar yang akan memperoleh keuntungan yang besar.


     6. Tidak mudah tergoda dengan tipu daya

   Orang orang yang sabar akan dilindungi oleh Allah dari segala tipu daya, itu dikarenakan orang orang yang sabar tidak mudah terpengaruh dengan segala sesuatu. Mereka yang sabar tidak akan langsung mau melakukan sesuatu yang belum ia tahu, walaupun di iming iming dengan apapun. Dalam Al-Qur'an surat  Ali Imran ayat 120 Allah berfirman,
"Jika kamu memperoleh kebaikan niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana mereka bergembira karenanya, jika kamu sabar dan bertaqwa niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu, sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan"


     7. Allah akan memberikan kabar gembira bagi orang orang yang sabar

   Orang orang yang sabar tentunya akan selalu merasakan gembira dalam hidupnya, ini karena orang yang sabar tidak pernah mengeluh atas segala yang terjadi padanya. Coba kita lihat berapa banyak orang orang yang tidak sabar yang dalam segala hal, mereka selalu dihantui oleh perasaan takut, gelisah dan kadang kadang ada yang berfikir yang macam macam yang di luar kodratnya manusia. Tapi bagi mereka yang hidupnya sabar dan berserah diri kepada Allah selalu akan merasakan kegembiraan, hal ini pun Allah terangkan dalam Al Q ur'an sebagaimana firman-Nya,
"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang sabar" (QS. Al-Baqarah 155)

     8. Akan diberikan kemenangan oleh Allah

 

   Pada akhirnya inilah yang kita harapkan, yaitu kemenangan, baik itu kemenangan di dunia maupun kemenangan di akhirat.Allah SWT berfirman,
"Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini karena kesabaran mereka, sesungguhnya mereka itulah orang orang yang menang" (QS. Al-Mukminun 111)
Siapa yang tidak menginginkan kemenangan, maka jalan untuk meraih kemenangan butuh kesabaran.

   Nabi Muhammad SAW bersabda,
"Tiada henti hentinya cobaan akan menimpa orang orang mukmin dan mukminat, baik mengenai dirinya anaknya atau hartanya, sehingga kelak ia menghadap Allah SWT dalam keadaan telah bersih dari dosa" (hr Tarmizi)

   Dari hadis di atas dapat kita ambil hikmahnya yaitu, cobaan yang datang haruslah kita hadapi dengan sabar, janganlah mengeluh, karena segala cobaan yang datang menimpa manusia pasti ada hikmahnya. Begitu besar hikmah yang Allah berikan kepada orang orang yang sabar, maka dari itu belajarlah untuk bersabar.karena dunia dan alam semesta ini adalah tempat manusia diberikan ujian oleh Allah SWT.
Back To Top