Kelebihan menjenguk orang sakit

   Setiap amal yang kita lakukan akan mendapat balasan dari Allah, walau sekecil apa pun amalan yang kita kerjakan para malaikat tidak pernah lupa untuk mencatatnya. Tetapi manusia sering kali menyepelekan hal hal yang kecil yang bisa mendatangkan pahala dari Allah SWT. Banyak sekali amalan dan perbuatan yang bahkan kalau kita mau melakukannya maka para malaikat akan mendoakan orang yang melakukan amalan tersebut. Siapa yang tidak ingin di do'akan oleh para malaikat, mahkluk Allah yang paling suci. Memang kita sering tidak sadar akan hal hal yang kecil, kita sering tidak memperdulikannya, memindahkan duri di jalan akan mendapat pahala dari Allah, karena dengan perbuatan kita itu dapat menyelamatkan orang lain dari bahaya, walaupun itu bukan bahaya yang besar. Lalu apakah amalan kecil tersebut yang mendapatkan dan di doakan oleh para malaikat, amalan tersebut adalah menjenguk orang sakit, ya, dengan menjenguk orang sakit akan mengingatkan kepada kita, bahwa tidak selamanya hidup kita ini diberi kesehatan. Adakalanya kita di uji oleh Allah dengan cobaan. Maka dengan mengunjungi orang sakit dapat mengingatkan kita kepeda kekuasaan Allah, karena Dialah yang Maha Berkehendak. Para sebagian ulama berpendapat bahwa menjenguk orang sakit hukumnya adalah sunnah mu'akad, yaitu sunnah yang sangat di anjurkan.


   Salah satu tentang begitu besarnya kelebihan menjenguk orang sakit disampaikan oleh Rasulullah dengan sabdanya,

   "Sesungguhnya orang muslim ketika mengunjungi saudaranya yang muslim, dia sedang panen di surga sampai dia pulang" (HR. Muslim).

Dalam hadis yang lainnya juga Rasulullah mengatakan,

   "Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan akan) dia berjalan sambil memetik buah buahan surga sehingga ia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo'akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat  mendo'akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba"(HR. at-Tarmizi dan Ibnu Majah)

   Dan Allah akan memberi rahmat dan serta hidayah kepada orang orang yang datang dan mau menjenguk saudaranya yang sesama muslim, karena sesungguhnya muslim itu adalah bersaudara. Ketika menjenguk orang sakit, hendaklah kita mendo'akannya dengan harapan Agar Allah segera memberi kesehatan dan ketabahan bagi orang yang kita jenguk tadi, Rasulullah sering membaca doa ini ketika beliau mengunjungi orang sakit, sebagaimana sabdanya,

   "Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu"(HR- At Tarmizi dan Abu Daud).

    Dengan kita sering menjenguk orang sakit juga akan sangat berpengaruh pada diri kita, bayangkan saja bagaimana rasanya ketika kita sakit tidak ada orang yang mau peduli kepada kita. Serasa kita hidup sebatang kara, tapi islam menganjurkan kepada penganutnya untuk saling mengunjungi satu sama lain, dengan demikian ukhuwah akan selalu terjaga, dan akan membuat kita untuk hidup saling ketergantungan antara satu sama lain. Sesungguhnya kita tidak akan bisa hidup tanpa ada orang lain. Dalam sebuah hadis diriwayatkan, Rasulullah bersabda,

   "Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirlah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap Alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan yarhamkallah), bila dia sakit maka jenguklah, dan bila dia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam)" (HR. Muslim)

   Kelebihan menjenguk orang sakit itu memiliki kelebihan dan keutamaan yang sangat luar biasa, maka hendaklah kita jika mendengar ada orang yang sakit apalagi itu adalah saudara kita atau pun kerabat, maka bersegeralah untuk menjenguknya, karena Allah akan membalas akan apa yang telah kita lakukan, dan di antara keutamaan dan kelebihan menjenguk orang sakit.

  • Mendapat pahala dari Allah, bagi setiap muslim yang mau datang menjenguk saudaranya yang sedang sakit, maka Allah akan memberikan pahala yang berlimpah untuknya.
  • Seperti berada di kebun surga, begitulah perumpamaan yang diberikan kepada orang yang mau menjenguk orang sakit, dia di ibaratkan bagai sedang berada di kebun surga yang sedang memetik buah buahan, hal ini sebagaimana sabda Rasulullah, "Siapa saja yang menjenguk orang sakit akan senantiasa berada di kebun surga sampai ia kembali"
  • Di do'akan oleh para malaikat, sungguh luar biasa amalan menjenguk orang yang sedang sakit, di do'akan oleh para malaikat, segala rahmat akan di curahkan bagi orang yang mau menjenguk orang yang sedang sakit, jika ia datang di pagi hari maka pahala akan datang baginya sampai dengan sore hari.
  • Rahmat yang berlmpah, Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Sayyidina Ali, Rasulullah bersabda, "Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka dia berjalan di (tempat) pemetikan buah buahan Surga sampai dia duduk. Apabila sudah duduk maka di turunkan kepadanya rahmat dengan sangat banyak"(HR. At-Tarmidzi. Ibnu Majah dan imam Ahmad).
  • Selalu dalam lindungan Allah, Rasulullah bersabda, "Siapa yang menjenguk orang sakit, ia akan masuk ke dalam rahmat Allah, sehingga apabila duduk, ia akan berada di dalam rahmat tersebut"(HR. Bukhari)
  • Dapat mengingatkan kita akan akhirat, dengan seringnya kita menjenguk orang sakit tentunya akan mengingatkan kita akan kekuasaan dari Allah SWT, kita akan tahu bahwasanya kekuasaan Allah tiada batasnya, karena sesungguhnya kematian adalah hal yang pasti akan datang menjemput kita, dengan sering mengunjungi orang sakit akan mengingatkan kita pada kematian, dan dengan kematian akan mengingatkan kita akan adanya akhirat.
  • Waktu yang tepat bagi kita untuk bersyukur, mengapa begitu? Karena dengan mengunjungi orang sakit akan mengingatkan pada diri kita sendiri yang masih diberi kesehatan oleh Allah. Bagi orang orang yang sadar akan kebesaran dari rahmat Allah tentunya ini akan menjadikannya sadar atas apa yang dilihatnya. Ya, kita sadar, bahwa kita adalah mahkluk yang lemah, maka selagi kita diberi kesehatan oleh Allah, pergunakanlah kesehatan yang diberikan, dan bersyukurlah atas anugerah kesehatan yang di berikan kepada kita.

   Masih banyak lagi kelebihan dan keutamaan menjenguk orang sakit yang Allah berikan kepada kita, lantas mengapa kita malas untuk menjenguknya, Oleh karena itu, jika kita mendengar ada saudara kita atau kerabat yang sedang sakit, maka kunjungilah dia, karena dengan begitu akan menumbuhkan rasa persaudaraan di antara kita. Begitulah kelebihan dan keutamaan dari menjenguk orang sakit, semoga kita selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top