perbuatan yang sia sia di bulan Ramadhan

    Dalam bulan suci Ramadhan semua orang tentu ingin memperbanyak amal ibadah mereka kepada Allah, agar mendapat pahala dan rahmad dari Yang Maha Kuasa Allah SWT. Maka dari itu kita selaku hamba hamba-Nya, wajib melakukan apa yang telah diperintahkan kepada kita. Berbuatlah yang dapat menambah pahala kita, dan mengerjakan amalan yang bermanfaat, serta menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah. Namun begitu, kadang kadang kita lupa dan tidak terkontrol dalam hal melakukan hal hal yang dapat mengurangi pahala puasa. Karena bisikan setan kita jadi lupa, bahwasanya hal hal bodoh yang kita lakukan telah mengurangi pahala dari ibadah puasa yang kita kerjakan. Lalu apa saja hal yang sia sia di bulan suci Ramadhan.

    1. Marah

   Perbuatan yang sia sia di bulan ramadhan yang pertama adalah marah. Marah pada hakikatnya adalah sifat dari iblis, sebagaimana yang kita ketahui, bahwasanya ia sangat marah ketika dirinya di usir dari surga oleh Allah lantaran tidak mau sujud kepada nabi Adam as. Oleh karena itu, sifat sabar di bulan suci Ramadhan akan mendatangkan pahala tambahan dari Allah SWT. Setiap manusia pasti mempunyai masalah sendiri sendiri, kadang kadang masalah itu yang akan membuat kita jadi marah, ada masalah kecil atau besar dalam kehidupan ini yang semua datangnya dari Allah, Maka kitalah yang harus bersabar atas apa sedang terjadi atas diri kita. karena pahala orang yang sabar sangat besar. Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman

   "Orang orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang , Allah menyukai orang orang yang berbuat kebaikan" (QS, Ali-Imran, 134)

    2. Hasad (Dengki)

   Perbuatan yang sia sia di bulan ramadhan yang kedua adalah Hasad atau iri dan dengki, hali ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an,

   "Apa yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu? iblis menjawab "Saya lebih baik darinya, engkau ciptakan aku dari api, sedangkan Engkau ciptakan dia dari tanah" lalu Allah berfirman "Turunlah kamu dari surga itu, karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang orang ya hina" (QS. Al-Araaf-12-13).

   Sifat ini sangat dibenci oleh Allah dan Rasulullah,  Hasad (dengki) juga merupakan sifat dari iblis, mengapa disebut hasad (dengki)? Hasad adalah, tidak suka atau tidak senang dengan nikmat yang di dapat oleh seseorang, apakah itu tetangganya, sahabatnya, saudaranya, atau pun keluarganya. Orang yang bersifat seperti ini sangat merasa tidak nyaman melihat orang lain senang. dan akan berusaha untuk menjatuhkannya. Orang seperti ini senang melihat orang susah atau pun susah melihat orang senang. Penyakit ini tidak mengenal tempat atau pun golongan. mulai dari golongan bawah sampai dengan orang orang intelektual pun bisa terpengaruh dengan sifat ini, Sesungguhnya orang orang yang mempunyai sifat dengki tidak bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya, dia merasa tidak cukup, dan menilai orang lain lebih beruntung dari dia. dan merasa Allah tidak adil kepadanya.

    3. Takabur

   "Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang sombong lagi membanggakan diri" (QS. Luqman-18)

   Takabur sama juga dengan sombong, orang yang merasa dirinya paling benar atau paling baik adalah orang orang yang takabbur (sombong), orang yang bersifat seperti ini tidak mau menerima kenyataan yang sesungguhnya, walaupun ia sebenarnya sudah salah, tapi ia tidak mau menerima kebenaran yang sebenarnya. ia merasa dirinya yang paling benar. Ingatlah bagaimana Iblis yang dahulu begitu di sanjung sebelum dilaknat oleh Allah, iblis yang dahulu dijadikan Allah sebagai pemimpin para malaikat dan di angkat ke langit. Namun apa yang terjadi, setelah Allah menciptakan nabi Adam as, Allah menyuruhnya untuk sujud kepada nabi Adam, tapi ia tidak mau, ia merasa dirinya lebih baik dan lebih berwibawa dari Adam, ia berfikir kalau Adam cuma diciptakan dari tanah, sedangkan dirinya diciptakan dari api. Karena sifat sombong inilah iblis di usir dari surga.

"Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang sombong dan membangga banggakan diri" (QS. An-Nisa-36)

    4. Ghibah

   Perbuatan yang sia sia di bulan ramadhan yang terakhir adalah ghibah. Ghibah adalah membicarakan aib atau keburukan orang lain. perbuatan ini bukan hal yang aneh di masa sekarang, gosip gosip murahan malah banyak disiarkan di televisi, aib aib orang dibiarkan di bicarakan secara blak blakan. mereka merasa tidak berdosa dengan memberitakan tentang aib orang, dan menganggap itu adalah berita hangat. Ghibah yang pada hakikatnya adalah membicarakan tantang aib atau keburukan orang lain yang apabila di dengar oleh orang itu (orang yang dibicarakan) ia akan merasa malu, tersinggung atau kadang kadang malah bisa menimbulkan rasa sakit hati. Dosa ghibah itu sangat besar sebagaimana firman Allah SWT,

   "Hai orang orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah mencari cari keburukan orang, jangan pula menggunjing satu sama lain, adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati, maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya, dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang" (QS. Al-Hujarat.12).

   Maka jauhilah sifat sifat yang di atas agar puasa yang kita kerjakan akan mendapat pahala yang setimpal dari Allah, dan jangan melakukan perbuatan yang sia sia di bulan ramadhan
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top