adab ketika makan

     Makan dan minum adalah kebutuhan manusia dalam menunjang kehidupannya, adapun kita sebagai muslim sebaiknya mengetahui dan mengerti tata cara serta adab ketika makan atau minum. Dan dalam agama kita menganjurkan agar makanan yang kita makan haruslah halal, agar makanan yang kita makan dapat menjadi darah daging yang baik bagi tubuh kita. Hal ini sudah di jelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya,
"Makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya kepadaNya saja menyembah" (QS-An Nahl,114)

     Dalam arti kata adab adalah mempunyai tata krama serta sopan santun, dan di dalam islam Rasulullah telah memberi contoh bagaimana tata cara makan dan minum yang sesuai dengan hukum islam, oleh karena itu kita yang mengaku sebagai umatnya hendaklah mengikuti apa yang telah di contohkan oleh Rasulullah. Maka dan minum hendaklah diawali dan diakhiri dengan bacaan doa, agar makanan dan minuman menjadi barakah bagi kita. Allah SWT memberikan kebebasan bagi manusia untuk menikmati segala makanan dan minuman yang baik yang ada di muka bumi ini, selama tidak ada batasan yang melarangnya. Sebagaimana firman Allah SWT,
"Hai orang orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas" (QS-Ali Imran-147)

     Adapun adab makan dan sesudahnya yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut;

1. Adab sebelum memulai makan

* Mencuci tangan
* Membaca basmalah, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah,
"Apabila salah seorang diantara kalian hendaklah menyebut nama Allah pada awalnya, hendaklah ia mengucapkan bismillahi awwaluhu wa akhirahu" (hr Abu Daud)
* Membaca doa, inilah doa makan yang sering dibacakan oleh umat islam.
"Allahumma bariklana fimarazaqtana waqina 'azabannar"

2. Adab ketika sedang makan dan inum


- Hendaklah ketika sedang makan dan minum dalam keadaan duduk.
- Sebaiknya jangan berbicara ketika sedang makan.
- Makanan yang kita pegang sebaiknya menggunakan tangan kanan.
- Janganlah makan sambil berjalan.
- Makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan, Rasulullah bersabda,
    "Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau dia harus mengisinya maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas"(hr-Ibnu Majah dan Muslim)
- Tidak membicarakan hal hal yang buruk.
- Jika kita makan di tempat undangan, hendaklah mengambil makanan yang ada yang berdekatan dengan kita, janganlah mengambil makanan yang jauh dari kita.
- Janganlah mengatakan hal hal yang tidak baik terhadap makanan, apalagi sampai mencela makanan, tapi sunnah untuk memuji makanan yang akan kita makan.

3. Adab setelah selesai makan


- Setelah kita selesai makan dan minum, janganlah lupa untuk membaca doa dan mengucapkan "Alhamdulillah" sebagai rasa syukur kita kepada Allah atas apa yang telah di berikan kepada kita.
- Dan yang terakhir mencuci tangan.

 Demikianlah penjelasan singkat tentang adab ketika makan, semoga kita dapat mengambil hikmahnya.
Back To Top