nama jin dan tugasnya

     Jin adalah mahkluk yang di ciptakan oleh Allah, mereka memiliki bermacam karakter dan mempunyai tugas masing masing yang sesuai dengan kemampuannya. Jin itu benar benar ada, hanya saja kita tidak dapat melihatnya, Jin itu telah ada sebelum manusia diciptakan, yaitu nabi Adam as, hal ini dibuktikan dengan firman Allah,

   "Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas" (QS. Al-Hijr. 26-27)

Maka tak perlu lagi kita pungkiri, bahwasanya jin itu ada, bahkan ia lebih dulau ada sebelum manusia diciptakan oleh Allah SWT.

"Dan ingatlah ketika kami hadapkan sekumpulan jin kepadamu yang mendengarkan Al-qur'an. maka ketika mereka menghadiri pembacaannya lalu mereka berkata, "Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)" ketika pembacaan telah selesai, mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. mereka berkata, "Wahai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab (al-qur'an) yang telah di turunkan setelah Musa, yang membenarkan kitab kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan jalan yang lurus. Wahai kaum kami, terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa dosa kamu dan melepaskan kamu dari azab yang pedih, dan orang orang yang tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah, maka dia tidak akan lepas dari azab Allah di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata" (QS, Al-Ahqaf. 29-32).

Dan pada hakikatnya jin itu ada dua jenis, ada yang baik dan ada yang jahat, maka yang jahat ini yang perlu kita waspadai, merekalah yang mengajak dan menakuti manusia untuk berbuat maksiat dan kerusakan di muka bumi, berikut ini adalah nama jin dan tugasnya, yang menggoda serta menjerumuskan manusia dalam kesesatan

1. RUHA

Yang pertama adalah Ruha. Jin yang ini bertugas mengganggu manusia agar tidak melakukan shalat tahajjud dan shalat subuh. dan hati hatilah apabila kita sering meninggalkan shalat subuh, berarti jin yang ini sedang bersamanya. maka dari itu, bila ingin jin ini jauh dari kita, maka jangan tinggalkan shalat subuh.

2. WAHHAR

Jin yang ini akan datang saat manusia sedang tidur, ia akan mengganggu manusia dengan cara seseorang itu dibuatnya bermimpi, dan biasanya mimpi itu sangat menyeramkan, sehingga membuat manusia menjadi takut. Dan usahakan sebelum tidur selalu membaca doa tidur, agar kita dihindari dari jin ini. ada baiknya sebelum tidur mengerjakan shalat sunnah dua rakaat, serta diiringi dengan doa.

3. TAMRIH

Nama jin dan tugasnya yang berikutnya adalah Tamrih. Jin yang ini akan mengajak manusia untuk berbuat kedhaliman, sungguh kejam tugas jin yang ini, ia akan berusaha menggoda manusia untuk berbuat kedhaliman, malah manusia dibuatnya lupa diri, seolah olah apa yang telah diperbuatnya bukanlah sebuah kedhaliman.

4. MASUTH

Dia bertugas untuk mengajak manusia untuk selalu berbohong, maka jangan heran, banyak kita lihat di sekitar kita, orang orang yang suka berbohong, suka mengumbar janji, tapi tak pernah ditepati (ingkar). lihatlah bagaimana orang orang berdiri di atas panggung mengumbar segala janji, tapi kadang kadang tidak satupun janjinya ditepati, inilah tugas dari jin Masuth, ia akan selalu membuat manusia untuk berbohong.

5. DASIM

Jin ini bertugas untuk membuat manusia lupa berdoa, jin Dasim akan selalu berusaha membuat manusia untuk lupa berdoa kepada Allah, dan dia akan merasa berhasil apabila telah mampu membuat manusia lupa kepada Allah SWT.

6. KHINZIB

Nama jin dan tugasnya yang berikutnya adalah Khinzib. Jin ini bertugas membuat manusia selalu was was , lupa, serta tidak khusyuk dalam mengerjakan shalat. Jin ini sangat licik, dia akan membuat seseorang ketika mengerjakan shalat jadi lupa akan bacaan atau rakaat shalatnya. dialah yang bertugas mengacaukan shalat dari seorang hamba.

Dalam sebuah hadis, dari Utsman bin Abil 'Ash radhiallahu 'anhu, beliau mendatangi rasulullah untuk mengadu gangguan yang dia alami ketika sedang shalat, kemudian Rasulullah bersabda,

"Itu adalah setan, namanya Khinzib. jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah tiga kali kekiri"
kata Utsman, "Akupun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku" (HR. Muslim)

7. WATSIN

Jin yang ini bertugas mengajak manusia berperilaku tidak baik, jin ini akan selalu berusaha mengajak manusia untuk berbuat kejahatan, manusia diajaknya untuk melakukan hal hal yang buruk, contohnya saja, untuk mabuk mabukan, zina, judi ataupun mencuri dan lain lain, pokoknya segala hal yang buruk adalah tugas dari jin Watsin.

8. 'AWAN

Jin yang menggoda penguasa untuk berbuat dhalim dan curang, sungguh terlalu tugas jin 'Awan, bagaimana tidak, dia akan menggoda para penguasa untuk berbuat kedhaliman, dia akan menggoda para penguasa untuk melakukan korupsi, melakukan pungli dan sebagainya, dan apabila para penguasa telah melakukan hal yang demikian, maka negara akan mengalami kehancuran, dan imbasnya masyarakat yang akan sengsara.

9. IFRIT

Bertugas menggoda manusia agar berpaling dari keimanan, maka janganlah sekali kali kita menggadaikan keimanan kita dengan hal hal yang tidak ada gunanya, lihatlah zaman sekarang, bagaimana orang orang rela menggadaikan keimanannya hanya demi harta atau karirnya, mereka rela murtad dan berpindah keyakinan hanya demi duniawi. Jin Ifrit akan selalu berusaha untuk membuat manusia berpaling dari keimanannya, dia akan berusaha menggoda manusia sebanyak mungkin sebagai temannya di neraka nanti.

10.THAYYARUN

Jin ini akan mengganggu lewat udara

11.AL-QARNA'

Ia bertugas mengajak manusia untuk mempelajari sihir atau ilmu hitam serta untuk melakukan sihir. Janganlah sekali kali kita mempelajari ilmu sihir, karena hukumnya adalah haram. dan Allah sangat melarang manusia untuk mempelajari ilmu sihir. Dalam kitab suci Al Qur'an Allah SWT berfirman

"Apakah akan Aku beritakan kepada kalian, kepada siapa syaitan syaitan itu turun?. Mereka turun kepada tiap tiap pendusta lagi banyak berbuat jahat/buruk (para dukun dan tukang sihir). Syaitan syaitan tersebut menyampaikan berita yang mereka dengar (dengan mencuri berita dari langit, kepada para dukundan tukang sihir), dan kebanyakan mereka adalah para pendusta" (QS. Asy-Syu'araa.221-223)

12. GHAUR

Nama jin dan tugasnya yang terakhir aalahd Ghaur. Jin yang mengganggu manusia di lautan. Jin ini biasanya mengganggu manusia hanya di lautan saja, hanya para pelaut yang akan mengalami gangguan dari jin ini.


   Itulah nama nama jin dan tugasnya yang mengganggu manusia, dan mereka itu mempunyai tugas masing masing sesuai dengan pangkatnya. maka waspadalah, agar kita terhindar darinya, yaitu dengan selalu berdoa dan mohon perlindungan kepada Allah SWT; semoga kita di jauhi dari godaannya.
Tag : Syaitan
Back To Top