doa malaikat Jibril yang di aminkan Rasulullah

   Nabi Muhammad adalah Rasul pilihan yang diutus oleh Allah untuk semua manusia, beliau memiliki hubungan yang sangat dekat dengan malaikat Jibril. Hubungan antara keduanya sangatlah dekat, ini dikarenakan Jibril lah yang bertugas menyampaikan langsung wahyu dari Allah kepada Rasulullah SAW. Setiap ada wahyu yang akan diturunkan, maka malaikat Jibril senantiasa akan selalu berada dekat dengan Rasulullah. Kedekatan di antara keduanya bukan dalam menyampaikan wahyu saja, tapi malaikat Jibril hampir setiap saat berada di sisi beliau. malaikat Jibril sering datang kepada nabi Muhammad SAW untuk mengabarkan tentang sesuatu. Bahkan malaikat Jibril lah yang menemani ketika Rasulullah melakukan perjalanan Isra' Mi'raj.

   Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa, Rasulullah didatangi oleh malaikat Jibril yang mendoakan agar ketiga golongan dari manusia dimasukkan ke dalam neraka. Dan Rsulullah ternyata mengamini doa dari malaikat Jibril tersebut. Diriwayatkan dari Jabir bin 'Abdillah ra, Rasulullah SAW menaiki tangga mimbar . ketika menaiki tangga mimbar yang pertama, Rasulullah mengatakan amin" Kemudian ketika menaiki tingkatan yang kedua Rasulullah mengatakan "amin", kemudian ketika belau menaiki tingkatan yang ketiga beliau juga mengatakan "amin". Kemudian di antara para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, kami mendengarmu mengatakan amin sebanyak tiga kali" Kemudian Rasulullah menjawab, "Ketika aku menaiki tingkatan tangga pertama, malaikat Jibril mendatangi ku kemudian berkata,"Celakalah seorang hamba yang ia menjumpai bulan Ramadhan kemudian bulan ramadhan itu berlalu, dan hal itu tidak membuatnya diampuni" kemudian aku mengatakan "amin" kemudian Jibril mengatakan, "Celaka seorang hamba yang ia mendapati kedua orang tuanya atau salah seorang dari mereka (masih hidup) tapi hal itu tidak memasukkannya ke dalam surga" kemudian aku mengatakan "amin". Lalu Jibril mengatakan, "Celaka seorang hamba yang ketika ia mendengar aku disebut namun ia tidak bershalawat" kemudian aku mengatakan "amin"

   Memang belum ditemukan keterangan yang menyebutkan doa dari malaikat Jibril dan yang di aminkan oleh Rasulullah ditolak oleh Allah, yang berarti doa dari malaikat Jibril dan yang di amini oleh rasulullah dikabulkan oleh Allah SWT. Inilah sedikit penjelasan tentang ketiga doa dari malaikat Jibril tersebut,

1. Orang yang mendapati Ramadhan tapi tidak mendapat ampunan.


Golongan yang ini yang di doakan oleh malaikat Jibril dan di amni oleh Rasulullah adalah mereka yang mendapati ramadhan akan tetapi tidak mendapat ampunan dari Allah. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, tetapi kita tidak mau memamfaatkannya, tidak mau melakukan amalan amalan yang dapat melipat gandakan pahala, dan yang lebih parah lagi bagi orang orang yang tidak mau mengerjakan puasa, sungguh sangat tidak beruntung orang orang yang seperti ini, maka celakalah golongan yang seperti ini, sebab ia tidak berusaha mendapat ampunan dari Allah, dan pada akhirnya bukan surga yang di dapat, tapi malah terjerumus kedalam api neraka

2. Golongan orang orang yang tidak berbakti kepada kedua orang tuanya


Mereka yang masih mempunyai kedua orang tuanya atau salah satu diantaranya namun mereka tidak berbakti kepada orang tuanya, maka ia tidak akan memperoleh surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Lalu salah satu sahabat bertanya kepada Rasulullah, "Apakah hak hak ibu bapak? Baginda Rasulullah menjawab pertanyaan dari sahabat tersebut, "Mereka adalah Jannahmu, yaitu keridhaan mereka akan membawamu ke surga, dan sebaliknya kemurkaan mereka akan membawamu ke dalam neraka".

3. Orang yang mendengar nama rasulullah namun tidak bershalawat kepadanya


Golongan terakhir adalah orang orang yang mendustakan rasulullah, hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abi Hurairah, sabda rasulullah, "Barang siapa yang berdusta atasku (yakni atas namaku) dengan sengaja, maka hendaklah ia mengambil tempat duduknya (yakni tempat tinggalnya) di neraka" (HR-Bukhari dan Muslim)
Tag : Doa, Tauhid
Back To Top