manfaat shalat fardhu untuk kesehatan

     Shalat fardhu yang kita laksanakan lima waktu dalam sehari semalam adalah perintah dan ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT untuk semua orang yang beragama islam, Tapi taukah kita bahwa shalat yang kita laksanakan itu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat shalat fardhu untuk kesehatan:

     

Shalat Subuh

Di waktu pagi hari udara begitu sejuk, udaranya masih bersih sehingga sangat baik untuk kesehatan paru paru. Dan organ tubuh inilah yang mengatur oksigen dalam tubuh kita. Dan baiknya lagi otak pun akan bekerja secara maksimal, Menurut penelitian para dokter di paru paru manusia ada proses yang disebut DETOKSIN yaitu; proses pembuangan zat racun di dalam tubuh manusia pada waktu pagi hari, proses ini terjadi antara jam 3 sampai jam 6 pagi. Makanya jangan malas bangun diwaktu pagi untuk melaksanakan shalat subuh, manfaatnya luar biasa.

     Shalat Dhuhur

Shalat itu penuh dengan kebaikan, bukan hanya sehat untuk paru paru saja. Shalat dhuhur yang kita kerjakan di waktu siang hari memberi manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan jantung dan usus kecil. Waktu dhuhur biasanya orang orang penuh dengan kesibukan yang mana membuat kita kadang kadang merasa stres. Shalat dhuhur bisa menjadi relaksasi karena air wudhuk mampu menyejukkan dan menormalkan panasnya jantung, Ketika jantung bekerja dengan normal akan mempermudah kerja organ lainnya, karena tugas jantung adalah memompa darah yang dialirkan  ke seluruh anggota tubuh, sehingga sari makanan yang dibutuhkan tubuh bisa dialirkan dengan lancar. Setelah shalat dhuhur pasti kita merasa segar, segala kepenatan akan hilang. Sesibuk apapun jangan tinggalkan shalat.

     Shalat Ashar

Shalat Ashar dapat menyehatkan kandung kemih. Di waktu ini akan terjadi proses perubahan hawa yang ada di tubuh dengan hawa di sekitar kita, dan akan terjadi proses penyesuaian. Kandung kemih berfungsi sebagai pengubah cairan tubuh menjadi urine (air seni) dan membuatnya keluar dari tubuh kita. Jika kadung kemih bekerja dengan baik maka proses pengeluaran zat kimia dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Bayangkan saja, andaikata kandung kemih tidak bekerja secara maksimal, maka penumpukan racun di dalam kandung kemih akan menumpuk, dan ini kadang kadang bisa menyebabkan batu karang, jangan tinggalkan shalat ashar ya.

     Shalat Magrib

Shalat magrib dapat menjaga kesehatan ginjal. Pada saat waktu memasuki magrib perubahan cuaca kembali terjadi, suhu udara akan semakin menurun, dan tubuh kembali harus menyesuaikannya. Dengan shalat magrib perubahan cuaca bisa dicegah, sehingga organ tubuh yang lain akan bekerja dengan optimal.

     Shalat Isya

Pada saat memasuki waktu isya perubahan cuaca menurun drastis, saatnya tubuh untuk menyesuaikan organnya. Inilah waktu pendinginan dan relaksasi bagi tubuh, setelah seharian otot otot bekerja. Dengan shalat isya akan membuat jantung sehat, energi yang berlebihan di jantung akan dibuang.

     Demikianlah beberapa manfaat shalat fardhu untuk kesehatan. Bagi yang ingin hidup sehat lakukanlah shalat fardhu tepat waktu, dan jangan pernah meninggalkannya. Shalat lima waktu merupakan wahyu Allah yang diterima langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Ketika manusia meninggal maka amalan pertama yang akan ditanya adalah shalatnya, apabila shalatnya baik maka amalan yang lain akan menyertainya.
Back To Top