siapa saja yang tidak bisa dikalahkan jin

   Jin adalah mahkluk ciptaan Allah yang selalu mencoba menghasut manusia untuk berbuat kejahatan dan melakukan dosa dosa kepada Allah. Namun demikian, jin itu memiliki kelemahan tersendiri. Di dalam Al-Qur'an Allah menjelaskan bahwa tipu daya jin itu sebenarnya lemah. Jika saja manusia tidak mau mengikuti ajakan ajakan jin, maka tipu dayanya tidak ada apa apanya. Namun manusia sering lupa akan semua itu, jin tidak mampu menggoda semua manusia, ada sebagian dari manusia yang tidak bisa di tipu olehnya. Lalu siapa saja yang tidak bisa dikalahkan oleh jin, berikut ini sedikit tentang penjelasannya,

1. Jin itu tidak dapat menyerupai Rasulullah SAW.

   Jin itu dapat berubah bentuk atau wujudnya, ia bisa menyerupai apa saja yang dia inginkan. Tetapi ada satu yang tidak bisa ia serupai, yaitu wajah dari Rasulullah SAW. Banyak dari kita yang sering bermimpi ketika tidur, dan dalam mimpi kita sering melihat sesuatu, bahkan tak jarang dalam mimpi kita sering melihat hal hal yang menyeramkan, semua itu tidak lain adalah pekerjaan dari jin, ia yang menyerupai apa yang kita lihat di dalam mimpi tersebut. Tapi jikalau kita bermimpi bertemu dengan Rasulullah, berarti itu benar benar terjadi, dan kita sebenarnya telah bertemu dengan kekasih Allah, karena sesungguhnya jin itu tidak bisa menyerupai dirinya menjadi Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda.

   "Barang siapa yang bermimpi melihat ku, maka sungguh ia telah melihat ku, karena jin tidak dapat menyerupai ku"(HR.Muslim)

Ini adalah yang tidak bisa dikalahkan jin. Yaitu merubah wujudnya menyerupai Rasulullah. Sampai kapan pun itu tak akan pernah bisa dilakukannya. Maka dari itu tidak perlu disangsikan lagi, jika ada diantara kita yang bermimpi melihat Rasulullah di dalam mimpinya, berarti dia telah berjumpa dengan Beliau.

2. Jin takluk kepada nabi Sulaiman

Di dalam Al-Qur'an kehebatan Nabi Sulaiman ditegaskan dengan firman Allah,

"Kemudian kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya, dan (kami tundukkan pula kepadanya) syaitan syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam, dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu"(QS, Shad. 36-38)

Dalam sebuah riwayat, dari Abu Dharda berkata

"Suatu hari Rasulullah bangun, tiba tiba kami mendengar Rasulullah mengatakan, Aku berlindung kepada Allah darimu" kemudian Rasulullah mengatakan. "Allah telah melaknatmu" sebanyak tiga kali, kemudian beliau menghamparkan tangannya seolah olah beliau sedang menerima sesuatu. Saat beliau selesai mengerjakan shalat kami bertanya. ''Wahai Rasulullah, kami mendengarmu mengatakan sesuatu yang belum pernah kami dengar sebelumnya, kami juga melihatmu membukakan kedua tanganmu? kemudian Rasulullah menjawab, "Barusan iblis datang membawa anak panah api untuk di tancapkan di mukaku, lalu aku berkata, "Aku berlindung kepada Allah darimu" sebanyak tiga kali, lalu aku juga berkata, "Allah telah melaknatmu dengan laknat yang sempurna" sebanyak tiga kali. Kemudian aku bermaksud untuk mengambilnya. Seandainya aku tidak mengingat doa saudara kami Sulaiman, tentu aku akan mengikatnya sehingga menjadi mainan anak anak penduduk Madinah"(HR.Muslim)

3.Jin takut kepada sebagian hamba Allah

Setiap hamba Allah yang dalam hidupnya selalu berada di jalan-Nya dan selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, maka hamba hamba yang seperti ini yang tidak berani di dekati oleh setan. Hal inilah yang terjadi pada diri Umar bin Khatab, sebagaimana kata Rasulullah,

"Sesungguhnya setan sangat takut olehmu wahai Umar"(HR. Tarmidzi)


Dalam hadis yang lain juga Rasulullah bersabda,

"Sesungguhnya orang mukmin akan dapat mengendalikan (mengalahkan) syaitannya sebagaimana salah seorang dari kalian yang dapat mengendalikan untanya ketika bepergian"(HR.Ahmad).

Para jin juga akan sangat sulit mengalahkan orang orang yang selalu taat beribadah kepada Allah, lidahnya tidak pernah kering dengan tasbih, memuji kebesaran Allah SWT. Hamba hamba Allah yang seperti ini termasuk yang tidak bisa dikalahkan jin.


4. Jin dan setan tidak bisa melewati batas tertentu di langit

"Wahai sekalian jin dan manusia, kalau kamu dapat menembus keluar dari kawasan kawasan langit dan bumi (untuk melarikan diri dari kekuasaan dan balasan kami), maka cobalah kamu menembus keluar. Kamu tidak akan menembus keluar melainkan dengan satu kekuasaan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan"(QS.Ar-Rahman.33-34)

Sebelum Rasulullah lahir, para jin sering naik ke langit untuk mencuri pembicaraan para malaikat dan membawa hasil pendengarannya untuk dibisikkan kepada para tukang ramal. Tetapi setelah Rasulullah lahir mereka (jin) tidak bisa lagi naik ke langit, karena malaikat telah membuat batas batas yang telah di tetapkan, apabila para jin nekat untuk melewatinya, maka mereka akan hancur binasa. Dan setelah batas batas itu di buat, sampai dengan sekarang jin tidak bisa lagi naik ke langit untuk mendengar pembicaraan malaikat.

5. Jin tidak akan sanggup mengalahkan orang orang shaleh

Dan sesungguhnya jin itu tidak akan mampu untuk mengalahkan orang orang yang shaleh, karena orang orang yang shaleh tidak akan pernah mau tunduk pada bujukan jin dan setan. Hal ini Allah terangkan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya,

"Jin berkata, "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi. dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba hamba Engkau yang mukhlis diantara mereka"(QS.Al-Hijr.39-40)

6. Jin tidak bisa membuka pintu yang ditutup dengan menyebut nama Allah

"Tutuplah pintu pintu, dan sebutlah nama Allah (ketika menutupnya), karena setan tidak akan membuka pintu yang sudah terkunci dengan menyebut nama Allah. Tutup jugalah tempat air minum dan bejana bejana kalian sambil menyebut nama Allah, meski pun kalian hanya menyimpan sesuatu di dalamnya dan (ketika hendak tidur), matikanlah lampu lampu kalian"(HR.Muslim).

Dari hadis di atas dapat kita ambil hikmah, bahwasanya ketika waktu magrib menjelang segeralah menutup pintu pintu rumah dan jendela, karena pada saat itu ada satu jin yang bergentayangan yang nama jin itu adalah Ummu Sibyan, yaitu jin perempuan yang kerjanya mengganggu anak anak yang berumur 2 tahun ke bawah dan mengganggu para wanita yang sedang hamil. Biasakan menutup pintu pintu rumah dengan menyebut nama Allah.

Itulah beberapa hal yang tidak bisa dikalahkan oleh jin. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin...
Tag : Syaitan
Back To Top