ibadah yang dapat menghilangkan sifat sombong

   Mengapa manusia bisa bersifat sombong, apakah kita tidak berfikir, apa yang kita banggakan. Kekayaan, kecantikan, kepintaran semua itu hanya milik Allah semata. Lalu pantaskah kita menyombongkan diri. Berapa banyak orang orang yang binasa karena kesombongannya. Kesombongan hanya akan menghancurkan mata hati kita. Ini adalah sifatnya iblis yang tidak mau menuruti perintah Allah. Bagaimana sombongnya iblis yang menganggap dirinya lebih baik dari Nabi Adam as, sehingga Allah mengusirnya dari surga.Banyak dari kejadian, bagaimana hancurnya dari seseorang yang berlaku sombong. Mereka memanfaatkan kekuasaan untuk menindas orang lain. Baru sedikit kekuasaan atau pun jabatan yang diberikan, mereka mengira itu semua akan kekal pada dirinya. Berusahalah untuk tidak menggunakan kekuasaan yang dimiliki dengan tindakan sewenang wenang. Karena tindakan itu hanya akan membuat kita rugi. Dengan siapa saja berusahalah untuk saling menghormati dan saling menghargai, karena dengan begitu orang lain pun akan menghargai kita. Ada banyak kisah di masa lalu bagaimana kesombongan telah menghancurkan mereka. Kisah Fir'un yang ditenggelamkan di tengah laut oleh Allah juga disebabkan kesombongannya, bahkan Fir'un tidak segan segan mengaku dirinya adalah Tuhan.Begitu juga dengan kesombongan dari kaum Madyan yang dihancurkan oleh Allah, semua berawal dari kesombongan mereka.

   Orang orang yang sombong terkadang tidak memperlihatkan secara langsung melalui perkataan atau tingkah laku, tetapi jangan salah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dari semua isi hati manusia, karena sifat sombong itu tempatnya di dalam hati dari setiap manusia. Allah mengancam orang orang yang sombong dengan azab yang sangat pedih, sebagai mana firman-Nya,

 قِيلَ ٱدْخُلُوٓا۟ أَبْوَٰبَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَا فَبِئْسَ مَثْوَى ٱلْمُتَكَبِّرِينَ


"Katakanlah kepada mereka, masuklah kalian ke dalam pintu pintu Jahannam dan kekal di dalamnya. maka itulah tempat seburuk buruk tempat kembali untuk orang yang sombong"(QS. Azzumar. 72)

   Masihkah kita tidak takut dengan ancaman dari Allah itu, dan Allah akan melakukan apa yang Dia janjikan. Allah tidak pernah mengingkari apa yang Dia katakan. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan kesombongan dalam diri kita,

   Sering beristigfar

Dengan memperbanyak istigfar kepada Allah kita akan selalu ingat kepada-Nya, dengan semakin seringnya mengingat Allah tentunya akan membuat hati kita menjadi lebih tenteram, selain itu dapat menghilangkan benih benih kesombongan yang ada dalam hati kita. Karena istigfar dapat menjadi obat yang ampuh bagi sifat sombong. Rasulullah bersabda,

"Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kepada Allah dan memohonlah ampunan kepada-Nya, sesungguhnya aku bertaubat dalam sehari sebanyak 100 kali"(HR. Muslim)

Rasulullah sendiri adalah orang yang paling banyak membaca istigfar kepada Allah, demikianlah yang dilakukan Rasulullah, padahal beliau adalah orang sudah di janjikan oleh Allah akan dihapus segala dosanya dari yang lalu hingga masa yang datang.

   Sering membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an di turunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad sebagai pedoman hidup bagi umat islam, menjadi penerang dalam kegelapan. Dengan sering membaca Al Qur'an akan membuat hati terasa lebih sejuk, hati menjadi lebih tenang. Allah berfirman,

 كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ إِلَيْكَ مُبَٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوٓا۟ ءَايَٰتِهِۦ وَلِيَتَذَكَّرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ


"Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu, yang penuh dengan berkah  supaya mereka memperhatikan ayat ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang orang yang mempunyai pikiran"(QS. Shaad. 29)

   Banyak berzikir

Perbanyaklah berzikir, memuji akan kebesaran Allah dapat menghilangkan sifat sombong dalam diri manusia. Dengan memuji Allah kita akan mengingat, bahwasanya hanya Allah yang Maha Memiliki segalanya. Semua ini hanya milik Allah semata, kita hanya mahkluk yang sangat lemah yang tidak punya daya dan upaya, hanya kepada Allah kita meminta segalanya. Allah berfirman,

"Sesungguhnya orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidak sombong"(QS. As-Sajdah. 15)

   Rajin shalat sunnah

Shalat sunnah bisa menjadi salah satu ibadah yang dapat menghilangkan sifat sombong dalam dari manusia. Dengan seringnya kita melakukan shalat sunnah, kita akan selalu berada dalam ketaatan kepada Allah. Ini dikarenakan shalat merupakan ibadah langsung kepada Allah SWT. Tidak ada halangan apa pun antara manusia dengan Allah. Sabda Rasulullah,

"Tidaklah seorang hamba berbuat satu dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu berdiri untuk shalat dua rakaat, kemudian memohon ampunan kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya"(HR.Tirmidzi)

   Berdo'a

Berdo'alah kepada Allah, agar senantiasa kita di jauhkan dari sifat sifat sombong, karena niat seseorang yang baik itu pasti diterima-Nya. Semakin sering kita berdo'a, maka akan semakin dekat untuk di terimanya do'a kita oleh Allah. Karena do'a itu adalah permintaan manusia kepada Allah.

 وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ


"Dan Rabmu berfirman, "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina"(QS. Al-Mukminin. 60)

   Bersedekah

Sedekah menjadi salah satu yang dapat menghilangkan manusia dari sifat sombong, sedekah dengan niat yang ihklas akan membawa keberkahan bagi hamba hamba yang ihklas. Janganlah bersedekah untuk diberi pujian oleh manusia, tapi bersedekahlah mengharap pahala dari Allah. Dengan bersedekah kita bisa mengerti dan memahami bahwa harta yang kita miliki itu hanyalah titipan yang di amanahkan kepada kita.

   Bershalawat kepada Rasulullah

Bershalawat kepada Rasulullah juga salah satu ibadah yang dapat menghilangkan sifat sombong. Karena kita akan selalu ingat kepada sifat baginda Rasulullah yang semasa hidupnya tidak pernah bersifat sombong kepada manusia yang lainnya, bagaimana Rasulullah yang telah di janjikan oleh Allah bahwa beliau telah di jamin masuk surga, tetapi Rasulullah tidak pernah merasa sombong, malah beliau semakin rajin beribadah kepada Allah. Maka sangatlah tidak pantas bagi kita untuk bersifat sombong, Rasulullah yang sudah dijamin masuk surga tidak begitu. maka dengan sering kita bersalawat, akan menjadi penawar bagi kesombongan kita.

Demikianlah beberapa ibadah yang dapat menghilangkan sifat sombong dalam diri manusia, maka berbuatlah amalan yang terbaik, beribadahlah kepada Allah dan taat kepada-Nya, serta berbuatlah yang baik sesama hamba-Nya.

  
Back To Top