kriteria calon suami yang baik bagi wanita

   Wahai wanita, pilihlah calon suami yang terbaik buat kamu, karena ia akan menjadi imam kamu yang akan memimpin kamu untuk menjalani hidup. Jika ia baik, maka baiklah kehidupan dirimu. Maka jika engkau hendak berumah tangga, maka pilihlah dan telitilah dalam dalam menentukan pilihanmu. Karena tidak semua suami mampu membimbing istrinya. Adakalanya sang suami lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memikiran sang istri. Rasulullah SAW merupakan contoh panutan yang harus di teladani. Beliau adalah suri teladan yang harus kita contohi untuk menjadi pedoman dalam hidup ini. Rasulullah SAW sangat menganjurkan baik itu kepada laki laki maupun perempuan untuk memilih calon pasangan hidup masing masing. Dan bagi perempuan ada beberapa kriteria yang harus dipelajari dalam memilih pribadi dari sang laki laki yang akan dipilih untuk menjadi calon suami. Ada beberapa hadist yang menjelaskan tentang beberapa kriteria yang dapat dijadikan dan menjadi kriteria calon sang suami, sebagaimana hadist Rasulullah,

   "Jika ada yang datang kepada kalian yang telah kalian ridhai ahklak dan agamanya, maka nikahkanlah ia, karena jika tidak akan menimbulkan fitnah di muka bumi dan kerusakan yang luas"(Hr. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

   Dan bagimu wahai wanita yang ingin menikah, inilah beberapa kriteria calon suami yang terbaik buat kamu, semoga calon pilihanmu memiliki sifat sifat  dan kriteria yang seperti ini.

   Taat kepada Allah

Bagi seorang wanita yang ingin menikah, maka inilah kriteria yang pertama yang harus dimiliki oleh seorang suami. Karena seorang suami yang taat kepada Allah, sudah barang tentu ia akan takut kepada Allah, ia akan menjalankan segala apa yang diperintahkan dan menjauhkan segala yang dilarang oleh-Nya. Allah berfirman,

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُوْلِى اْلأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ ذَلِكَ خَيْرُُ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً

"Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul(Nya), dan ulil amri (ulama dam umara’) diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu adalah lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya"(An Nisaa. 59)

   Mengikuti segala anjuran Rasulullah SAW

Seorang laki laki yang baik, ia akan selalu ingat kepada Rasulullah, beliau adalah contoh dan pedoman hidup bagi semua manusia yang ada di dunia ini. Memang sangat sulit menemukan kriteria yang seperti Rasulullah, tapi walaupun tidak sama tetapi masih ada dan banyak juga seorang calon suami yang mengikuti sifat sifat dari Rasulullah.

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah" (Al-Hasyr. 7)

Dalam sebuah hadist yang lainnya sebagaimana yang diriwayatkan,
"Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu Rasulullah bersabda, "setiap umatku akan masuk surga kecuali orang yang enggan" Para shahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang enggan itu? Rasulullah menjawab, "barangsiapa yang taat kepadaku maka dia masuk surga dan barangsiapa yang durhaka kepadaku maka sungguh dia telah enggan"(HR.Bukhari dan Ahmad)

   Taat dalam menjalankan ibadah

Kriteria yang berikutnya bagi seorang wanita dalam memilih calon suami terbaik adalah laki laki yang taat dalam menjalankan ibadah kepada Allah.Mengapa begitu, karena seorang suami yang taat menjalankan ibadah kepada Allah sudah barang tentu ia juga akan membimbing istrinya dalam hal menjalankan ibadah.

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar (dalam semua masalah yang dihadapinya), dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya" (Qs. ath-Thalaaq, 2-3).

    Mampu menafkahi keluarganya

Seorang suami yang baik tentu akan dengan sekuat tenaga untuk mencukupkan dan menafkahi keluarganya, karena dalam kehidupan ini, apakah itu kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani sangat dibutuhkan dalam kehidupan berumah tangga. Apalagi jika sudah memiliki anak, maka seorang suami wajib untuk memberikan segala yang dibutuhkan oleh keluarganya. Karena tidak jarang sebuah keluarga itu hancur dikarenakan ketidakcukupan dalam hal ini. Seorang suami sangat dituntut dalam hal mencari nafkah untuk keluarganya. karena itu adalah sebuah tanggungjawab bagi seorang suami. Dan seorang suami yang baik akan mengerti dengan hal ini. inilah kriteria yang harus dimiliki oleh seorang calon suami. Allah SWT berfirman,

"Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf, Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya" (Qs. Al-Baqarah. 233)

Dari firman Allah yang diatas dapat kita pahami bahwa setiap seorang ayah atau suami memiliki kewajiban dalam hal memberikan nafkah kepada istri dan anak anaknya.

   Sayang dan setia terhadap pasangannya

Dalam mengarungi kehidupan rumah tangga memang sangat banyak cobaan yang harus dihadapi. Adakalanya seorang suami yang tega menyelingkuhi pasangannya, banyak faktor yang dapat menimbulkan hal yang seperti ini, tetapi seorang suami yang takut dan taat kepada Allah tentu tidak akan melakukan hal yang seperti ini.Tapi laki laki yang tidak taat kepada Allah, tentu dengan mudahnya ia akan melakukan hal hal yang tidak di inginkan oleh setiap wanita, yang lebih menyakitkan lagi adalah hal ini terjadi ketika seorang suami itu telah sukses atau berhasil dalam usahanya atau pun pekerjaannya. Yang mana ketika masa masa sulit seorang istri dengan setia selalu memberi semangat kepada suaminya. Maka kriteria seorang suami yang sayang dan setia terhadap pasangannya sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Firman Allah SWT,
 

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ


"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir"(Qs. Ar Ruum. 21)

Demikianlah beberapa kriteria calon suami yang baik bagi wanita, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Back To Top