hadis tentang keutamaan puasa

     Puasa adalah rukun islam yang ke lima, yaitu rukun yang wajib kita kerjakan selaku kita umat islam. Puasa yang diwajibkan bagi umat islam adalah puasa Ramadhan, dan bagi yang telah cukup syarat wajib mengerjakannya, banyak ayat serta hadis yang menerangkan tentang keutamaan puasa bagi kita selaku umat islam. yang di antaranya,





    "Wahai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa diantara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari hari yang lain. Wajib bagi orang orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya, berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahuinya. (beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barang siapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari hari yang lain, Allah menghendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak menghendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kalian supaya kalian bersyukur (QS- Al-Baqarah, 183-185).

     Allah SWT dan Rasulullah telah menerangkan bermacam macam tentang keutamaan puasa, yang di antaranya adalah:

     Ampunan dan pahala yang sangat besar bagi orang yang berpuasa. Allah menyebutkan sejumlah orang orang yang beramal shalih, yang di antara mereka adalah para laki laki dan perempuan yang berpuasa, kemudian memberikan ampunan dan pahala bagi mereka, yang diterangkan oleh firma-Nya.  "Allah telah menyediakan untuk mereka, ampunan dan pahala yang besar" (qs-Al-Ahzab 35)
     Puasa sebagai ibadah yang akan membentangi diri dari siksa api neraka. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam al Bukhari dan Muslim, bersabda Rasulullah  "Dan puasa adalah perisai, bila salah seorang dari kalian berada pada hari puasa, janganlah ia berbuat sia sia dan janganlah ia banyak mendebat. Kalau orang lain mencerca atau memusuhinya, hendaklah ia berkata,
"Aku sedang berpuasa"

     Puasa sebagai penghalang dan pemutus syahwat, hal ini diterangkan dalam hadis Rasulullah, yang artinya,

"Wahai sekalian pemuda, barang siapa diantara kalian yang mampu menikah, hendaklah ia menikah karena hal tersebut lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan, dan barang siapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa karena sesungguhnya (puasa itu) adalah pemutus syahwatnya" (hr- Bukhari-Muslim)

     Akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah, puasa itu itu memerlukan keihklasan dan kesabaran, sabar itu terbagi dalam tiga hal, yaitu, sabar dalam hal meninggalkan segala larangan-Nya, sabar dalam menerima segala ketentuan dari Allah, serta sabar dalam menjalankan perintah dari Allah.

     Hadis tentang keutamaan puasa yang lain Rasulullah bersabda,

"Setiap amalan anak Adam, dilipat gandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman, "Kecuali puasa, sesungguhnya (amalan) itu adalah (khusus) bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya karena (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku" Bagi orang yang berpuasa, ada dua kegembiraan , kegembiraan ketika ia berbuka puasa dan kegembiraan ketika ia berjumpa dengan Rabb-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau kasturi" (Hr, Muslim)

     Di dalam bulan ramadhan sangat banyak hal yang bisa dijadikan untuk memperbanyak amalan kita kepada Allah SWT. hal ini diterangkan oleh hadis yang berbunyi,

"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barang siapa yang shalat di malam lailatul qadr karena iman dan mengharap pahala, akan di ampuni dosa dosanya yang telah lalu" (hr, Bukhari dan Muslim)

     Hadis tentang keutamaan puasa lainnya juga diterangkan tentang keutamaan puasa,

"Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang disebut Ar-Rayyan, yang akan dimasuki di hari kiamat oleh orang orang yang melaksanakan puasa, tidak ada seorangpun yang bisa masuk darinya selain mereka. Dikatakan (pada hari kiamat); mana orang orang yang berpuasa? Maka mereka pun bangkit (untuk masuk surga melalui pintu Ar-Rayyan), tidak seorang pun yang bisa masuk darinya selain mereka, apabila mereka telah masuk pintu itu di tutup, maka tidak seorang pun bisa masuk darinya" (Hr, Bukhari-Muslim)

     Dan masih banyak lagi hadis tentang keutamaan puasa. Sungguh Allah sangat memuliakan hamba hamba-Nya yang menjalankan ibadah puasa, maka dari itu, janganlah untuk tidak mengerjakan ibadah puasa, karena Allah telah menjanjikan balasan bagi orang orang yang menjalankan ibadah puasa.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top