Kisah Nabi Sulaiman memberi makan semua mahkluk bumi

    
Nabi Sulaiman adalah Nabi yang diutus oleh Allah dan diberi kelebihan dari pada Nabi yang lainnya. Kekayaan dan harta yang dimiliki Nabi Sulaiman begitu melimpah. Dalam satu riwat disebutkan, andaikan saja kekayaan orang orang kaya yang ada sekarang dikumpulkan semua tak akan dapat menandingi kekayaannya Nabi Sulajman, Bayangkan sendiri bagaimana melimpahnta kekayaannya.


     Hidup dengan harta yang begitu melimpah tidak membuat Nabi Sulaiman tetap beriman kepada Allah SWT. Beliau tidak kikir dan pelit, dan tidak segan segan memberikan hartanya pada yang membutuhkan. Dalam sebuah riwayat dikisahkan pada suatu masa, dengan hartanya yang begitu banyak, Beliau merasa mampu memberi makan semua mahkluk yang ada di bumi dan di langit. Dan memohonlah Nabi Sulaiman kepada Allah agar diberi kesempatan untuk dapat memberi makan mahkluk hidup yang ada dibumi walau hanya sehari. Namun Allah tidak langsung mengabulkan permohonan Nabi Sulaiman, "Sungguh , engkau (Nabi Sulaiman) tidak akan mampu"

     Namun Nabi Sulaiman tidak menyerah begitu saja, beliau tetap memohon kepada Allah agar di izinkan untuk melaksanakan tujuannya hingga Allah mengabulkan permintaannya/ Setelah permintaannya dikabulkan oleh Allah, maka segala sesuatu dipersiapkan oleh Nabi Sulaiman, beliau memberi perintah pada seluruh pasukannya, mulai dari manusia hingga jin untuk memberi tau pada seliruh mahkluk yang ada di bumi untuk menghadiri jamuan undangannya. Dan segala makananpun telah dipersiapkan.

     Menurut riwayat, Nabi Sulaiman menyediakan makanan yang cukup banyak, luas area makanan yang disiapkan memiliki panjang satu bulan perjalanan kaki, begitu juga dengan lebarnya. Setelah itu Allah bertanya pada Nabi Sulaiman, "Mahkluk manakah yang akan memulai (memakan makanan yang kamu sediakan)" Nabi Sulaiman menjawab, "Mereka yang mendarat di darat dan di laut" Dengan kekuasaan-Nya Allah memerintahkan seekor ikan besar untuk pertama kali memakan  makanan yang disediakan Nabi Sulaiman. Alangkah terkejutnya Nabi Sulaiman ketika ikan yang besar tadi melahap semua makanan yang disediakannya, Ikan itupun berkata padanya, "Hai Sulaiman, kenyangkanlah perutku ini, karena aku masih lapar" Mendengar perkataan ikan tersebut Nabi Sulaiman langsung sujud dan memohon ampunan kepada Allah, karena merasa sombong dan mampu memberi makan semua mahkluk dibumi ini, nyatanya satu ekor ikan saja Nabi Sulaiman tak sanggup.

     Hikmah yang dapat di ambil pelajaran dari kisah Nabi Sulaiman adalah, Kekayaan itu milik Allah, tak ada yang bisa menandingi kekayaan-Nya. Allah yang Maha kaya. Kita sebagai hamba-Nya hendaklah tidak sombong dan kikir jika diberi kekayaan, karena harta itu adalah titipan Allah yang di berikan pada kita.
Tag : Tauhid
Back To Top