Keutamaan shalat berjamaah

     Shalat berjamaah sangat banyak manfaatnya dan akan dilipat gandakan pahala oleh Allah SWT. Maka dari itu, sekiranya tidak ada halangan bagi kita untuk melaksanakannya, sebaiknya jangan pernah untuk meninggalkannya, karena Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat kepada hamba hamba-Nya yang mengerjakan. Shalat berjamaah memiliki keutamaan dibandingkan dengan shalat sendirian, dengan selisih pahala 27 derajat. Dan apabila seseorang yang datang ke masjid lebih awal dengan niat untuk melakukan shalat berjamaah, tapi belum datang waktunya, dan orang tersebut menunggu datangnya waktu untuk shalat berjamaah, maka ia akan mendapat pahala dan do'a dari para malaikat. Begitu juga dengan orang yang keluar dari rumahnya, dan pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat berjamaah, maka setiap langkah yang ia gerakkan akan mendapat pahala.



   
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda,
"Shalat seseorang dengan berjamaah lebih banyak pahalanya daripada shalat sendirian di pasar atau di rumahnya, yaitu selisih 20 sekian derajat. Sebab seseorang yang telah menyempurnakan whudunya kemudian pergi ke masjid dengan tujuan untuk shalat, tiap ia melangkah dengan satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya, sampai ia masuk masjid. Apabila ia berada dalam masjid, ia dianggap mengerjakan shalat selama ia menunggu hingga shalat dilaksanakan. Para Malaikat lalu mendo'akan orang yang senantiasa di tempat ia shalat. "Ya Allah, kasihanilah dia , ampunilah dosa dosanya, terimalah taubatnya." Hal itu selama ia tidak berbuat kejelekan dan tidak berhadats." (HR Bukhari dan Muslim)

     Dalam riwayat lainnya Rasulullah melaksanakan shalat subuh berjamaah, setelah selesai beliau bertanya, "Apakah ada yang melihat si fulan? "Ya" jawab para sahabat, Lalu beliau berkata, "Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang orang munafik adalah shalat isya dan subuh, seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada dalam dua shalat tersebut , niscaya mereka akan mendatangi sekalipun dengan merangkak, Saf (barisan) pertama adalah seperti safnya para Malaikat, seandainya kalian mengetahui keutamaannya, niscaya kalian akan bersegera menyonsongnya, sungguh shalatnya seseorang bersama dua orang adalah lebih baik ketimbang dengan satu orang, dan shalatnya seseorang dengan seorang adalah lebih baik dari sendirian, semakin banyak jumlahnya akan lebih di cintai oleh Allah SWT." (HR. Ahmad)

     Inilah keutamaan shalat berjamaah

 

   1. Pahala dalam melangkahkan kaki

 

Dalam banyak ceramah mungkin kita sudah banyak mendengar tentang masalah yang satu ini, bahwasanya setiap langkah yang kita gerakkan pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat berjamaah, maka setiap langkah itu akan dihitung pahalanya oleh Allah SWT, dan setiap langkah akan di hapus satu dosa dan dinaikan satu derajat lebih tinggi untuk orang yang mengrjakan shalat berjamaah.

   2. Akan di do'akan oleh Malaikat

Seseorang yang menunggu shalat, tepatnya dari masuk masjid sampai waktu shalat, maka dia bakal di do'akan oleh para Malaikat, "Ya Allah, Ampunilah dia, Ya Allah  ampunilah dia" Tanpa henti henti para Malaikat mendoakan orang yang mengerjakan shalat berjamaah hingga selesai ia mengrjakannya. Bagaimana rasanya di doakan oleh para Malaikat, sungguh hal yang luar dari keutamaan shalat berjamaah.

   3. Akan mendapat naungan di hari kiamat

Hari kiamat itu begitu pedih, semua orang pada masa itu tak tau harus berbuat apa. Di kisahkan pada saat itu matahari tepat berada sejengkal di atas kepala manusia, tak terkira betapa panasnya yang akan membakar kulit manusia, bayangkan saja, panas yang sekarang saja banyak manusia yang mengeluh. Tapi nanti di hari kiamat orang orang yang hatinya selalu terikat dengan masjid dan selalu mengerjakan shalat berjamaah, niscaya akan mendapat naungan dari Allah SWT.

   4. Pahala menunggu waktu datangnya shalat

Banyak sekali kita lihat sekarang orang orang datang ke masjid pas waktu sudah dilaksankannya shalat, sehingga banyak orang yang akan terburu buru, dan ingin cepat selesai shalatnya. Tapi tahukah kita, bahwasanya menunggu datangnya waktu shalat berjamaah akan mendapat pahala yang besar, jadi alangkah baiknya kita datang lebih awal dan menunggu datangnya waktu shalat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Orang yang menunggu shalat di masjid diberi pahala seperti seperti sedang shalat" (hr-Bukhari). begitu besar pahala bagi orang orang yang menunggu datangnya shalat, dan lebih baiknya lagi, kita menunggu dengan memperbanyak berzikir atau istigfar di dalam masjid.

   5. Dido'akan oleh Malaikat ketika di saf terdepan

 

Orang orang yang datang lebih awal tentu akan berada di saf yang terdepan, hal ini akan lebih utama, karena para Malaikat akan senantiasa berdo'a, Sebagaimana sabda Rasulullah, "Sesungguhnya para Malaikat akan memberi shalawat kepada orang orang yang berada di saf pertama" (hr-Ibnu Hibban). Lalu para sahabat bertanya, "Apakah kepada orang orang yang berada di saf kedua wahai Rasulullah" kemudian Rasulullah menjawab, "Juga kepada orang orang yang berada di saf kedua" (hr, Ahmad dan Ath-Thabrani)

   6. Shalat subuh berjamaah akan mendapat 119 pahala

 

Inilah shalat berjamaah yang paling sedikit jumlahnya, maka pantaslah Allah memberikan pahala yang berlipat bagi orang orang yang mengerjakan shalat subuh berjamaah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW,
"Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali di bandingkan shalat sendiri" (hr-Muslim)

   7.Shalat isya berjamaah mendapat pahala 59 kali lipat

Sabda Rasulullah, "Seseorang yang mengerjakan shalat isya berjamaah maka ia akan mendapatkan pahala 59 kali lipat" (hr-Muslim)

   8. Shalat dhuhur, ashar, magrib berjamaah akan mendapat 27 pahala

Dalam hadis lainnya Rasulullah SAW bersabda,
"Kalau shalat dhuhur jamaah, shalat ashar jamaah, dan shalat magrib jamaah, maka masing masing dilipat gandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara berjamaah" (hr- Muslim)

   9. Dihindarkan dari sifat munafik

Orang orang munafik sangat sulit untuk mengerjakan shalat subuh secara berjamaah, orang yang mengerjakan shalat subuh berjamaah niscaya akan terhindar dari sifat munafik. Tak ada shalat yang paling berat bagi orang orang munafik, selain shalat subuh dan shalat isya. Rasulullah SAW bersabda,
"Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam ke dua shalat itu, pastilah mereka mendatangi kedua shalat itu walaupun dengan merangkak"(hr-Bukhari)

   10. Mendapat pahala ketika sakit

Inilah kelebihan dari shalat berjamaah, apabila kita tidak pernah meninggalkannya, niscaya jika kita sedang sakit dan tidak dapat menghadiri shalat berjamaah, maka Allah akan memberikan pahala seperti orang orang yang mengerjakan shalat berjamaah, ini dikarenakan kita tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah.
"Ketika sakit dan tidak bisa pergi ke masjid (tapi sudah terbiasa ke masjid) Pada saat tidak ke masjid dan kita shalat di rumah, kita akan dapat pahala yang sama seperti waktu shalat di masjid" (HR-Abu Daut)

   11. Di ampuni dosa dosanya oleh Allah

 

 Rasulullah bersabda,
"Jika imam mengucapkan "ghairill magdhubi'alaihim waldhalliiin" maka ucapkanlah "amiin" karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan "amiin" bersamaan dengan ucapan Malaikat maka ia akan di ampuni dosa dosanya yang telah lalu"

   12. Tumbuhnya rasa persaudaraan antara sesama insan

Seseorang yang rutin melaksanakan shalat berjamaah, akan merasakan indahnya persaudaraan. Andaikan satu waktu saja orang yang terbiasa mengerjakan shalat berjamaah tidak hadir, pastilah orang orang yang sering seperti dia akan menanyakan ke mana orang tersebut, kalau seandainya ia sakit, pastilah ia akan di do'akan oleh saudara saudaranya, semoga ia lekas sembuh. sungguh sangat indah persaudaraan itu.

     Selain keutamaan dari shalat berjamaah yang tersebut di atas, masih banyak lagi kelebihan kelebihan yang terdapat di antaranya:

- Akan menjadi syiar bagi masyarakat luas, dengan shalat berjamaah akan menjadi media dakwah.
- Memperkuat ukhuwah sesama umat muslim.
- Dapat terjalinnya hubungan silaturrahim
- Kita akan merasakan kesetaraan di hadapan Allah bahwa kita semua sama
- Mengajarkan kita untuk disiplin

Dan masih sangat banyak kelebihan dan keutamaan shalat berjamaah, maka alangkah baiknya untuk sering dan kalau bisa jangan pernah untuk meninggalkannya.
Back To Top