Amalan amalan yang dapat menggantikan sedekah

    Dalam kehidupan sehari hari kita tentu sudah tidak asing yang namanya dengan sedekah. Orang orang yang hatinya telah ikhlas tentu tidak merasa berat untuk bersedekah. Sedekah merupakan amalan tambahan yang dapat menjadikan seseorang itu mendapat rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu Rasulullah sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk rajin dalam bersedekah. Karena sedekah itu sangat besar manfaatnya, sedekah itu dapat menghapuskan dosa asalkan disertai dengan taubat yang ikhlas kepada Allah, Sebagaimana sabda beliau,

   "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api"..(Hr. At-Tirmidzi).

   Akan tetapi, bukan berarti dosa-dosa akan terhapuskan begitu saja tanpa disertai dengan taubat dan perbuatan yang baik. Dan setelah bertaubat hendaklah tidak mengulangi lagi untuk berbuat dosa. Banyak sekali amalan yang dapat dikgolongkan seumpama telah bersedekah, dan inilah beberapa amalan yang dapat menggantikan sedekah dari seseorang hamba.

   Shalat Dhuha

Inilah amalan yang pertama yang seumpama juga telah bersedekah, selain sebagai pengganti sedekah shalat  yang satu ini juga banyak sekali manfaatnya bagi orang orang yang mau mengerjakannya. Shalat ini juga dapat melancarkan rezeki dari orang orang yang mau mengerjakannya. Maka dari itu jangan sepelekan dari shalat dhuha.

  "Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang tubuhmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yg mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha". (Hr. Muslim).


   Bertasbih dan tahmid

Amalan yang satu ini memang terasa ringan, tapi bagi orang orang yang enggan melakukannya terasa agak berat, tapi ketahuilah, tasbih dan tahmid itu sangat besar manfaatnya, Allah akan membalas dengan segala kebaikan bagi orang orang yang mau dan rutin membaca tasbih dan tahmid. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, tasbih itu adalah kata kata atau ucapan pujian bagi Allah SWT, dan tentu Allah akan membalas dengan pahala yang besar bagi orang orang yang telah memuji-Nya. Tasbih dan tahmid juga dapat menggantikan sedekah dari orang orang yang mau membacanya, jadi sedekah itu tidak mesti hanya dengan mengeluarkan uang.

   Menjadi imam untuk shalat berjamaah

Menjadi imam untuk shalat berjamaah bukanlah perkara gampang, tetapi tahukah kita bahwa seseorang yang mau menjadi imam dalam shalat maka ia seumpama telah bersedekah. Orang yang dengan lhklas menjadi imam shalat akan mendapat pahala yang besar dari Allah. Dan orang orang yang seperti ini sama saja dengan sia telah bersedekah kepada orang lain.

   Senyum

Inilah amalan yang paling mudah dilakukan oleh setiap orang, tetapi meski begitu mudah tetap ada saja orang yang kadang tidak mau atau enggan untuk melakukannya, entah kenapa bisa begitu. Memberikan senyuman kepada orang lain merupakan bentuk sedekah yang akan mendapat pahala dari Allah. Senyum itu dapat menjadi amalan yang bisa menggantikan sedekah.

   Berjalan menuju ke masjid

Melangkahkan kaki menuju ke masjid untuk melaksanakan ibadah shalat, ini juga merupakan suatu amalan yang dapat menggantikan sedekah seseorang. Sebagaimana sabda Rasulullah,

   Dari Abu Dzarr ra dia berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah". (HR. Tirmidzi)

   Hubungan suami istri

Hubungan yang halal antara suami istri yang telah terikat dengan tali pernikahan merupakan sesuatu yang dapat bernilai sedekah diantara keduanya. Seorang istri yang dengan penuh keihklasan dalam melayani suaminya, dan melakukannya karena menginginkan pahala dari Allah, begitu juga dengan suami yang melakukannya karena mengharapkan pahala, maka jika keduanya melakukan hubungan intim, maka keduanya sama saja seumpama telah bersedekah. Amalan yang ini termasuk kedalam amalan yang dapat menggantikan sedekah. Jadi sedekah itu tidak melulu dengan harus mengeluarkan uang. Allah Maha Pengasih dan Penyayang bagi hamba-hamba yang jika melakukan sesuatu itu dilakukan dengan penuh keihklasan. Di dalam Al-Qur'an Allah berfirman

  "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak". (Qs. Al-Hadid. 18)

   "Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (sedekah) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugerah-Nya) lagi Maha Mengetahui". (Qs. Al-Baqoroh. 261)

   Itulah beberapa amalan yang dapat menggantikan sedekah dari seorang hamba, semoga saja kita tidak malas dalam melakukannya
Tag : Fiqh Ibadah
Back To Top