keutamaan shalat tarawih


 
   Shalat tarawih adalah shalat yang hanya ada di bulan Ramadhan, dan sangat disunatkan mengerjakannya dengan cara berjamaah. Mengapa shalat ini di sebut dengan shalat tarawih, ya, karena dalam setiap habis salam ada waktu untuk istirahat, dan setelah salam di rakaat yang keempat ada sedikit waktu untuk istirahat, hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Tarawih merupakan bentuk jamak dari tarwihah yang artinya 'waktu sesaat untuk istirahat'. Hukum shalat tarawih adalah sunnah bagi setiap laki laki dan perempuan, boleh dikerjakan secara berjamaah atau sendiri sendiri, tapi alangkah baiknya jika dilakukan secara berjamaah, karena pahalanya lebih besar. Dalam sebuah riwayat disebutkan, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,

"Barang siapa bangun pada malam bulan ramadhan karena iman dan mengharapkan perhitungan dari Allah, maka di ampuni dosa dosanya yang telah lalu" (hr-Bukhari).

   Sebagaimana hadis di atas kita sangat disarankan dan dianjurkan untuk mengerjakan shalat tarawih. karena shalat tarawih begitu banyak hikmah yang terkandung di dalamnya, tapi sekali lagi, shalat tarawih itu hukumnya adalah sunnah, bukan shalat wajib, hal ini seperti yang di terangkan dengan hadis yang diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari dan Muslim,

   Dari Aisyah ra,bahwa Rasulullah SAW shalat di masjid pada suatu malam, lalu orang orang yang lain ikut shalat berjamaah bersama beliau, dan pada malam berikutnya rasulullah shalat lagi di masjid, dan orang orang yang mengikuti semakin banyak, dan pada malam berikutnya orang orang telah berkumpul, tapi Rasulullah tidak hadir untuk melaksanakan shalat berjamaah seperti biasa. Pada pagi harinya beliau berkata, "Aku melihat apa yang kalian lakukan dan tidak ada yang menahanku untuk keluar kecuali kekhawatiranku akan difardhukannya shalat itu atas kalian"

    Jumlah rakaat shalat tarawih


   Inilah yang jadi perdebatan sampai dengan sekarang, berapa rakaat shalat tarawih yang sebenarnya. masing masing ulama mempunyai pendapat sendiri sendiri. ada yang mengatakan 8 rakaat dan ada yang mengatakan 20 rakaat, ini tentu tidak termasuk dengan shalat witir yang berjumlah 3 rakaat. Menurut ibnu Taimiyah, seluruh pendapat di atas bagus, karena semua mempunyai dalil dan hadis masing masing. janganlah memperdebatkan masalah ini, kita selaku umat islam hanya di sunnahkan untuk mengerjakannya, dan akan mendapat pahala apabila mengerjakannya. Tidak ada yang membatasi jumlah rakaat dalam shalat tarawih, berapa rakaatpun boleh.

   Inilah keutamaan shalat tarawih


  Di dalam shalat tarawih memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, andai saja kita dapat memahaminya, dan berikut ini beberapa keutamaan dari shalat tarawih,

   Akan mendapat ampunan dari Allah


Shalat sunnah tarawih yang dikerjakan secara benar dan ikhlas, maka akan mendapat pahala yang begitu besar dari Allah SWT, dan Allah akan mengampuni dosa dosa terdahulu yang telah dilakukan, hal ini sebagaimana sabda Rasulullah,
"Barang siapa yang bangun pada malam bulan ramadhan karena iman dan mengharap perhitungan dari Allah, maka diampuni dosa dosanya yang telah lalu" (hr-Muslim).
Hadis ini menjelaskan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan segala dosa yang telah lalu, dengan syarat karena iman, bukan karena riya, dan mengharap pahala dari Allah.
Sungguh sangat besar pahala dan manfaat yang Allah berikan kepada orang orang yang mengerjakan shalat tarawih. Oleh karena itu janganlah kita meninggalkannya, karena shalat ini hanya ada sekali dalam setiap tahun, tidak ada di bulan yang lainnya.

  Shalat tarawih di atas segala shalat sunnah yang lain


Para ulama sependapat bahwa, seutama utamanya shalat sunnah adalah shalat yang di anjurkan secara berjamaah, karena shalat ini hampir serupa dengan shalat fardhu, dan kemudian adalah shalat tarawih. Dan apabila mengerjakan secara berjamaah akan lebih banyak lagi pahala yang akan didapat, hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW,
"Sesungguhnya barang siapa yang shalat tarawih bersama imam sampai selesai, maka di tulis untuknya pahala qiyamul lail satu malam penuh" (hr-Tarmizi-An Nasai dan Ibnu Majah). Sungguh luar biasa keutamaan dari shalat tarawih.

   Dan masih banyak lagi keutamaan dari shalat tarawih, karena shalat ini hanya ada sekali dalam setahun, maka dari itu di bulan yang penuh dengan rahmad ini, marilah kita memperbanyak amal ibadah kita kepada Allah, semoga kita mendapat rahmat dari-Nya.
Back To Top