Manfaat gerakan shalat untuk kesehatan

    
Shalat fardhu yang kita laksanakan lima kali dalam sehari semalam bukan saja perintah Allah yang harus dikerjakan, tetapi lebih daripada itu, bahwasanya dalam setiap gerakan shalat begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Shalat itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu, Shalat fardhu dan shalat sunnah. Shalat fardhu adalah shalat lima waktu yang harus kita laksanakan, dan apa bila kita tinggalkan akan berdosa, sedangkan shalat sunnah akan berpahala jika mengerjakannya.

     Pada saat kita mengerjakan shalat akan ada gerakan gerakan yang harus dilakukan sebagai keharusan untuk sahnya dari shalat itu. Dan di setiap shalat gerakan yang kita lakukan secara tidak langsung akan memberikan dampak kesehatan bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat gerakan shalat yang memberi dampak kesehatan bagi tubuh manusia:

     Takbiratul ihram

Ini adalah gerakan pertama yang akan kita lakukan, gerakan ini adalah mengangkat tangan sejajar dengan bahu atau telinga, selanjutnya didekapkan dibawah dada atau perut. Gerakan takbiratul ihram akan memperlancar aliran darah dan getah bening di dalam tubuh.

     Ruku'k

Selanjutnya ada rukuk yaitu gerakan membungkuk 45 derajat dengan posisi tangan membentuk siku dengan menahan ke bagian paha atau lutut kaki. Manfaat dari gerakan ruku'k ialah untuk menjaga struktur tulang belakang, dan juga menjaga posisi saraf pusat  tetap terjaga.selain itu dapat melancarkan darah ke seluruh anggota tubuh

     I'tidal

Gerakan i'tidal dapat membuat sistem pencernaan kita menjadi tetap terjaga kesehatannya,
ini dikarenakan gerakan itu. bermacam macam organ yang terdapat di dalam melakukan gerakan itu perut kita serasa sedang di pijit.

     Sujud

Gerakan sujud dilakukan dengan dahi menyentuh lantai dan posisi kedua kaki di tekuk, posisi tangan juga menyentuh lantai. Dengan posisi seperti ini posisi otak akan berada di bawah jantung, posisi ini dapat membuat aliran darah yang cukup lancar menuju otak, sehingga membuat daya berfikir seseorang akan menjadi lebih baik. Sangat disarankan ketika melakukan sujud hendaknya tidak tergesa gesa.

     Duduk antara dua sujud

Posisi duduk antara dua sujud memberi manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian pangkal paha, yang membuat seseorang susah berjalan, dengan melakukan gerakan ini akan menjadi terapi bagi kesehatan tubuh kita.

     Duduk tahiyatul akhir

Pada posisi duduk tahiyatul akhir posisi kaki sebelah kiri berada di bawah kaki kanan, pada posisi ini sangat baik untuk menekan kandung kemih, serta kelenjar kelamin pria, jika benar melakukan gerakan tersebut akan dapat mencegah penyakit impotensi.

     Salam

[ni adalah gerakan terakhir dalam shalat, melakukan salam dua kali dengan memutar kepala ke kanan dan kiri, gerakan ini bermanfaat untuk merenggangkan otot bagian leher dan kepala, serta dapat menyempurnakan aliran darah pada bagian tersebut serta dapat juga mencegah sakit kepala.

     Demikianlah manfaat gerakan shalat untuk kesehatan, maka dari itu lakukanlah dengan benar gerakan gerakan tersebut, niscaya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Back To Top