perkara yang dapat menghalangi amalan baik

     Amalan adalah segala sesuatu yang kita kerjakan semasa kita hidup di dunia, baik itu perbuatan baik atau buruk, semua akan mendapat balasan di hari akhir. Semua orang pasti berlomba lomba untuk melakukan setiap amalan yang bisa mendatangkan pahala, karena Allah telah menjanjikan bahwa setiap amalan yang kita lakukan akan diberi balasan sesuai dengan apa yang telah kita lakukan. Sekecil apapun amalan pasti akan diberi balasan. kadang kadang dengan amalan yang kecil bisa mendatangkan pahala yang begitu besar, begitulah nikmat yang Allahberikan kepada hamba hamba-Nya yang bertaqwa.

     Namun tahukah anda bahwa. ternyata dalam setiap amalan yang kita lakukan dapat gugur begitu saja hanya gara gara hal yang kita anggap sepsele, dan amalan kita dianggap gugur karena perbuatan tersebut. yang berarti amalan yang kita lakukan akan sia sia dan tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT, bahkan kadang kadang malah dosa sebagai balasannya. dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa hal yang dapat menjadi penghalang/pembatal amalan, yaitu:

     1. Syirik


   Syirik adalah perbuatan atau sikap menyekutukan Allah, kita sebagai orang orang yang beriman jangan sekali kali melakukan perbuatan ini, karena sesungguhnya dosa dari perbuatan syirik tidak akan di ampuni oleh Allah SWT. Bahkan kalau orang melakukan dosa ini, maka seluruh amalannya akan dihapus oleh Allah.

     2. Meninggalkan shalat


   Ibadah shalat adalah perintah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap hamba-Nya. Tidak mengerjakan shalat akan menggugurkan setiap amalan yang lainnya. karena ini adalah amalan yang pertama akan diperiksa kelak dihari kiamat, maka jika shalatnya baik maka segala amalan yang lainnya akan menyertainya. bagaimana kita melakukan perbuatan amalan yang lainnya, sedangkan perintah wajib yang di suruh kepada kita tidak kita kerjakan.

     3. Riya


   Riya adalah perbuatan yang dilakukan untuk mendapatkan pujian dari manusia, orang orang biasanya melakukan perbuatan baik hanya karena ada niatnya, entah hanya untuk mendapat pujian dari orang atau hanya ingin mendapat gelar saja. Biasanya orang yang riya itu tidak ihklas dalam melakukan amalannya, Amalan yang dilakukan hanya untuk mendapatkan pujian dari orang orang. Riya sangat dibenci oleh Allah dan para Rasul. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam ayat suci Al-QUR'AN surat An-Nisa ayat 142,

"Sesungguhnya orang orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka, dan jika mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas, mereka bermaksud riya (dengan shalat itu) dihadapan manusia, dan tidaklah mereka dzikir kepada Allah kecuali sedikit sekali"

     4. Mengungkit perbuatan baik


   Jika melakukan perbuatan baik kepada orang lain, janganlah pernah mengungkit apa yang telah kita lakukan, jangan pernah mengungkit atau mengatakan kepada orang lain atas apa yang telah kita lakukan, ikhlaslah dalam setiap apa yang telah kita perbuat. janganlah kita mengharap balasan dari orang yang kita tolong. Karena seperti yang tertulis di atas, bahwasanya setiap perbuatan itu akan mendapat balasan dari Allah. Terkadang kita melakukan suatu kebaikan hanya mengharap kebaikan dari orang yang kita tolong. dan berharap orang yang kita tolong  akan melakukan perbuatan yang sama terhadap kita, dan kadang kadang ketika harapan itu tak sampai malah kita akan sakit hati.

     5. Mengatakan bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa seseorang


   Pernah tidak melihat seseorang yang setiap hari hanya melakukan perbuatan dosa? tak pernah berbuat kebaikan sedikitpun, hanya dosa dosa saja yang ia lakukan. Walaupun begitu, jangan sekali kali mengatakan kalau Allah tidak akan mengampuni dosa dosa yang telah ia perbuat. Sebesar dan sebanyak apapun dosa yang ia lakukan, karena hanya Allah yang lebih tau, Allah maha pemberi rahmat bagi semua hambanya. Justru dengan mengatakan hal tersebut, malah segala amalan yang telah kita lakukan akan sia sia.

    Itulah perkara yang dapat menghalangi amalan baik kita, maka dari itu jangan pernah melakukan hal hal yang demikian.
Back To Top