perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa

     Dalam setiap ibadah kita tentu berlomba untuk mendapatkan pahala, namun tidak sedikit apa yang kita lakukan akan sia sia dikarenakan kita tidak mengerti apa yang dapat mengurangi pahala kita, di dalam bulan suci Ramadhan ini kita juga berlomba untuk mendapat ridha dan pahala dari Allah SWT, maka dari itu ada baiknya kita mengetahui hal hal serta apa saja yang dapat mengurangi pahala puasa. Walaupun puas itu hukumnya wajib, kita hendaknya dalam menjalankan ibadah itu hendaklah mengerti tentang tata cara dan apa saja yang dapat mengurangi dari pahala puasa. Berpuasa di sini adalah seperti puasa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, berpuasa karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT dengan niat yang ihklas. Inilah beberapa perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa.

   Yang pertama adalah berbohong atau berdusta, ini sering kali dilakukan oleh kita yang menganggap ini adalah hal yang sepele, Padahal nabi sangat membenci perbuatan ini, hal ini sebagaimana sabda beliau,

   "Sesungguhnya kejujuran akan membimbing menuju kebaikan, dan kebaikan akan membimbing menuju surga. Sesungguhnya seseorang akan bersungguh sungguh berusaha untuk jujur, sampai akhirnya ia menjadi orang yang benar benar jujur, dan sesungguhnya kedustaan akan membimbing menuju kejahatan dan kejahatan akan membimbing menuju neraka, Sesungguhnya seseorang akan bersungguh sungguh berusaha untuk dusta sampai akhirnya ia benar benar tertetapkan di sisi Allah sebagai pendusta" (HR. Bukhari)

   Mengadu domba. Perbuatan ini sangat di benci oleh Allah SWT, karena sifat ini hanya akan menghancurkan sesama manusia itu sendiri. Dan hal ini sering kali terjadi di akhir akhir ini seperti yang sering kita lihat saat saat kampanye politik, semua saling menjelekkan antara satu dengan yang lainnya. semua merasa diri yang paling benar, padahal di balik itu semua terdapat dosa yang sangat besar. maka jauhilah perbuatan ini agar tidak berkurang pahala dari puasa kita.

   "Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah" (QS, Al-Qalam,10-11)

   Perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa yang selanjutnya adalah Melihat aurat. Melihat aurat dapat mengurangi dari pahala puasa yang kita kerjakan. maka dari itu jauhilah dari hal hal yang dapat menjerumuskan kita untuk melihat aurat orang lain. Apa lagi di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, semua bisa di akses dengan begitu mudah. Jaringan internet itu bagaikan pisau yang kita pegang, ia bisa digunakan untuk hal hal yang baik, tapi apabila ia di salah gunakan, maka ia akan menjadi senjata yang mematikan. Lihat saja di era sekarang, berapa banyak anak yang jadi korban dari internet, mereka begitu mudah mengakses konten konten porno melalui Handphone atau Laptop mereka. Ini juga termasuk dalam perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa.

   Bersumpah palsu, Perbuatan ini sangat dilaknat oleh Allah SWT. janganlah pernah melakukan perbuatan ini, apa lagi melakukan nya di bulan suci Ramadhan. apalagi jika bersumpah dengan menyebut nama Allah. Jauhilah dari perbuatan ini jika tidak ingin pahala kita berkurang.

   Dari Abdullah bin Amr dia berkata seorang arab badui datang kepada Rasulullah lalu berkata, "apakah dosa dosa besar itu? lalu Rasulullah menjawab, "isyrak (menyekutukan sesuatu) dengan Allah" lalu dia bertanya lagi "kemudian apa lagi? beliau menjawab "durhaka kepada kedua orang tua" lalu dia bertanya lagi, "lalu apa lagi? dan Rasul pun menjawab "Sumpah yang menjerumuskan" Aku bertanya, "apa sumpah yang menjerumuskan itu? dan beliau menjawab "Sumpah dusta yang menjadikan dia mengambil harta seorang muslim" (hr-Bukhari)

   Ghibah, melakukan ghibah, yaitu membicarakan kejelekan orang lain, jagalah diri dari hal hal yang seperti ini, karena perbuatan ini selain dapat mengurangi pahala puasa juga akan berdampak buruk bagi kita sendiri, perbuatan ini sangat disenangi oleh iblis, karena iblislah yang menggoda manusia untuk melakukan perbuatan ini. Menjelekkan orang lain hanya akan merugikan diri kita sendiri.

   Marah, Orang orang yang mengerjakan puasa sangat di sarankan untuk menahan nafsu amarahnya. Cobalah untuk bersabar dalam segala keadaan.

"Barang siapa yang bisa menahan marah, padahal dia mampu untuk melampiaskannya, maka pada hari kiamat kelak Allah akan memanggilnya di hadapan para mahkluk, kemudian dia disuruh untuk memilih bidadari yang cantik jelita sesuai dengan keinginannya" (hr-Tarmizi dan Abu Daut)

   Berbicara kotor, jagalah lisan kita dari perkataan perkataan yang tidak baik. Hendaklah di bulan yang penuh dengan hikmah ini kita isi dengan lantunan ayat suci al-qur'an, itu akan lebih baik dan bisa menambah pahala bagi kita.

   Perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa yang selanjutnya adalah kebanyakan tidur pada siang hari, tidur sepanjang hari sangat tidak baik bagi kesehatan, apa lagi dilakukan di bulan Ramadhan. Dan tidak semua tidur itu di anggap ibadah, tidur yang baik di bulan Ramadhan adalah tidur siang, ini bisa menjadi untuk persiapan kita melaksanakan shalat tarawih dan shalat malam (qiyamul lail)

   Puasa tanpa mengerjakan shalat fardhu, mengerjakan puasa tanpa melakukan ibadah shalat fardhu juga akan sia sia, malah di dalam rukun islam lebih dahulu mengerjakan shalat fardhu dari pada puasa.

   Mengutamakan dunia, islam menginginkan semua umatnya hidup dalam serba kecukupan, kita di tuntut untuk melakukan usaha untuk memenuhi segala kebutuhan kita. Tapi dalam setiap melakukan aktivitas kita dituntut untuk tidak lupa dalam hal beribadah kepada Allah SWT, apalagi di bulan suci Ramadhan, hendaklah kita memperbanyak ibadah serta amalan yang lainnya kepada Allah. Oleh karena itu, kita di anjurkan untuk lebih mengutamakan aktivitas yang jauh dari nafsu duniawi agar pahala puasa yang kita dapatkan akan semakin bermakna

   Perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa selanjutnya adalah membicarakan aib orang lain, Rasulullah sangat melarang ummatnya untuk membicarakan atau membuka aib orang lain. apakah itu pada hari hari biasa, apalagi di bulan Ramadhan, karena hal itu akan mengurangi pahala puasa yang kita kerjakan. sebagaimana sabda Rasulullah
"Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat" (hr-Muslim). Di dalam Al-Quran Allah juga menerangkangkan. Membicarakan aib orang lain juga merupakan perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa.

    "Hai orang orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba sangka (kecurigaan) karena sebagian dari purba sangka itu dosa, dan janganlah mencari cari keburukan orang dan janganlah mengunjing satu sama lain. adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya, dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat Lagi Maha Penyayang" (Al- Hujarat-12)

   Mencuri, yaitu mengambil sesuatu yang bukan hak kita. Allah sangat melarang kita untuk mengambil yang bukan milik kita. sebagaimana diterangkan dalam ayat suci Al-Qur'an

"Laki laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah, dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (qs, Al-Maidah 38).

   Demikianlah beberapa perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa, semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, amiinn.... 
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top