Wanita yang tidak dapat mencium bau surga

   Wanita diciptakan Allah sebagai perhiasan dunia, tapi sebaik baik perhiasan dunia adalah wanita yang mampu menjaga dirinya dari segala perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Kelak nanti di akhirat semua perbuatan akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah atas apa yang telah di perbuat semasa hidup di dunia. Tentunya semua kita berharap mendapatkan surganya Allah, tapi tidak semua wanita mampu untuk mendapatkannya, andaikan apa yang dilarang oleh Allah, mereka malah melakukannya, sedangkan apa yang diperintahkan malah diabaikan. Dan benar saja, kelak di akhirat kebanyakan penghuni neraka itu adalah dari golongan wanita, sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

   "Aku diperlihatkan neraka, aku tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, "Kenapa wahai Rasulullah? Rasulullah berkata. "Dikarenakan kekufurannya". Lalu ada yang berkata, "Apakah kufur kepada Allah?. Rasulullah menjawab, "Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit) kejelekan, maka dia akan mengatakan, "Saya tidak melihat sedikit pun kebaikan dari anda"(HR.Bukhari).

   Dalam riwayat lainnya, dari Abu Saig Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah SAW ketika keluar waktu shalat idul fitri atau idul adha dan melewati para wanita beliau bersabda,

   "Wahai para wanita, keluarkanlah sedekah karena aku diperlihatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah dari kalangan kalian ". Mereka berkata, "Kenapa wahai Rasulullah? Lalu Beliau bersabda, "Kalian sering mengumpat, dan mengingkari pasangan, Aku tidak melihat (orang) yang kurang akal dan agama dari kalangan anda semua dibandingkan seorang laki laki yang cerdas". Mereka bertanya, "Apa kekurangan agama dan akal kami wahai Rasulullah?. Rasulullah menjawab, "Bukankah persaksian (syhadah) seorang wanita itu separuh dari persaksian orang laki laki" Lalu mereka menjawab, "Ya" lalu Rasulullah melanjutkan, "Itu adalah kekurangan akalnya, bukankah kalau wanita itu haid tidak shalat dan tidak berpuasa" Mereka menjawab, "Ya" Rasulullah mengatakan, "Itu adalah kekurangan agamanya".(HR.Bukhari)

   Kedua hadis di atas dapat kita pahami, bahwasanya wanita itu lebih banyak menghuni neraka daripada laki laki, bahkan ada dari golongan wanita yang tidak dapat mencium bau surga, apalagi untuk memasukinya, berikut beberapa golongan dari wanita tersebut,

1. Wanita yang meminta cerai tanpa sebab

Memang tidaklah mudah membina rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah, tapi teruslah berusaha. Memang perceraian tidak dilarang dalam agama, tetapi Allah dan Rasulullah sangat membenci perbuatan ini. Maka sebaik baik wanita itu yang jika terjadi perselisihan dengan suaminya hendaklah ia bersabar, dan bicarakan persoalan dengan baik baik. Karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, jangan sampai hanya karena masalah yang kecil dapat terjadinya perceraian. Walaupun perceraian tidak dilarang, tetapi bagi wanita yang meminta cerai kepada suaminya tanpa alasan yang masuk di akal, maka wanita yang seperti ini yang tidak dapat mencium baunya surga, apalagi untuk memasukinya. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

   "Siapa pun wanita yang meminta talak kepada suaminya tanpa alasan, maka bau surga haram baginya".(HR.Tarmdzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah)

2. Berpakaian tapi telanjang

  Inilah yang paling banyak kita jumpai di akhir akhir ini, wanita yang berpakaian, tetapi sejatinya ia adalah telanjang, bagaimana bisa di katakan telanjang, padahal dia berpakaian. yaitu mereka yang memakai pakaian ketat yang membungkus tubuhnya, hingga kita dapat melihat bentuk dan lekuk tubuhnya, ataupun memakai pakaian yang sangat tipis yang dapat menembus kulitnya, wanita ini seperti tidak punya rasa malu lagi. Sehingga wanita yang seperti ini jangankan untuk masuk ke surga, mencium baunya saja diharamkan oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda,

"Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, pertama, suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia, dan yang kedua para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, Wnita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian"(HR.Muslim).

3. Wanita yang belajar ilmu akhirat untuk tujuan duniawi

"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina" Kita tentu sering mendengar kata kata itu, dalam ajaran kita memang sangat di sarankan untuk belajar menuntut ilmu, apalagi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Tentu itu akan membawa kebaikan untuk kita sendiri, karena ilmu yang kita berikan kepada orang lain, maka pahala itu akan terus mengalir kepada kita sampai dengan hari kiamat. Tetapi apabila seorang wanita yang menuntut ilmu hanya untuk tujuan duniawi, maka wanita yang seperti ini tidak akan dapat mencium baunya surga. Itu karena ilmunya hanya bertujuan untuk untuk dunia.

4. Wanita yang tidak mengakui orang tuanya

Rasulullah bersabda, "Barang siapa mengaku keturunan dari orang lain yang bukan ayahnya sendiri tidak akan mendapatkan bau surga. Padahal bau surga telah tercium pada jarak tujuh puluh tahun, atau tujuh puluh tahun perjalanan"(HR.Ahmad)

Dalam hadis lainnya Beliau bersabda, "Tidaklah seseorang menisbatkan kepada selain ayahnya sedang dia mengetahui melainkan dia telah kufur kepada Allah. Dan barang siapa yang mengaku ngaku sebagai suatu kaum dan dia tidak ada hubungan nasab dengan mereka, maka hendaklah dia menyiapkan tempat duduknya di neraka"(HR.Bukhari)

5. Wanita yang sombong

Kesombongan hanya milik Allah, lalu pantaskah kita sombong, apa yang kita banggakan, karena semua yang ada yang terdapat pada kita semua hanya milik-Nya. Maka manusia manusia yang sombong tidak akan masuk surga, bahkan mencium bau surga saja mereka tidak dapat.Allah SWT berfirman,

"Masukilah pintu pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk buruk tempat bagi orang orang yang menyombongkan diri"(QS.Az-Zumar.72)

Dalam riwayat lainnya Rasulullah bersabda

"Pada hari kiamat orang orang yang sombong akan digiring dan dikumpulkan seperti semut kecil, di dalam bentuk manusia, kehinaan akan meliputi mereka dari berbagai sisi. Mereka akan digiring menuju sebuah penjara di dalam Jahannam yang namanya Bulas, Api neraka yang sangat panas akan membakar mereka. Mereka akan di minumkan nanah penduduk neraka. yaitu Thinatul Khabal (lumpur kebinasaan)"(HR.Bukhari,Tarmidzi dan Ahmad).

Maka sifat sombong akan membawa kita ke neraka, apa yang kita banggakan, karena semua yang ada pada kita adalah milik  dari Allah semata, tak sepatutnya kita menyombongkan diri. Itulah beberapa wanita yang tidak dapat mencium bau surga, semoga kita dihindari dari kelakuan itu.
Tag : Siksaan
Back To Top