Tanda rumah yang sering dikunjungi malaikat

   Dalam hidup ini kita semua tentu menginginkan kebahagiaan, kita tentunya menginginkan rumah kita selalu ada yang mengunjungi, apalagi yang mengunjungi adalah para malaikat, mahkluk Allah yang paling sempurna. Siapa sih yang tidak ingin kalau rumah mereka dikunjungi oleh malaikat. Kedatangannya tentu akan membawa keberkahan dalam rumah tersebut. Tetapi tidak semua rumah mau dikunjungi oleh para malaikat, Lalu rumah seperti apakah yang akan dikunjungi oleh para malaikat, apakah rumah yang mewah, yang penuh dengan segala pemandangan, tidak. Tapi sayang, banyak yang tidak tahu dan jarang sekali kita memperhatikan hal hal yang akan disebutkan nanti satu persatu. andai kata kita mau memperhatikan hal tersebut, bukan tidak mungkin rumah kita juga akan sering dikunjungi oleh para malaikat yang akan membawa kebaikan dalam rumah kita.

   Dalam kehidupan ini sering kita lihat rumah yang begitu mewah, penuh dengan keindahan yang ada di dalamnya. Lantas apakah seperti itu rumah yang akan di datangi oleh para malaikat?. Untuk apa rumah mewah seperti istana kalau penghuni di dalamnya selalu ribut atau pun bertengkar satu sama lain, suami dengan istri atau anak yang tidak mau menuruti perintah dari orang tuanya. Kehidupan yang tidak harmonis dalam rumah tersebut akan membuat para malaikat menjauhinya. Namun demikian ada juga kita melihat rumah yang sederhana, tapi penghuni di dalamnya hidup dalam keadaan yang sangat tentram, tidak ada cekcok antara satu dengan yang lainnya. saling menghargai satu sama lain, rumahnya bersih dan tertata dengan baik. bayangkan saja jika rumah yang akan kita kunjungi itu kotor dan jorok, tentu saja kita tak akan mau berlama lama untuk sekedar singgah. Lalu seperti apakah tipe rumah yang akan dikunjungi oleh para malaikat, Berikut ini beberapa ciri ciri dari rumah tersebut.

1. Rumah yang penghuninya sering membaca Al-Qur'an, para malaikat senantiasa sangat senang jika mendengar ayat ayat Allah dibaca oleh penghuni rumah, maka ketika malaikat mendengarnya maka malaikat tentu akan singgah di rumah tersebut, bacaan ayat Al-Qur'an akan membuat siapa saja yang mendengarnya akan merasa tenang. Allah SWT berfirman,

   "Sesungguhnya orang orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam diam dan terang terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. "Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka karunia-Nya, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri" (QS. Fathir. 29-30).

Dari firman Allah tersebut dapat kita pahami bagaimana Allah sangat menyukai orang orang yang membaca kitab-Nya. Allah akan menambahkan rezeki bagi hamba hamba-Nya yang suka membaca Al-Qur'an, Allah akan melimpahkan karunia-Nya. Dalam hadis  yang lain Rasulullah bersabda,

   "Bacalah kamu sekalian Al-Qur'an, karena sesungguhnya Al-Qur'an itu akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi para pembacanya"(HR. Muslim dan Ahmad)

2. Penghuni yang banyak berzikir, rumah yang di dalamnya sering terdengar suara zikir akan senantiasa selalu mendapat rahnat dari Allah. Para malaikat akan senantiasa selalu mengunjungi rumah rumah dari hamba Allah yang sering berzikir, Dalam rumah yang penghuninya sering berzikir merupakan salah satu tanda rumah yang sering dikunjungi malaikat. karena para malaikat sendiri adalah mahkluk ciptaan Allah yang gemar berzikir memuji kepada Allah. Dan tidak dapat dipungkiri, para malaikat akan turun pada rumah rumah yang di dalamnya terdapat orang orang yang gemar berzikir. Rasulullah bersabda,

   "Maukah aku beritahukan kepada kalian mengenai amalan kalian yang terbaik, dan yang paling suci di sisi Raja (Allah) kalian, paling tinggi derajatnya, serta lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kemudian kalian memenggal leher mereka, dan mereka memenggal leher kalian? Mereka berkata, ya, Rasulullah berkata, "Berzikir kepada Allah Ta'ala"(HR. Tarmidzi)

3. Rumah yang bersih, sesungguhnya Allah suka akan kebersihan dan keindahan. Rumah yang bersih bukan hanya membuat penghuninya nyaman untuk tinggal di dalamnya, orang lain pun akan senang melihatnya. Para malaikat pun akan senantiasa senang singgah di rumah tersebut. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Sa'ad bin Abi Waqas, Rasulullah bersabda,

   "Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal hal yang suci. Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Mah Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat tempatmu" (HR. Tirmidzi)

4. Rumah yang penghuninya suka bersedekah. Siapa yang suka bersedekah maka malaikat akan senantiasa dengan senang untuk mendatanginya. dan para malaikat akan selalu mendo'akan kepada penghuni rumah yang didatanginya, sehingga rumah yang didatangi malaikat akan selalu mendapat lindungan dari Allah. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman,

   "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir pada tiap tiap butir seratus biji, Allah melipat gandakan (ganjaran) yang dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui"(Al-Baqarah. 261)

5. Suka menuntut ilmu, rumah yang di dalamnya dihuni oleh orang orang yang suka menuntut ilmu, waktu luang mereka gunakan untuk terus belajar ilmu agama, walaupun belajarnya di dalam rumah. Maka malaikat akan mendatangi rumah rumah yang di dalamnya ada orang orang yang suka menuntut ilmu. Sabda Rasulullah,

   "Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga"(HR. Muslim)

   "Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendo'akan dia"(HR. Muslim)

   Dari kedua hadis tersebut nampak sangat jelas sekali bagaimana Rasulullah menerangkan tentang bagaimana bermanfaatnya ilmu. Apalagi ilmu yang kita miliki bermanfaat bagi orang lain, maka pahalanya akan terus mengalir kepada si pemilik ilmu tersebut, bahkan walau pun ia sudah tiada, itulah beberapa tanda rumah yang sering di datangi malaikat.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top