golongan manusia yang diharamkan Allah masuk surga

   Surga diciptakan oleh Allah bagi hamba hamba-Nya yang beriman, yang selalu bertaqwa serta menjalankan apa yang telah diperintahkan dan menjauhi segala larangan-Nya.Tidak ada seorang pun manusia yang tidak menginginkan surga. tetapi kadang kadang manusia sering lupa dan mengingkari apa apa yang telah dilarang dan diperintahkan oleh Allah swt. Dalam sebuah hadis riwayat, Rasulullah bersabda,

"Terdapat tiga golongan yang diharamkan masuk surga oleh Allah yaitu, pecandu minuman keras, anak yang durhaka kepada orang tuanya dan laki laki yang membiarkan tindakan keji terjadi di tengah keluarganya". (HR-Ahmad)

1. Orang yang suka minum minuman keras


Golongan yang diharamkan masuk surga yang pertama adalah orang orang yang suka minum minuman keras (khamar), sebagai mana firman Allah.

"Hai orang orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan" (QS Al Maidah-90)

Khamar adalah barang yang memabukkan, maka dari itu Allah sangat melaknat orang orang yang suka mabuk mabukan dengan minum minuman keras. Minuman keras itu bisa merusak otak dari pelakunya, maka tak heran banyak orang yang kalau sudah mabuk tidak segan segan untuk berbuat kejahatan yang lebih parah lagi, ini dikarenakan otak yang sudah dipengaruhi oleh minuman keras tadi. Rasulullah bersabda.

"Setiap minuman yang memabukkan adalah khamar dan setiap yang memabukkan adalah haram. Barang siapa minum khamar di dunia lalu ia mati dalam keadaan masih tetap meminumnya (kecanduan) dan tidak bertaubat, maka ia tidak akan dapat meminumnya di akhirat (di sungai)" (HR-Muslim)

2. Anak yang durhaka kepada orang tuanya


Golongan yang diharamkan masuk surga yang kedua adalah anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya. Hal ini sangat jelas sebagaimana firman Allah SWT,

"Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang. Dan katakanlah, "Wahai Rabb-ku sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil" (QS. Al-Isra-24)

 "Dan kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada=Ku lah kalian kembali" (QS. Lukman 14)

Ayah dan ibu adalah orang yang telah membesarkan kita, ibu yang telah melahirkan kita dengan taruhan nyawanya, dan ayah orang yang sangat berjasa dalam mencari nafkah untuk memberi kita makan, sungguh mereka berdua sangat berjasa dalam membesarkan kita. Bagaimana bisa kita membalasnya, tentu tak dapat dihargai dengan uang apa yang telah mereka lakukan kepada anaknya. Maka dari itu, hendaklah anak itu berbakti kepada kedua orang tuanya. Janganlah sekali kali menyakiti hati keduanya, karena akibatnya sangat fatal, orang yang durhaka kepada orang tuanya maka neraka telah menanti, dan jangan harap mendapat surga sebelum mendapat ampunan dari keduanya. Rasulullah bersabda,

"Semua dosa itu azabnya ditunda oleh Allah SWT sampai hari kiamat, kecuali orang yang durhaka kepada orang tuanya. Sesungguhnya Allah akan mempercepat azab kepadanya, dan Allah akan menambah umur seorang hamba jika ia berbuat baik kepada ibu bapaknya, bahkan Allah akan menambah kebaikan kepada siapa saja yang berbuat baik kepada ibu bapaknya serta memberi nafkah kepada mereka jika diperlukan" (HR-Ibnu Majah)

Sungguh bagaimana ayat Al Qur'an serta hadis yang di atas memperingatkan kita untuk menyayangi dan berbakti kepada kedua orang tua kita, jangan pernah menyakiti hati kedua orang tua kita.

3. Orang tua laki laki yang membiarkan kekejian dalam keluarganya

Golongan yang diharamkan masuk surga yang berikutnya adalah orang tua laki laki yang membiarkan terjadinya kekejian dalam keluarga atau pun dalam rumah tangganya. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman,

"Hai orang orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahannya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan" (QS. Al-Tahrim 66)

Dalam rumah tangga seorang laki laki menjadi tanggung jawab yang sangat besar. Bila dalam keluarga itu masih memiliki ayah sebagai kepala keluarga maka sang ayah sangat bertanggung jawab terhadap keluarganya. Seorang ayah yang membiarkan anak anaknya terlibat dalam pergaulan bebas sehingga terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Seorang ayah yang membiarkan anaknya tidak menutup aurat, atau seorang suami yang tidak mengajarkan istrinya tentang ilmu agama, maka golongan laki laki yang seperti ini tidak akan masuk surga. Rasulullah bersabda,

"Perintahkanlah ana anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka bila pada usia sepuluh tahun tidak mengerjakan shalat serta pisahkanlah tempat tidur mereka" (HR, Ahmad dan Abu Daud).

   Semoga kita semua bisa terhindarkan dari golongan yang diharamkan Allah masuk surga, dan tentunya bukan neraka dambaan kita, tetapi Surga yang kita harapkan sebagai tempat terakhir dari perjalanan hidup ini.
Tag : Siksaan
Back To Top