istri yang melancarkan rezeki suami, inilah sifatnya

   Setiap suami pasti menginginkan seorang istri yang baik budi serta sifatnya, bisa menjaga suami dan menjaga keluarga serta anak anaknya. Istri yang baik akan membuat seorang suami bertambah semangat dalam mencari nafkah. Maka keadaan dari seorang istri bisa membuat seorang suami bertambah maju atau sebaliknya. Begitu juga dengan yang namanya rezeki, sifat dan tabiat dari seorang istri yang baik akan berpengaruh pada rezeki sang suami. maka seorang istri yang shalehah akan dapat menjadi sumber lancarnya dan dipermudah rezeki oleh Allah kepada suaminya, Dan berikut ini sifat istri yang dapat melancarkan rezeki suami,

1. Istri yang selalu bertakwa kepada Allah.

Seorang istri yang selalu bertakwa kepada Allah akan sangat berpengaruh pada sang suami, orang orang yang bertakwa kepada Allah akan selalu dilimpahkan segala rahmat oleh-Nya. Allah berfirman

"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya"(QS.Ath-Thalaaq.2-3)

2. Pandai bersyukur

Istri yang pandai bersyukur memang sangat di dambakan oleh laki laki, terasa begitu indahnya ketika sang suami pulang dari mencari nafkah, walaupun kadang kadang apa yang diberikan oleh sang suami masih terasa kurang, tapi istri yang pandai bersyukur akan mengatakan, "syukurlah atas karunia dari Allah". begitu indah kata kata itu terdengar oleh sang suami. Kata kata yang memberi motivasi dan semangat kepada suami untuk bekerja lebih giat lagi. Siapa yang tidak menginginkan istri seperti ini. inilah sifat istri yang dapat melancarkan rezeki suaminya.

3. Selalu tawakal kepada Allah

Tawakal yang benar merupakan sebab utama berhasilnya seorang hamba, baik itu urusan dunia maupun urusan agama.  Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Barangsiapa yang ketika keluar rumah membaca (zikir), "Bismillahi tawakkaltu 'alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah" (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya, "(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)", sehingga setan pun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya, bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi pertunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah)"

4. Istri yang rajin shalat dhuha

Shalat dhuha adalah salah satu ibadah yang dapat melancarkan rezeki bagi siapa saja yang mengerjakannya, seorang istri yang rajin mengerjakan shalat dhuha juga akan memberi dampak bagi suaminya, karena setelah shalat dia pasti akan mendo'akan suaminya, sehingga dengan rajin shalat dhuha akan melancarkan rezeki suaminya,

5. Baik agamanya

Yang dimaksud baik agamanya di sini adalah, istri yang mengerti tentang segala sesuatu yang diperintahkan dan yang diharamkan, "Amar makruf nahi munkar" Istri yang baik agamanya tentu akan bisa mengajarkan anak anaknya, membimbing ke jalan yang di ridhai oleh Allah.

6. Suka bersedekah

Seorang istri yang baik ia pasti tahu bahwasanya di dalam hartanya terdapat hak orang lain, maka cara untuk mengeluarkan hak tersebut adalah dengan bersedekah. Dengan bersedekah berarti kita telah mengeluarkan hak orang lain, ini merupakan salah satu amalan yang bisa melancarkan rezeki bagi setiap orang yang melakukannya, walaupun yang melakukannya adalah sang istri, tetapi juga akan berpengaruh pada sang suami.Sehingga dengan sifatnya yang suka bersedekah akan melancarkan rezeki suaminya.

7. Istri yang selalu menjaga tali silaturrahim

Selalu menjaga silahturrahim antar sesama, apalagi sama tetangga yang berdekatan, karena saudara terdekat kita adalah tetangga yang ada di samping kita. makanya sangat penting menjaga hubungan kekerabatan dengan tetangga terdekat.

"Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi"(HR.Bukhari dan Muslim)

8. Banyak beristigfar

Istigfar termasuk salah satu ibadah yang menjadi sumber lancarnya rezeki bagi seorang hamba, hal ini sebagai mana firman Allah,

"Maka Aku katakan kepada mereka "beristighfar-lah" (mohonlah ampun) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu yang lebat, dan membanyakkan harta dan anak anakmu. dan mengadakan kepadamu kebun kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai sungai"(QS.Nuh-10-12)

9. Istri yang selalu mentaati dan melayani suami

Seorang istri yang baik akan selalu mentaati dan melayani segala keperluan suami, tidak menyakiti hati suami, ini akan menjadi suatu yang bisa mendatangkan rezeki bagi suami.

"Kaum laki laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki laki) atas sebahagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki laki)telah menfkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang shalih, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada"(QS.An-Nisa-34)

10. Istri yang selalu mendo'akan suami

Inilah yang terakhir, sifat ini di zaman sekarang sudah sangat langka, mungkin hanya ada sedikit dari para istri yang mau mendo'akan suaminya. apalagi bagi istri yang sibuk dengan pekerjaannya, apalagi bagi istri yang kerja di kantoran. Tetapi bagi istri yang shalehah, bagaimana pun waktu ia akan tetap meluangkan waktunya untuk berdo'a terhadap kebaikan suaminya. Karena do'a dari seorang istri yang shalih akan dikabulkan oleh Allah, hingga akan melancarkan rezeki bagi suaminya.

Itulah beberapa sifat dari istri yang dapat melancarkan rezeki suami, semoga para istri dapat melakukannya.
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top