Dosa suami terhadap istri

     Suami adalah kepala dalam rumah tangga, maka jika suami itu baik maka baiklah rumah tangga itu. seorang suami harus bisa memberi contoh yang baik terhadap istrinya serta terhadap anak anaknya. Karena itu setiap suami harus tahu tugas dan fungsinya di dalam keluarga. Suami adalah tulang punggung dalam keluarga, suami bertugas mencari rezeki untuk menafkahi kebutuhan hidup keluarganya, serta suami berkewajiban melindungi keluarganya dari segala ancaman. Dan alangkah celakanya jika seorang suami tidak tahu tugas dan kewajibannya. Memberi nafkah lahir dan bathin terhadap istrinya adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh seorang suami. Namun begitu ada baiknya kita tahu apa saja yang membuat suami itu berdosa jika meninggalkan atau pun tidak menjalankan perintah yang diwajibkan terhadapnya. Tetapi kadang kadang suami sering tidak sadar terhadap sikapnya yang disepelekan terhadap istrinya. Inilah beberapa dosa suami terhadap istri.


Suami yang tidak mengajari istrinya tentang ilmu agama

   Yang pertama adalah tidak mengajari istrinya tentang ilmu agama. Inilah dosa yang paling sering dilakukan oleh seorang suami terhadap istrinya, banyak suami yang tidak peduli tentang hal ini. Tanggung jawab suami terhadap istri selain dari kewajiban memenuhi nafkah lahir dan bathin adalah mendidik dan mengajari istrinya tentang ibadah dan selalu mengingat kepada Allah SWT. Karena istri menjadi tanggung jawab seorang suami nanti di hari akhirat. Bagaimana mengajari seorang istri, tentunya seorang suami sendiri harus tau tentang ilmu agama.Dan ilmu yang telah diperolehnya wajib di ajarkan kepada istrinya, selalu mengingatkan dan mengajak istrinya untuk selalu melakukan kewajiban hamba terhadap yang Maha Kuasa. hal ini sebagaimana firman Allah,

"Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat, dan bersabarlah kamu dalam menjalankannya" (QS-Ta-Ha, 132)

   Rasulullah mengatakan dalam sabdanya, "Takutlah kamu kepada Allah dalam memimpin istri istrimu karena mereka sesungguhnya adalah amanah yang berada disampingmu, barang siapa yang tidak yang  tidak menyuruh shalat kepada istrinya dan tidak mengajarkan ilmu agama kepada istrinya maka ia telah berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya"
Maka dari itu bagi seorang laki laki yang sudah menikah hendaknya betul betul mengerti tentang masalah ini, karena tidak sedikit orang yang menyepelekan hal ini.

Membuka aib istri

   Kewajiban suami selanjutnya adalah menjaga kehormatannya, janganlah sekali kali membuka aib istri kepada orang lain. siapapun ia walaupun itu keluarganya sendiri. karena manusia itu tidak ada yang sempurna, sehingga seorang suami tidak boleh menceritakan aib istrinya kepada orang lain. Dan seorang suami yang bijak akan selalu bersabar dan menerima segala kekurangan dari istrinya. Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad SAW bersabda,
"Sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah suami yang menunaikan hajatnya pada istrinya dan istri yang menunaikan hajat pada suaminya, lalu suami tersebut menceritakan rahasia istrinya" (hr-Muslim)
Dari hadis di atas sudah sangat jelas di terangkan oleh Rasulullah, bahwa seorang suami wajib untuk tidak menceritakan aib dari istrinya kepada orang lain. Di dalam hadis yang lain juga di sebutkan.
"Janganlah seorang suami muslim membenci seorang istri, jika si suami tidak menyukai suatu akhlak pada istrinya, maka hendaklah ia melihat sisi lain yang dia ridhai" (hr-Muslim)


Tidak memberi nafkah istri

   Dosa suami terhadap istri yang tidak memberikan nafkah istrinya. Ini adalah yang menyangkut dengan kebutuhan lahir dan bathin, dan yang paling utama adalah nafkah lahir, yaitu segala kebutuhan rumah tangga, baik pangan maupun sandang sesuai dengan kemampuan dari si suami. Dan akan menjadi sebuah dosa besar jika suami tidak menanggung nafkah yang ini terhadap istrinya. dan diwajibkan atas suami untuk mencari rezeki untuk kebutuhan keluarganya. Walaupun istri diperbolehkan mencari rezeki asalkan dengan niat membantu suaminya. dan hendaklah jika seorang istri bekerja, maka usahakan agar tempat si istri bekerja terhindar dari fitnah. Tapi jika seorang suami membiarkan istrinya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sedangkan si suami hanya menghabiskan waktu pada hal hal yang tidak ada gunanya, maka sungguh suami itu telah melakukan dosa. ini termasuk dosa dosa suami terhadap istri.


Berbuat kasar terhadap istrinya

   Dan hendaklah seorang suami selalu santun terhadap istrinya, janganlah mengeluarkan perkataan yang menyakiti hatinya, apa lagi sampai harus memukul istrinya hanya karena masalah masalah yang sepele. Perbuatan tersebut hanya dilakukan oleh orang orang yang kurang ilmu agama. maka seorang suami yang baik akan selalu melembutkan kata kata dan tutur sapa terhadap istrinya.


Membiarkan istri berbuat maksiat

   Dosa suami terhadap istrinya yang terakhir adalah membiarkan istrinya berbuat maksiat. Janganlah sekali kali suami membiarkan istrinya melakukan perbuatan maksiat, karena seperti yang kita jelaskan di atas tadi, seorang suami wajib mengajari dan mendidik istrinya, agar selalu dalam "Amar makruf nahi mungkar" jangan pernah membiarkan istri untuk berbuat maksiat.


Demikian beberapa dosa suami terhadap istri, semoga seorang suami mampu menjaga istrinya, agar dirinya terhindar dari dosa yang dapat mejerumuskan ke dalam neraka.
Tag : Siksaan
Back To Top